-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Penyebab diare dan pencegahan selama kehamilan

Post a Comment
Penyebab diare dan pencegahan kehamilan selama kehamilan merupakan kombinasi antara pengetahuan penting untuk membantu wanita hamil mengurangi gejala yang tidak menyenangkan dan memastikan kesehatan terbaik selama kehamilan. Manifestasi awal penyakit ini bisa meliputi demam, sakit kepala, mual, kelelahan, sakit perut, dan tinja yang cair.

Jika kondisi ini berlangsung tanpa tindakan perbaikan awal serta penanganan tepat waktu akan mengakibatkan kelahiran prematur cukup berbahaya bagi ibu dan janin. Jadi apa penyebabnya dan bagaimana cara terbaik untuk mengatasi, mencegah diare yang paling efektif untuk ibu hamil?

Silakan merujuk ke artikel Penyebab diare dan pencegahan selama kehamilan di bawah ini!

Penyebab diare

Penyebab Diare selama kehamilan


Biasanya diare terjadi pada hari-hari terakhir kehamilan. Gejala diare bisa termasuk mual dan muntah, diare, demam, dingin, sakit kepala, nyeri otot, kelelahan, sakit perut atau sering kram, tinja encer, rasa asam.

Diare selama kehamilan bisa berlangsung 1-10 hari tergantung penyebabnya. Seringkali wanita hamil lebih cenderung mengalami konstipasi dibanding diare. Karena bila diserap multivitamin sebelum hamil, wanita hamil menyerap lebih banyak zat besi membuat usus lebih keras. Bila diare menyertai gejala-gejala berbahaya ini, Anda harus menghubungi dokter Anda karena diare mungkin terkait dengan kelahiran prematur.

Penyebab diare pada ibu hamil

Penyebab diare terutama disebabkan oleh pola makan yang buruk. Selama kehamilan, resistensi para suster untuk mengurangi makan harus sangat berhati-hati. Banyak ibu hamil tidak tahu bahwa, selama 9 bulan hamil, sistem pencernaan mereka lemah, tapi tetap makan cemilan di jalan, makan makanan basi, sehingga dapat menyebabkan diare.

Selain itu, ibu perlu tahu bahwa, saat minum air yang terkontaminasi, makan makanan tengik, infeksi, dan menambah kekuatan sekuat biasanya, bakteri akan mudah tembus. menyebabkan diare. Selain itu, ada beberapa kasus khusus makanan higienis, namun makanan ini mengandung zat tertentu yang tidak sesuai untuk tubuh dan penyerapan tubuh, seperti beberapa wanita dengan alergi. Susu segar juga akan menyebabkan diare.

Terkadang makanan selalu dimakan bersih namun karena banyaknya makanan dengan terlalu banyak protein dan lemak, tubuh tidak bisa mencerna tapi harus membuang melalui diare. Diare spesifik mungkin disebabkan oleh:

  • Kontaminasi bakteri tertentu dalam air minum dan makanan menyebabkan diare.

  • Virus seperti Rota, Cyptomegalo juga bisa menyebabkan diare.

  • Parasit bisa masuk ke tubuh melalui makanan dan air lalu hidup di saluran pencernaan. Beberapa dapat menyebabkan diare pada wanita hamil seperti Giardia, Cryptosporidium dan Entamoeba histolytica.

  • Obat tekanan darah, magnesium steroid, dan antibiotik dapat menyebabkan diare selama kehamilan.

  • Penyakit usus seperti penyakit Crohn juga menyebabkan diare.

  • Diare juga bisa disebabkan oleh minum terlalu banyak air. Makan buah berair seperti semangka, sayuran hijau.

  • Diare pada kehamilan bisa disebabkan oleh peningkatan asupan air. Ini mungkin karena makanan tinggi air, seperti buah (semangka), sayuran, dan terlalu banyak air.

  • Penyebab lainnya termasuk intoleransi laktosa, gastroenteritis, atau keracunan makanan.

Cara mencegah diare bagi ibu hamil

  • Untuk mencegah penyakit, ibu hamil perlu menjaga kebersihan makanan, selalu membuat "makanan matang, minum air matang", jangan makan sayuran mentah belum dicuci, sama sekali tidak makan sup ayam, salad atau daging lagi. Perhatian Jangan makan atau minum di toko saniter. Makanan jadi harus segera dimakan, agar tidak diletakkan di hari lain, harus memastikan teknik keamanan saat mengolah makanan mentah dan dimasak.

  • Kenali dengan pasti keamanan label makanan termasuk makanan dan minuman yang Anda konsumsi setiap hari. Hindari makanan yang kaya bumbu atau mengandung lemak berlebih.

  • Beberapa makanan memiliki tingkat kesehatan pencernaan yang lebih tinggi daripada yang lain. Ini adalah sereal, yogurt, kentang . Jangan lupa tubuh Anda juga perlu diberikan sejumlah vitamin dan mineral. Besi telah terbukti mencegah diare selama kehamilan.

  • Hanya makan makanan yang dimasak dengan baik.

  • Hindari makanan yang sangat terkontaminasi seperti brokoli, babi, salad, sayuran

  • Jangan makan makanan yang lembab, berjamur, asam, basi ...

  • Jangan gunakan buah yang hancur, bijinya sudah berubah warna.

  • Batasi ikan laut, udang, siput, jika Anda memiliki riwayat sakit perut, diare untuk makanan ini.

Diare harus diobati lebih awal

Kebanyakan ibu hamil dengan diare ringan saat hamil akan sembuh sendiri. Namun, diare berat yang menyebabkan dehidrasi menjadi masalah. Wanita hamil bisa mengalami dehidrasi hanya dalam waktu singkat.

Bau sebaiknya tidak diare diare, sebaiknya segera mencari pertolongan medis untuk mendapatkan obat yang tepat, dosis yang tepat dan cukup waktu untuk pulih dengan cepat. Jangan membeli obat atau obat-obatan dari ujung yang belum tahu, karena banyak obat untuk diare bisa membahayakan janin.

Diare hamil harus menemui dokter jika kondisinya seperti:

  • Diare serius selama 2 hari atau lebih.

  • Diare dengan demam dan muntah.

  • Masalah tinja

  • Diare dengan sakit perut yang parah.

  • Tidak ada urine lebih dari 5 jam.

Minum banyak air: Diare hamil akan menyebabkan tubuh ibu mengalami dehidrasi, maka perlu menambahkan air yang sesuai. Hindari jus buah, minuman ringan, air berkarbonasi ... Air rebus yang keren merupakan solusi tepat untuk Anda.

Istirahat lebih banyak: Diare adalah kondisi yang agak tidak nyaman. Ibu juga merasa lelah, jadi sebaiknya beristirahat untuk melindungi kesehatan diri dan bayi.

Jika sakit perut atau diare Anda menetap berjam-jam, Anda harus menemui dokter dengan cepat.

Meskipun Anda mungkin tidak dapat mengunjungi fasilitas kesehatan, pasien diare dapat terus minum larutan Oresol. Ini bukan pembunuh usus, tapi obat anti-diare, yang bisa digunakan pada semua kasus diare. Bila digunakan dalam dosis yang tepat, jangan terlalu tebal, itu berbahaya. Obat ini sangat diperhatikan dalam penyelamatan banyak kasus diare berat di dunia.

Selain oresol, sangat dilarang untuk membeli dan menggunakan obat diare lainnya tanpa resep dokter. Wanita hamil juga harus lebih banyak istirahat, bisa makan daging cincang cair.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter