9 Manfaat Manggis Bagi Kesehatan Serta Obat Tradisional

Manfaat Manggis. Manggis menyandang nama ilmiah Garcinia mangostana.L yang merupakan buah mudah tumbuh pada kawasan beriklim tropis seperti Indonesia, Malaysia, Singapura dan beberapa negara Asia Tenggara lain. Dalam dunia perdagangan buah ini juga mendapat sebutan unik yaitu “ratu buah”, menjadi pasangan dari buah durian yang dikatakan sebagai “raja buah”.

Manggis memiliki tiga bagian utama yaitu kulit, daging, dan biji. Daging mempunyai rasa manis jika buah matang sementara bijinya pahit. Cara menyantap lebih umum diawali dengan membelah kulit terluar dengan hati-hati kemudian barulah dimakan dagingnya.

Manfaat Manggis

manfaat manggis
(c) Deherba
Buah manggis banyak turut serta dalam hal menjaga tubuh tetap fit dan lebih kuat dari serangan penyakit karena ratu buah ini menyimpan antioksidan kuat yang juga bersifat sebagai anti-peradangan. 

Banyak orang yang mengolah buah serta kulit manggisnya hanya diperuntukkan sebagai obat tradisional dan vitamin tubuh. Hal ini dikarenakan banyaknya simpanan nutrisi baik dalam bagian manggis. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh seputar manfaat buah manggis silahkan perhatikan ulasan berikut.

1. Pembasmi virus
Senyawa bernama Xanthome terdapat dalam buah manggis yang mempunyai kemampuan dalam membasmi virus ataupun infeksi jamur. Senyawa tersebut juga membantu menyingkirkan karsinogen yang dapat merusak kulit Anda.

2. Peningkat stamina
Sebelum Anda mengantarkan tubuh melawan teriknya cahaya matahari di siang hari hanya untuk memperoleh sesuap nasi dengan cara halal, alangkah baiknya minum jus kulit manggis sehabis sarapan agar energi yang tertampung lebih kuat dipakai untuk bekerja.

3. Obat Diare dan Sariawan
Manggis telah banyak dimanfaatkan untuk mengobati sariawan dan diare sehingga sangat wajar jika banyak negara yang membudidayakan buah ini. Contohnya Filipina yang mengolah manggis sebagai obat sariawan, diare, disentri dan gangguan pencernaan.

4. Meringankan Gejala PMS
Saat PMS terjadi perubahan hormon sehingga banyak menimbulkan gejala seperti pusing (Baca: Cara Menghilangkan Sakit Kepala) dan emosi yang mudah tersinggung. Untuk mengatasi hal tersebut para ahli Negeri Jiran (Malaysia) mengolah akar manggis untuk mengatur menstruasi dengan cara merebusnya.

5. Menurunkan Berat Badan
Manggis dapat membantu berat badan tetap stabil, sehingga risiko mengalami kenaikan sangatlah kecil. Dengan menyeimbangi olahraga teratur dapat memudahkan lemak pada perut menjadi terkikis sehingga tubuh Anda semakin langsing.

6. Obat Jerawat
Buah manggis bersifat sebagai anti-virus dan antibakteri yang bisa juga Anda manfaatkan untuk menghilangkan jerawat membandel di kulit wajah Anda. Jangan terlalu Anda ambil pusing masalah klasik seperti ini, carilah jalan keluar yang tepat.

7. Menghambat Laju Sel Kanker
Buah manggis menyediakan antioksidan kuat yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker serta mencegah penyakit kardiovaskular. Antioksidan ini juga melindungi tubuh dari radikal bebas yang memicu stres oksidatif atau ‘karat seluler’ yang pada akhirnya mengakibatkan sejumlah kondisi medis yang parah.

Kolesterol berlebih memicu terjadinya obesitas (kegemukan). Manfaat yang satu ini bisa dikatakan sama dengan beberapa poin sebelumnya yaitu menurunkan berat badan. Tetapi dalam konteks yang satu ini manggis lebih dipergunakan untuk mengontrol tingkat trigliserida yang berfungsi sebagai pengontrol kerja hati manusia.

9. Menurunkan Tekanan Darah
Banyak pantangan makanan bagi penderita hipertensi, tetapi tidak untuk buah manggis. Sebab buah ini justru mampu menurunkan tekanan dalam darah yang jika dibiarkan berlebih dapat menyebabkan stroke dan penyakit jantung koroner. Hal ini tidak lepas dari kandungan mineral yang tinggi seperti magnesium, tembaga, dan mangan.

Sekarang Anda telah mengetahui bahwa manfaat manggis sangatlah banyak. Selain baik untuk kesehatan tubuh bagian dalam khasiat buah manggis lainnya juga baik untuk kesehatan kulit sehingga bagi Anda yang wanita dapat mempertahankan kecantikan diri dengan metode alami.