-->

Ad Unit (Iklan) BIG

4 Sayuran yang Bermanfaat Untuk Ibu Hamil

Post a Comment
Makanan memang merupakan sumber nutrisi yang penting selama proses kehamilan, sehingga saat ibu hamil harus rutin menjaga asupan makanan. Memberi nutrisi untuk kehamilan sebaiknya dilakukan dari jauh hari sebelum kamu merencanakan kehamilan, hal ini bertujuan agar pada saat pembentukan janin kebutuhan nutrisi dapat terpenuhi.

Setiap kehamilan mempunyai peran yang berbeda-beda dalam pembentukan organ-organ bayi di dalam kandungan, sehingga selama perkembangannya kamu harus tetap memperhatikan asupan nutrisi. Pada bulan-bulan pertama kehamilan biasanya ibu hamil akan mengeluhkan rasa mual disertai dengan muntah sehingga menolak makanan yang merupakan sumber nutrisi. Memasuki usia kehamilan trimester kedua seringkali ibu hamil akan mengeluhkan tentang kondisi fisik, misalnya seperti pegal-pegal, heart burn dan juga perut kenyang sehingga tidak nafsu makan dan membuat nutrisi jadi terhambat ke dalam tubuh.

Perhatikan pantangan makanan dan juga minuman selama proses kehamilan, karena kandungan atau zat yang terdapat di dalam pantangan akan dapat mengganggu perkembangan janin. Makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil adalah buah dan juga sayur. Sayuran yang kaya serat memiliki banyak manfaat untuk kehamilan.

Sayuran Bermanfaat Untuk Ibu Hamil

Berikut ini adalah 4 sayuran yang sangat bermanfaat untuk ibu hamil :

  1. Labu Siam

Labu siam mempunyai manfaat untuk ibu hamil karena mengandung serat yang dapat membantu dalam mengatasi masalah pencernaan. Selain itu di dalam labu siam juga terdapat kandungan asam folat yang sangat baik untuk janin selama kehamilan. Kandungan asam folat sangat berguna untuk mengurangi resiko kelahiran bayi yang cacat.

  1. Kacang Panjang

Kacang panjang mempunyai kalori yang rendah dan juga mempunyai kandugan gizi yang cukup baik untuk kesehatan ibu hamil. Kacang panjang ini kaya akan kandungan serat untuk melancarkan pencernaan dan juga mengandung sumber folat yang baik. Selain itu kacang panjang juga mengandung vitamin C yang apabila dikonsumsi secara mentah dapat meningkatkan sistem imun. Tidak hanya vitamin C kacang panjang juga mempunyai kandungan zat besi yang baik untuk kesehatan ibu hamil.

  1. Jagung

Jagung merupakan sayuran yang dapat dikonsumsi baik dengan cara direbus maupun dibakar. Jagung memiliki kandungan vitamin B12 yang dapat mencegah anemia dan juga mempertahakan keseimbangan tubuh.Selain itu jagung juga memiliki kandungan kalium yang berperan dalam menjaga keseimbangan tubuh.Dengan mengkonsumsi jagung organ tubuh dapat berfungsi dengan tepat. Selain itu jagung juga bisa menjadi sumber penghasil protein yang membantu dalam pembentukan jaringan otot baru sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh bagi ibu hamil.

  1. Terong Ungu

Tahukah kamu terong ungu ternyata memiliki kandungan asam folat yang sangat baik untuk kesehatan?Terong ungu bermanfaat untuk mencegah kerusakan otak bayi yang ada di dalam kandungan sehingga sudah jelas sangat bermanfaat sekali bagi kesehatan ibu dan janin. Terong ungu juga memiliki kandungan zat besi, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, serat kalori dan juga protein yang berguna untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil.

Sebenarnya masih banyak lagi sayuran yang memiliki manfaat untuk ibu hamil, akan tetapi bagi kamu yang menginginkan kelengkapan nilai gizi maka kamu dapat memenuhinya dengan banyak mengkonsumsi jenis sayuran yang bervariasi setiap hari.

Demikian 4 sayuran yang bermanfaat untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter