47 Manfaat Mengkudu Untuk Obat Berkat Kandungannya

Manfaat Mengkudu. Mengkudu adalah salah satu Tumbuhan Obat Keluarga (TOGA) yang mudah dibudidayakan di kebun dekat rumah. Buah yang juga diberi julukan Pace ini berasal dari Asia Tenggara; tergolong dalam famili Rubiaceae. Di pegunungan Anda bisa menanam buah ini dan menikmatinya saat matang, proses tumbuhnya pasti subur karena buah ini sangat cocok pada dataran tinggi mencapai 1500 m. 

Buah mengkudu yang masih muda akan berwarna hijau mengkilap dengan totol-totol menyerupai totolan pada daging nanas. Sementara buah yang sudah masak atau tua warna buah menjadi putih dan banyak bintik hitam pada lapisan terluar.

Secara turun temurun buah noni dijadikan obat tradisional, contohnya di daerah Aceh yang sangat hobi menjadikan mengkudu jadi sayur dan rujak. Para penduduk di Aceh juga suka memanfaatkan daunnya untuk menu buka puasa. Hal ini seimbang karena mengkudu dapat di tanam dekat rumah di pedesaan di Aceh. 

Zat Kandungan Mengkudu

Para pakar pengobatan herbal sepakat memilih buah noni sebagai kelompok TOGA, sebab banyak kandungan nutrisi dalam isi buah yang banyak mengandung air ini.

Dikutip dari Wikipedia Bahasa Indonesia mengenai tanaman Mengkudu, kiranya ada beberapa kandungan yang menjadikan tanaman ini cocok sebagai obat tradisional.

Zat Nutrisi
Buah mengkudu dikatakan sebagai buah makanan yang kadar nutrisinya sangat banyak serta lengkap. Beberapa jenis vitamin terkandung dalam dagingnya, tak ingin ketinggalan, protein dan mineral penting lain juga ikut meramaikan nilai gizi dari mengkudu.

Salah satu mineral penting bagi tubuh adalah Selenium, yaitu mineral penting yang berkhasiat sebagai anti-kanker dan mencegah penyakit jantung. Selenium sinergis dengan vitamin E, keduanya bekerja sama dengan ekstra membantu mempertahankan kondisi kesehatan manusia.

Zat Anti Bakteri
Buah ini bersifat sebagai anti-bakteri, yaitu sifat tertentu yang didapati oleh buah-buahan dengan fungsi sebagai pembasmi bakteri penyebab infeksi dalam tubuh, contohnya adalah Pseudomonas aeruginosa, Protens morganii, Escherichia coli, Staphylococcus aureus, dan Bacillus subtilis. Semua jenis bakteri penyebab infeksi tersebut jika dibiarkan dalam tubuh terlalu lama dapat mematikan bakteri pathogen.

Scolopetin
Senyawa ini berfungsi untuk mengontrol tekanan darah dalam tubuh, lebih tepatnya untuk membantu penurunan tekanan darah. Selain itu apabila tubuh mengalami hipotensi, senyawa yang terkandung dalam buah mengkudu ini juga membantu menaikannya. 

Fungsi lain scolopetin sebagai unsur anti-bakteri yang juga efektif untuk mengatur hormon serotonin, yaitu hormon yang membantu menurunkan kadar kecemasan (depresi).

Xeronine dan Proxeronine
Fungsi dari Xeronine setelah diserap oleh tubuh adalah mengaktifkan protein-protein yang non-aktif, mengatur struktur serta bentuk sel yang sedang aktif.

Manfaat Mengkudu

manfaat mengkudu

Zat kimia yang menyatu dalam buah mengkudu tentu memberikan khasiat dalam bidang kesehatan manusia. Sangat wajar jika banyak orang tertarik memilih pengobatan tradisional menggunakan tumbuhan ini.

Berikut adalah beberapa jenis masalah kesehatan yang mampu diatasi dengan buah noni atau pace alam.

Melancarkan Sistem Peredaran Darah
Zat scopoletin membantu pelebaran saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan. Disamping itu zat ini juga membantu proses pengedaran darah ke seluruh jaringan tubuh menjadi lancar. Sifat dari zat ini adalah membunuh bermacam-macam bakteri dan sebagai anti-alergi.

Membunuh Bakteri Penyebab Infeksi
Zat anti bakteri dalam buah ini berkhasiat untuk membunuh bakteri pembuat infeksi dalam tubuh serta mengontrol bakteri pathogen sekaligus.

Mencegah Kanker
Terdapat unsur anti-kanker yang mana terbukti dalam mencegah masalah kanker serta mengembalikan fungsi sel-sel yang abnormal. 

Mampu Meningkatkan Daya Imun
Zat nutrisi yang terkandung bersifat sebagai antioksidan penting dalam menjaga imunitas tubuh agar tidak mudah terserang penyakit ringan ataupun berat.

Mengobati Batuk
Anda bisa meramu mengkudu untuk meringankan batuk berat yang menyiksa. Langkah awal yaitu merebus satu buah mengkudu masak dan 1/2 genggam daun bujanggut dalam 2 gelas air sampai mendidih dan tersisa 1 gelas. Air disaring dua kali, tunggu dingin lalu minum obat ini sehari dua kali sampai sembuh.

Mengobati Sakit Kuning
Dilansir dari situs kesehatan, mengkudu terbukti mengobati penyakit kuning. 

Siapkan 2 buah mengkudu matang dari pohon dan madu. Setelah itu buah mengkudu diambil dahulu airnya dengan cara diperas, kemudian wadah penampung air perasan dicampur dengan madu hingga merata. Saring air campuran bahan ini lalu minum sehari dua kali.

Mengurangi Ketombe Rambut
Rambut berketombe adalah masalah nomor 1 yang dikeluhkan oleh banyak orang, terutama kaum perempuan. Untuk memberantas ketombe Anda bisa memilih mengkudu sebagai obat alami.

Caranya siapkan 1 - 2 buah mengkudu masak yang telah dicuci bersih. Kemudian potong jadi 4 bagian merata, gunakan tiap bagian untuk menggosok kepala secara perlahan. Diamkan sejenak (10 - 15 menit) agar kandungan menyerap pada akar rambut, setelah itu cuci kepala dengan shampo sampai zat yang menempel terangkat bersih. Pengobatan ini bisa Anda lakukan seminggu 1 - 2 kali, jangan berlebihan.

Khasiat Mengkudu Sebagai Obat Lainnya:
  1. Perut kembung
  2. Luka pada usus halus
  3. Radang lambung
  4. Muntah-muntah 
  5. Keracunan makanan
  6. Batuk
  7. TBC
  8. Radang tenggorokan
  9. Bronchitis
  10. Kolera
  11. Demam pada bayi
  12. Sinusitis
  13. Asma
  14. Menurunkan kolesterol
  15. Penebalan otot jantung
  16. Peningkat transportasi oksigen dalam sel
  17. Luka bakar
  18. Kudis
  19. Bisul
  20. Cacing kulit
  21. Selulit
  22. Kurap
  23. Radang pada kulit
  24. Borok
  25. Gusi berdarah
  26. Sakit gigi
  27. Sariawan
  28. Siklus haid tidak teratur
  29. Sindrom pra-menstruasi
  30. Nyeri saat haid
  31. Mencegah penuaan
  32. Diabetes
  33. Hepatitis kronis
  34. Sakit pinggul
  35. Gangguan ginjal
  36. Sakit kepala
  37. Kencing batu
  38. Hormon tiroid
  39. Penyakit akibat infeksi virus HIV
  40. Kekurangan tenaga
  41. Dan masih banyak lagi

Betapa luar biasa manfaat buah mengkudu bagi kesehatan ini. Mulai sekarang Anda jangan sungkan untuk menanam bibit mengkudu di dekat rumah, jika suatu saat saudara sakit bisa langsung diobati dengan tumbuhan ini.