Ketahui 3 Alasan Diet Makanan Mentah Tidak Disarankan

Benarkah makanan mentah tidak disarankan untuk program diet Anda?

Memang sih, ada banyak orang yang menjalankan program dietnya dengan cara memperbanyak konsumsi makan-makanan yang mentah, hal ini wajar saja jika mereka kurang tahu bagaimana menjalankan program diet yang benar.

Alhasil.. bukan malah mendapat hasil tubuh yang langsing dan ideal, tetapi tubuhnya tetap gemuk atau malah semakin kelebihan lemak.

Diet raw food (Makanan mentah) hingga saat ini memang masih menjadi trend gaya hidup sehat.
Tapi, sebelum Anda ikut-ikutan dengan trend tersebut, ada baiknya membaca saran dari Carolina, La, L. Ac, seorang ahli herbal, akupuntur, dan juga fertilitas dari Orange Country, California, yang telah mengemukakan fakta bahwasannya diet raw food bisa menjadi penyebab gangguan tiroid, kesuburan, dan pencernaan.

Nah, sebelum Anda memutuskan untuk menjalankan diet ini, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter atau pun ahli gizi Anda.

Berikut ini akan kami paparkan lebih jelasnya, beberapa alasan mengapa diet raw food tidak disarankan.

Ingin tahu? Simak ulasan berikut ini!

3 alasan diet makanan mentah tidak dianjurkan

Alasan pertama adalah gangguan tiroid

Tentu akan menjadi momok yang sangat mengerikan, bukan jika hal ini terjadi pada diri Anda?

Sayuran seperti kubis, kol brussel, kembang kol, kangkung, dan juga sawi, yang mengandung goitrogens, yakni zat yang menjadi penyebab gangguan fungsi kelenjar tiroid, sehingga dapat menimbulkan gangguan hipotiroid dan juga golter (pembesaran kelenjar tiroid).

Jika Anda sudah memiliki gangguan fungsi tiroid ini, maka goitrogren bisa memperburuk kemampuan kelenjar tiroid dalam memproduksi hormon terpenting bagi tubuh.

Dimana pemanasan pada sayuran tersebut, bisa menjadi penyebab tidak aktifnya gaitrogen.
Alasan kedua adalah gangguan pencernaan
Sayuran maupun dedaunan yang memiliki selulosa dan juga struktur serat lainnya, yang memang membutuhkan waktu lama untuk dicerna secara optimal oleh lambung kita.

Binatang pemakan tumbuhan yang memiliki lambung ekstra untuk dapat memecah dan juga mencerna daun maupun rumput yang mereka makan.

Dan manusia yang hanya memiliki satu lambung untuk bisa memecah semua jenis serat selulosa yang terjadi pada sayuran. 

Jika kita secara terus-menerus mengkonsumsi makanan yang memang tidak bisa dicerna, maka pencernaan kita akan melemah, dan tidak mampu lagi mencerna jenis makanan lainnya.

Alasan ketiga adalah masalah penyerapan nutrisi

Jika makanan kita tidak bisa diserap, ini artinya akan ada banyak nutrisi dalam bahan makanan itu yang tidak dapat diserap oleh tubuh. 

Banyaknya kandungan gizi sayuran yang disimpan didalam serat yang keras, memasak dengan pemanasan rendah, atau pun sedang, biasanya cukup dalam memecah serat sehingga kita bisa memperoleh mineral serta nutrisi lainnya.

Di sini, Anda perlu berhati-hati dalam mengkonsumsi raw food sebagai menu dasar setiap hari, tanpa dikombinasikan dengan makanan yang dimasak, sebab hal ini akan menimbulkan masalah kesehatan.

Nah, itulah 3 alasan diet makanan mentah tidak disarankan yang bisa penulis informasikan. Semoga dengan ulasan di atas, Anda tidak salah lagi dalam menjalankan program diet untuk bisa mendapatkan berat badan yang ideal.