Kiat-Kiat Sederhana Menjaga Kesehatan Organ Jantung

Kiat-Kiat Sederhana Menjaga Kesehatan Organ Jantung | Seperti yang kita ketahui bahwa penyakit jantung menjadi salah satu penyakit pembunuh nomor satu yang harus bisa kita cegah kedatangannya. Meskipun penyakit jantung ini dapat menyerang siapa saja, namun apabila kita bisa mencoba untuk menekan segala penyebabnya, maka bukan hal mustahil untuk bisa terhindar dari penyakit mengerikan ini. Jantung adalah pusat peredaran darah yang berguna untuk menghubungkan pembuluh darah yang satu dengan yang lainnya. Serta selalu memiliki kaitan yang erat dengan semua jaringan yang ada dalam tubuh manusia. Sebab itulah kita harus bisa menjaga dan melindungi organ jantung ini dengan sebaik mungkin. Agar jantung ini bisa terus menjalankan semua tugasnya dengan baik. Sebenarnya ada kiat-kiat mudah dan sederhana yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan organ jantung ini. Berikut informasi lebih lanjutnya.

Menjaga Kesehatan Organ Jantung

Cara Mudah Dan Sederhana Menjaga Kesehatan Jantung.

  1. Mandi Matahari Pagi.

Ternyata dengan kita rajin berjemur di bawah sinar matahari di pagi hari dapat menjadi salah satu cara yang sangat mudah untuk melindungi dan menjaga kesehatan organ jantung. Sinar matahari pagi banyak mengandung vitamin D yang berguna untuk menekan pembentukan plak di bagian pembuluh darah. Bahkan dengan kita rajin mandi matahari pagi ini, akan membuat risiko terserang penyakit jantung menjadi berkurang. Sebab itulah jangan malas untuk berjemur paling tidak selama 15 hingga 20 menit di bawah sinar matahari pagi sebelum jam 10.

  1. Mengkonsumsi Cokelat.

Adapun cara mudah dan enak menjaga kesehatan jantung adalah dengan mengkonsumsi dark cokelat. Di dalam dark cokelat banyak tersimpan kandungan flavonoid serta magnesium yang mampu membantu mengurangi kadar kolesterol jahat. Tidak hanya itu, dark cokelat juga memiliki kandungan asam stearat salah satu jenis lemak baik yang berguna untuk jantung. Ditambah dengan kandungan antioksidan pada dark cokelat yang berguna untuk membantu melawan radikal bebas penyebab kerusakan di dinding arteri.

  1. Rutin Berolahraga.

Melakukan olahraga secara teratur juga menjadi langkah terbaik untuk bisa mendapatkan jantung yang sehat. Ada banyak pilihan jenis olahraga yang bisa dengan mudah kita lakukan setiap harinya misalnya joging, lari pagi, berjalan cepat, berenang atau bersepeda. Dengan rutin berolahraga akan membuat otot jantung lebih sehat dan kuat. Selain itu berolahraga juga membantu mengurangi risiko serangan stroke, membantu meningkatkan jumlah kolesterol baik di dalam darah.

  1. Mengkonsumsi Makanan Laut.

Selain itu cara mudah menjaga kesehatan organ jantung adalah dengan mengkonsumsi makanan laut seperti ikan salmon, ikan tuna, sarden, makerel dan lain sebagainya. Makanan laut tersebut kaya akan kandungan asam lemak omega 3 yang dapat melumasi jantung. Sehingga risiko terserang penyakit jantung, aritmia jantung, tekanan darah tinggi, penggumpalan darah, serta kolesterol jahatpun dapat dihindari.

  1. Jangan Merokok.

Sebaiknya hentikankanlah kebisaan buruk merokok mulai sekarang juga, jika tidak ingin organ jantung kita mengalami gangguan. Ketahuilah bahwa di dalam rokok tersimpan banyak kandungan berbahaya yang dapat menimbulkan kerusakan sel di dalam arteri. Akibat kerusakan sel ini, akan memicu gangguan peradangan yang bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam jantung.

  1. Istirahat Cukup.

Adapun kiat-kiat sederhana menjaga kesehatan organ jantung salah satunya dapat dilakukan dengan memiliki waktu istirahat yang cukup setiap harinya. Ciptakanlah tidur yang berkualitas agar tubuh bisa terhindar dari macam-macam gangguan kesehatan, yang salah satunya adalah risiko penyakit jantung. Kurang waktu istirahat dapat memicu terjadinya penumpukan mineral kalsium di dalam pembuluh darah organ jantung, yang jika dibiarkan dapat pecah dan akhirnya menyebabkan serangan jantung dan juga stroke.

Selain itu cara mudah menjaga kesehatan jantung dapat dilakukan dengan menghindari stres yang berlebihan dan juga merawat kesehatan gigi.