Terapkan 16 Cara Memanjangkan Rambut Alami Ini

Cara Memanjangkan Rambut. Kebiasaan dalam perawatan rambut terkadang salah. Berbagai problema muncul sesudahnya tanpa diketahui penyebab pastinya. Suasana hati akan risau karena mengetahui bahwa rambut menjadi alat penunjang penampilan nomor satu yang tidak boleh rusak atau terlihat buruk di mata orang. Biasanya hal ini sangat diperhatikan dan dikhawatirkan oleh banyak wanita.

Rambut yang rusak sudah pasti sulit tergerai. Angan-angan pun muncul untuk mendapatkan rambut panjang yang sehat, alami, dan indah pastinya. Keinginan tersebut bisa Anda diwujudkan dengan menerapkan beberapa perawatan dan serta menjauhi segala penyebab terjadinya kerusakan rambut.

Kerusakan rambut itu sendiri bisa disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain hormon, defisiensi nutrisi rambut, dan lingkungan. Memberikan perlindungan dari luar dianggap percuma jika rambut tidak mendapatkan perawatan dari dalam seperti vitamin atau nutrisi yang baik untuk pertumbuhan dan kesehatan rambut.

Cara Memanjangkan Rambut

Cara memanjangkan rambut dengan cepat
(c) Pricheski
Apabila Anda ingin segera membuat harapan sirna, mulai sekarang ketahui dahulu cara memanjangkan rambut yang efektif, benar, dan menyehatkan. Seperti apa tips cepat membuat rambut panjang alami yang dimaksud? Silahkan simak ulasannya berikut, dilansir dari beberapa sumber.

1. Pakai kondisioner

Setiap mandi Anda diharuskan menggunakan shampo secara rutin, setelahnya jangan lupa poleskan kondisioner dan bilas rambut untuk menghilangkan krim kondisioner yang melekat pada rambut.

Penggunaan kondisioner secara rutin akan membantu Anda memperoleh rambut panjang lebih cepat. Disamping itu, kondisioner juga dapat melembabkan rambut sehingga terbebas dari kerusakan, seperti rambut kering, mudah patah, dan kusam. 

Setidaknya Anda memakai kondisioner sehabis keramas dua kali dalam seminggu, itupun seminimal-minimalnya. Anda harus tahu seberapa jauh level kegiatan harian, jika dirasa banyak yang memberi pengaruh cukup besar pada rambut, maka perketat perawatan rambut.

2. Hindari pemakaian alat pengering rambut

Dikutip dari Blog Tokopedia, perangkat pemanas rambut seperti hair dryer, catokan, dan pengeriting hanya membuat rambut mudah rapuh dan rontok. Penggunaan terlalu sering akan memberi dampak buruk kedepannya, jadi sebaiknya Anda harus lebih bijak dalam mengaplikasikan peralatan ini.

Cara memanjangkan rambut alami adalah membiarkan rambut kering dengan sendirinya. Sekalipun ingin cepat, lebih baik diangin-anginkan saja dan usahakan untuk hindari pemakaian hair dryer. Jika tidak punya waktu untuk menunggu rambut kering alami, gunakan alat pengering dengan suhu yang tidak terlalu panas agar menjaga kelembaban rambut sehabis mandi.

3. Jangan mewarnai rambut

Mungkin Anda penggila fashion atau tidak ingin terlihat ketinggalan zaman, sampai-sampai setiap ada model rambut baru Anda selalu ingin mencoba dan ‘memamerkannya’ di hadapan teman-teman sebaya.

Kebiasaan gonta-ganti model rambut, khususnya untuk warna akan merusak rambut serta kulit kepala, juga memperlambat pertumbuhan rambut karena bahan kimia yang terkandung pada produk pewarna rambut. 

Cantik itu tidak dinilai dari warna rambut. Ketahuilah ladies, bahwa tidak semua pria menyukai gaya rambut wanita yang berlebihan. Sebagai orang Indonesia yang esensinya berada di daerah Asia, rambut hitam legam adalah suatu kebanggaan tersendiri. Para wanita Eropa sebetulnya ‘iri’ dengan wanita Asia yang mempunyai rambut serasi, warna hitam pekat nan indah.

4. Sering pijat kulit kepala

Cara memanjangkan rambut merupakan upaya untuk mendorong laju pertumbuhan rambut. Salah satu caranya adalah memijat kulit kepala secara rutin, setidaknya sehari sekali. Kebiasaan ini akan membuat sirkulasi darah pada rambut menjadi lancar, reaksi yang didapat adalah proses pertumbuhan rambut yang relatif meningkat.

Jika ingin menghemat kantong, gunakan uang Anda untuk creambath seminggu dua kali saja. Ketika di rumah, Anda bisa memijat saat berkeramas. Pijatlah kulit kepala secara perlahan selama 3 menit. Nutrisi pada shampo juga membantu rambut terhindar dari hadirnya jamur seperti ketombe.

5. Penuhi kebutuhan nutrisi rambut

Tidak hanya tubuh yang memerlukan nutrisi agar tetap sehat, rambutpun memerlukan.

Vitamin rambut yang beredar di pasaran pada umumnya menjadi penyuplai protein. Protein sendiri merupakan fitonutrien untuk menutrisi folikel rambut yang dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan rambut. 

Cara memanjangkan rambut ini bisa Anda lebih kerucutkan biayanya dibanding membeli vitamin terus menerus, seperti mengonsumsi makanan tinggi protein, contohnya kacang-kacangan, susu, dan daging.

6. Jangan terlalu sering berenang

Hobi berenang Anda bisa memicu kekeringan rambut. Meski demikian, bukan berarti ada pelarangan tersendiri bagi Anda untuk menghilangkan hobi tersebut.

Berenang boleh saja, tetapi kurangi (jangan terlalu sering). Seminggu sekali berenang tidak akan membuat rambut gampang rusak. Jika Anda memiliki kolam renang sendiri di rumah, jangan habiskan waktu Anda berendam di sana.

Kolam renang mengandung klorin yang merusak dan membuat rambut cepat kering. Rambut perlu perawatan pasca berenang, seperti berkeramas dan gunakan kondisioner untuk menjaga rambut tetap lembab dan sehat.

7. Jus bawang

Cara memanjangkan rambut ini tergolong tradisional dan aman pastinya. Efek yang mungkin rambut peroleh adalah bau, jadi tidak ada keharusan bagi Anda menerapkan ramuan ini.

Jus bawang merah telah lama dipakai sebagai obat penumbuh rambut botak. Di dalamnya terkandung sulfur atau belerang yang sangat efektif membantu pertumbuhan helai rambut, juga membantu merevitalisasi mereka. 

Bagiamana cara membuatnya?
  1. Blender beberapa butir bawang merah dengan tambahan sedikit air.
  2. Balurkan pada kulit kepala dan rambut yang sudah dibasahkan sebelumnya, diamkan 15 menit.
  3. Terakhir, bilas dengan shampo wangi setelah 2 jam pengaplikasian ramuan tadi.

8. Jus kentang

Penggunaan ramuan alami ini dikhususkan untuk penderita alopecia areata, yakni permasalahan pada rambut yang mengalami penipisan. Cara memanjangkan rambut dengan krim kentang cukup mudah, Anda bisa membuatnya sendiri dan menerapkannya pada kulit kepala selama 20 menit sebelum dibersihkan.

9. Cuka apel

Bahasa inggrisnya adalah Apple Cider Vinegar (ACV), yaitu cairan yang terekstrasi dari buah apel. Mempunyai berbagai fungsi perawatan dan konsumsi, seperti menjaga keseimbangan pH rambut. 

Cara memanjangkan rambut ini sudah dibuktikan banyak orang. Caranya cukup dengan rajin mengusapkan ACV pada rambut setelah keramas, kandungannya akan diserap dan bekerja efektif dalam mempercepat pertumbuhan rambut.

10. Masker rambut dari telur, madu, dan minyak zaitun

Sediakan telur, madu, dan minyak zaitun. Kemudian campurkan dalam suatu wadah lengkung. Oleskan pada rambut dan diamkan sekitar 15 menit, terakhir cuci rambut sampai bersih dengan shampo dan kondisioner.

Telur menjadi sumber protein tinggi yang baik untuk rambut, selain itu juga terdapat sulfur, fosfor, seng, zat besi, selenium, dan yodium yang bekerja sama menunjang kinerja protein. Perawatan rumahan ini sangat mudah dijalani. Rutin melaksanakannya akan membuat rambut panjang, lembut, dan berkilau alami.

11. Santan kelapa

Kelapa memang kerap dijadikan bahan farmasi untuk produk penumbuh rambut, seperti santan dan minyaknya.

Santan kelapa berkemampuan untuk mengurangi pelepasan atau kerontokan rambut dan mencegahnya dari kerusakan degeneratif. Mengoleskan santan secara lembut pada kulit kepala akan membuat rambut jauh lebih sehat dan kuat. Santan kelapa merupakan kondisioner alami yang bisa Anda pakai di malam hari dan dicuci keesokan harinya dengan air dingin.

12. Teh hijau

Untuk mengoreksi rambut rontok, Anda bisa meminta bantuan kepada teh hijau. Di dalamnya terkandung anti-oksidan kuat yang bisa Anda manfaatkan untuk mencegah rambut rontok parah dan mempercepat proses penumbuhan rambut.

13. Bawang putih

Selain bawang merah, temannya yang berwarna putih juga bisa dipergunakan untuk mengurangi kerusakan rambut. 

Caranya?
  1. Rebus beberapa siung bawang putih bersama minyak zaitun dan minyak kelapa.
  2. Gunakan air rebusan yang sudah bercampur untuk memijat kulit kepala dan akar rambut.

Secara langsung, kegiatan ini akan meningkatkan regenerasi rambut baru dan sirkulasi darah ke kulit kepala.

14. Lidah buaya

Cara memanjangkan rambut dengan lidah buaya sudah banyak dikenal dan dipraktekan orang. 

Seperti diketahui bersama bahwa aloe vera menjadi pilihan utama para wanita sebagai bahan perawatan rambut terbaik. Para ahli pun setuju menobatkan tanaman ini sebagai bahan farmasi pembuatan produk perawatan rambut.

Anda bisa secara langsung mengoleskan gel lidah buaya pada kulit kepala secara merata, setelahnya diamakn satu jam hingga lengketdan kering. Cuci rambut pada proses terakhir dengan air biasa. Lama kelamaan rambut akan tampak indah, lurus, dan mudah ditata.

15. Buah alpukat

Alpukat menjadi buah multifungsi, karena selain enak dimakan juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan kulit dan rambut. 

Untuk memperoleh hasil optimal dalam menjalankan tips memanjangkan rambut dengan alpukat, Anda harus memadukannya dengan minyak kelapa. Pijat kulit kepala beberapa saat, kemudian abaikan ramuan menempel pada rambut selama 15 menit sebelum dibilas.

16. Buah pisang

Buah ini sangat membantu penderita diare atau muntaber. Penulis sendiri pernah membuktikan dengan konsumsi pisang sehari tiga kali, alhasil sulit sekali untuk buang air besar. Kejadian yang penulis rasakan membuktikan bahwa serat pada pisang membantu menyehatkan sistem pencernaan.

Back to topic, pisang juga bisa dipakai sebagai kondisioner yang baik untuk rambut. Hal ini karena pisang mengandung kalium, vitmain A, E, dan C, semuanya menutrisi rambut agar sehat. Cara menerapkannya cukup mudah, Anda hanya perlu mencampurkannya dengan susu atau madu agar menjadi masker kental.

Ada cara memanjangkan rambut yang sebetulnya belum diketahui keberhasilannya, yakni menggunakan minyak kemiri. Hanya dengan membakar kemiri Anda sudah bisa mengambil minyaknya yang bisa dipakai langsung untuk mengoles kulit kepala.