Makanan Bernutrisi Penting Yang Membantu Menguatkan Tulang

Makanan Bernutrisi Penting Yang Membantu Menguatkan Tulang

Makanan Bernutrisi Penting Yang Membantu Menguatkan Tulang | Tentunya anda tidak hanya ingin terlihat muda lebih lama, tetapi juga ingin tetap memiliki tulang yang sehat dan kuat sampai tua bukan? Memang adanya pertambahan usia pada seseorang akan membuat kinerja dan kemampuan tubuh menjadi berkurang. Biasanya semakin bertambah usia anda akan membuat kondisi kesehatan tulang dalam tubuh menjadi terganggu.

Sehingga hal ini akan membuat anda tidak bisa lagi bebas bergerak seperti saat anda masih muda, dikarenakan kekuatan tulang tubuh yang tidak bisa lagi mendukung.

Namun jika anda ingin memiliki tulang yang terus sehat dan kuat meskipun umur semakin bertambah, maka anda bisa mencoba untuk lebih rajin mengkonsumsi jenis makanan yang dapat menjaga kekuatan tulang.

Berikut ini 10 daftar makanan sehat yang berguna untuk membantu menguatkan tulang tubuh.

Makanan Bernutrisi

Makanan Bernutrisi Penting Yang Membantu Menguatkan Tulang.


1.Yoghurt.

Untuk bisa mendapatkan tulang tubuh yang sehat dan kuat, maka anda harus lebih memperhatikan asupan makanan sehari-hari. Pilihlah jenis makanan yang banyak mengandung kalsium seperti yoghurt. Kalsium adalah jenis mineral penting yang berguna untuk membantu pembentukan dan juga memperkuat tulang dalam tubuh. Yoghurt dikenal sebagai sumber kalsium tinggi yang mampu memenuhi kebutuhan kalsium harian tubuh. Cobalah untuk mengkonsumsi yoghurt dengan kandungan rendah lemak, sehingga tidak akan berdampak buruk pada berat badan anda. Anda bisa mengkonsumsi yoghurt untuk sarapan atau di sajikan diatas salad buah.

  1. Susu.

Salah satu bahan makanan yang sudah begitu terkenal memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan tulang adalah susu. Maka dari itu anda disarankan untuk meminum susu setiap harinya, agar dapat memberikan asupan kadar kalsium dalam tubuh. Susu dikenal sebagai sumber kalsium terbaik, karena susu ini mampu memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh sebanyak 1/3 dari kebutuhan harian. Selain sebagai sumber kalsium, susu juga mengandung vitamin K dan berbagai nutrisi lainnya yang mendukung kesehatan tubuh dan tulang.

  1. Tahu Atau Tempe.

Adapun bahan makanan murah meriah yang dapat membantu menguatkan tulang tubuh adalah tahu dan juga tempe. Di dalam tahu atau tempe terdapat kandungan kalsium yang ikut menyumbangkan manfaat yang baik untuk kepadatan tulang. Sebaiknya konsumsilah tahu atau tempe dengan cara direbus, agar segala manfaatnya tetap utuh di dalamnya.

  1. Ikan Salmon.

Selain kalsium, nutrisi penting lainnya seperti vitamin D juga sangat dibutuhkan untuk membangun kekuatan tulang tubuh. Salah satu bahan makanan yang banyak mengandung vitamin D adalah ikan salmon. Di dalam ikan salmon terdapat 90 persen asupan vitamin D untuk memenuhi kebutuhan harian. Tidak hanya itu, ikan salmon juga mengandung protein dan juga asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk menjaga kesehatan organ jantung. Konsumsilah ikan salmon paling tidak 1 sampai 2 porsi dalam setiap minggunya.

  1. Minyak Ikan Cod.

Perlu anda ketahui bahwa vitamin D memiliki peranan yang sangat besar untuk kesehatan tulang. Sebab vitamin Da inilah yang akan membantu memaksimalkan penyerapan kalsium dalam tubuh. Sehingga akan sangat membantu menjaga kepadatan tulang tubuh. Selain dengan mengkonsumsi ikan salmon, anda juga bisa mendapatkan asupan vitamin D dari minyak ikan cod dan juga sinar matahari pagi sebelum jam 10.

  1. Keju.

Bahan makanan sehat yang memiliki kandungan nutrisi penting untuk kekuatan tulang tubuh selanjutnya adalah keju. Keju cheddar dapat menjadi pilihan terbaik untuk anda konsumsi secara teratur guna membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian di dalam tubuh. Anda bisa mengkonsumsi keju cheddar ini dengan mencampurkannya di dalam salad buah atau sayuran, dalam snack, sandwich ataupun makanan favorit anda lainnya.

  1. Kacang-Kacangan.

Kacang-kacangan juga masuk dalam daftar bahan makanan yang baik untuk kesehatan tulang. Sebab didalam kacang-kacangan terdapat kandungan magnesium yang berfungsi menjaga tulang agar selalu dalam kondisi yang sehat dan kuat.

  1. Sayuran Hijau.

Anda juga harus rajin mengkonsumsi sayuran hijau agar tulang tubuh tidak mudah rapuh. Sayuran hijau ini dikenal banyak mengandung vitamin K yang akan membantu menjaga kepadatan tulang, sehingga tidak mudah mengalami kerapuhan.

  1. Sereal.

Makanan pendukung kesehatan tulang selanjutnya yaitu sereal. Sereal banyak mengandung vitamin D yang berguna untuk menguatkan tulang tubuh.

Dan itulah jenis makanan sehat yang baik untuk kesehatan dan kekuatan tulang. Silahkan untuk anda coba konsumsi setiap harinya untuk membantu melindungi tulang tubuh dari berbagai ancaman dan gangguan.

Makanan Bernutrisi Penting Yang Membantu Menguatkan Tulang | Afrianti Rahayu | 5