15 Manfaat Lidah Buaya Mengurus Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Lidah Buaya. Lidah buaya adalah tumbuhan yang telah lama dipakai untuk menyuburkan rambut, pemulih luka, serta untuk perawatan kulit. Tumbuhan yang mendapatkan nama Latin Aloe vera ini bisa tumbuh dengan baik pada kawasan kering seperti negara Afrika. Meski begitu, Indonesia tetap termasuk dalam negara yang banyak melestarikan tanaman lidah buaya.

Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi memaksa seseorang untuk terus adu ide membuat banyak hal baru, misalnya produk perawatan kulit. Lidah buaya saat-saat ini telah berubah fungsi menjadi bahan baku farmasi dan kosmetik banyak industri, sementara mereka yang bergerak di bidang pangan biasanya menggunakan lidah buaya sebagai bahan makanan ataupun minuman kesehatan.

Tahukah Anda kalau lidah buaya merupakan satu dari 10 jenis tanaman terlaris di dunia? Sebab dirinya memperluas potensi dalam hal pengembangan sebagai tanaman obat dan bahan baku industri. (Dikutip dari Wikipedia).

Kandungan Gizi Lidah Buaya

Kegunaan lidah buaya tidak serta merta hadir begitu saja, itu semua berlaku berkat kandungan yang terdapat di dalamnya, seperti zat kimia enzim, asam amino, dan polisakarida. Beberapa nutrisi berupa vitamin juga memenuhi kadar gizi dalam lidah buaya.

Menurut Wahyono E dan Kusnandar di tahun 2002, tanaman ini berfungsi sebagai anti peradangan, anti jamur, anti bakteri, dan pembantu dalam meregenerasi sel. Konsumsi minuman lidah buaya tanpa pemanis buatan dipercaya baik bagi penderita diabetes, hipertensi/hipotensi, kanker (menstimulasi kekebalan tubuh), dan HIV/AIDS.

Manfaat Lidah Buaya

manfaat lidah buaya
(c) Tribunnews via Google Images
Para industri mencoba membuat terobosan baru dalam bidang kecantikan yang sampai saat ini tiap produknya masih banyak diburu masyarakat. Mereka yang bergerak di bidang perawatan kulit dan rambut biasanya mengemas sebuah produk dari bahan baku industri berupa lidah buaya.

Pertanyaannya, seberapa hebatnya sih khasiat dari tanaman lidah buaya ini? Berikut ulasannya.

1. Mengurangi Rasa Gatal Pada Kulit

Terkena gigitan nyamuk terkadang menyebabkan gatal, selain itu alergi juga membuat seseorang rajin menggaruk bagian kulit yang gatal. Jika hal tersebut terus Anda lakukan, bakteri penyebab rasa gatal yang timbul akan berkembang biak.

Oleh sebab itu carilah solusi, gunakan lendir pada lidah buaya untuk mengoles permukaan kulit yang mengalami gatal-gatal. Teknik ini bisa Anda lakukan cukup dua kali dalam sehari.

2. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Luka yang masih baru harus cepat-cepat ditangani, langkah awal bisa Anda tetesi obat merah. Jika kurang suka, cobalah langsung menggunakan gel lidah buaya pada luka yang telah dibersikan. Rasakan kesejukan pada bagian tersebut, selain itu rasa perih akan hilang secara berangsur.

3. Mengusir Jerawat Membandel

Kecil tapi menyusahkan, itulah jerawat. Seseorang yang ditempeli jerawat membandel akan kerepotan cari jalan keluar, banyak uang dan tenaga yang dikeluarkan untuk mengatasi masalah ini.

Jika Anda tidak keberatan, cobalah pakai lidah buaya, gunanya hampir sama dengan buah manggis, yaitu mengatasi jerawat. Belah jadi dua bagian, gunakan dagingnya untuk mengoles wajah yang berjerawat. Lakukan rutin sehabis bangun tidur dan menjelang tidur malam sampai jerawat hilang perlahan.

4. Merawat Kulit

Banyak kosmetik perawatan yang terbuat dari bahan alami berupa lidah buaya, melalui sejumlah pengolahan agar hasilnya dirasa maksimal.

Beberapa manfaat lidah buaya untuk kulit adalah:
  • Melembabkan kulit lebih lama.
  • Mencerahkan warna kulit yang kusam.
  • Mengatasi kulit kering akibat dehidrasi dan kekurangan vitamin.
  • Menghaluskan permukaan kulit yang bersisik.
  • Membuat kulit jadi kenyal layaknya gel.

10. Memenuhi Kebutuhan Vitamin Harian

Tiap harinya tubuh beraktifitas, tenaga banyak terkerahkan, otak terus dipakai berpikir, dan tentunya rasa lelah fisik serta batin tak terelakkan.

Untuk mengatasi masalah tersebut Anda bisa membiasakan untuk minum jus lidah buaya sepulang kerja. Di dalam aloe vera terkandung berbagai macam vitamin seperti A, B1, B2, B6, B12, C, E, dan asam folat yang siap menutrisi tubuh. Beberapa mineral juga memperkaya kandungan lidah buaya, seperti zat besi, natrium, seng, kalsium, tembaga, kromium, kalium, mangan, dan magnesium.

11. Mendetoksifikasi Racun

Racun yang bersarang dalam tubuh akan merusak fungsi organ vital secara perlahan. Untuk itu perlu langkah tepat agar racun keluar dari tubuh, atau istilah medisnya detoksifikasi. 

Lidah buaya siap membantu mengusir racun dari dalam tubuh, caranya yaitu meminum jus dari gel lidah buaya setiap harinya. Selain itu, kandungan antioksidan pada tanaman ini dapat menangkal radikal bebas sekaligus mencegah penuaan.

12. Menghaluskan Rambut

Rambut yang kering karena kekurangan vitamin dapat diatasi dengan memanfaatkan lendir pada lidah buaya. Saat melakukan perawatan rambut ini, pastikan gel mengenai kulit kepala secara menyeluruh. Lama-kelamaan rambut akan lebih halus dan tidak gampang kering.

13. Melembabkan Rambut

Memakai ekstrak lidah buaya dapat melembabkan helai rambut sehingga mudah ditata dengan sisir sehabis keramas ataupun creambath. Jika ada waktu luang, cobalah buat jus dari gel lidah buaya, bukan untuk diminum melainkan mengoleskan kulit kepala. Lakukan rutin sehari 2 kali masing-masing perawatan hanya menghabiskan waktu 20 menit-an.

14. Menghilangkan Ketombe

Ketombe pada rambut dengan jumlah yang tidak sedikit benar-benar membuat Anda jauh dari pergaulan, rasa malu akan terus muncul jika dipaksakan.

Untuk itu, solusi terbaiknya adalah merawat rambut yang berketombe tersebut. Gunakan lidah buaya (bisa juga dengan mengkudu) pada kulit kepala dan rambut Anda secara merata, diamkan sekitar satu jam, terakhir bilas menggunakan shampo sampai bersih. 

15. Mencegah Kebotakan

Manfaat lain bagi rambut dari lidah buaya adalah mencegah terjadinya kebotakan sekaligus menumbuhkan rambut lebih cepat, terkadang juga mampu menghilangkan uban. Kebotakan terjadi akibat rambut tipis dan lemah sehingga mudah rontok dan lama-kelamaan jadi botak.

Oleskan jus atau lendir lidah buaya pada kulit kepala serta rambut secara menyeluruh, pastikan bahwa lapisan gel tidak terlalu tebal. Setelah itu biarkan menempel selama 1/4 jam, terakhir bersihkan pakai shampo.

Demikian manfaat lidah buaya di bidang kesehatan dan kecantikan yang sebelumnya mungkin belum banyak Anda ketahui.