5 Nutrisi Ini Dapat Meningkatkan Kesuburan

Pada dasarnya kesuburan seseorang dapat ditingkatkan lagi dengan cara mengkonsumsi makanan yang sehat dan juga menerapkan pola hidup sehat. Banyak mitos yang muncul dimasyarakat mengatakan bahwa vitamin tertentu dapat menambah kesuburan seseorang. Misalnya suamiistri yang belum diberi anak dianjurkan untuk banyak-banyakmakan kecambah karena di dalam kecambah terdapat vitamin E yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan.

Namun meskipun vitamin E dibutuhkan untuk kesuburan, vitamin tersebut tidak satu-satunya vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh agar menjadi subur. Diperlukan sejumlah kombinasi vitamin lain dan juga mineral untuk kesuburan. Begitupun sebaliknya dengan banyak makan satu unsur gizi saja tapitetap kekurangan gizi yang lain, justru juga malah akan merugikan kesehatan. Dalam segala kondisi sebaiknya pola makan dengan asupan gizi seimbang yang harus tetap dipertahankan.

Berikut ini adalah 5 nutrisi yang bila dikonsumsi dapat meningkatkan kesuburan:

5 Nutrisi Ini Dapat Meningkatkan Kesuburan


  1. Vitamin E

Vitamin E sangat penting bagi sistem reproduksi pria dan wanita. Untuk pria vitamin E bermanfaat untuk mendukung produksi sel sperma sekaligus mencegah kerusakan pada DNA sperma. Sedangkan bagi wanita, vitamin E bermanfaat untuk menjaga produksi hormon baik dan endokrin. Sebuah studi menunjukan bahwa kerusakan ektensif yang terjadi pada DNA sperma dapat memicu kemandulan. Kerusakan tersebut biasanya disebabkan oleh radikal bebas. Dan disiniliah fungsi dari vitamin E sebagai anti oksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan berperan untuk mencegah kerusakan pada DNA sperma.

Asupan Vitamin E yang disarankan adalah 400 UI setiap harinya. Sumber utama vitamin E dapat kamu temukan dari berbagai macam sayuran seperti kecambah, kedelai, dan sayuran lain yang berwarna hijau tua.

  1. Vitamin B

Tahukah kamu ternyata vitamin B terdapat dua jenis yang bermanfaat untuk menambah kesuburan?Manfaat pertama untuk wanita dan satunya lagi untuk pria. Vitamin B6 bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan bagi wanita sedangkan vitamin B12 bermanfaat untuk meningkatkan serta menambah kualitas sperma. Jenis vitamin B lain seperti asam folat juga sangat penting untuk proses penyatuan sperma dan juga sel telur. Asupan dari vitamin B12 dan B6 sangat disarankan untuk dikonsumsi sekitar 1,3 dan 2,4 mikrogram setiap hari. Sumber vitamin B12 dapat dijumpai pada ikan, susu dan hati. Sedangkan vitamin B6 bisa dijumpai pada ayam, telur, wortel dan juga beras merah.

  1. Vitamin C

Sama halnya dengan vitamin lain, vitamin C juga sangat baik untuk pria maupun wanita sebagai penambah kesuburan. Pada wanita vitamin C bermanfaat sekali untuk menjaga hormon tetap seimbang, memperkuat imun tubuh, peningkatkesuburan, dan membantu penyerapan zat besi. Sedangkan bagi pria, vitamin C bermanfaat sebagai peningkatan mobilitas sperma dan pencegah terjadinya sperma yang menggumpal.

Sumber utama penghasil vitamin C adalah buah-buahan, seperti jambu, jeruk, sirsak, papaya, mangga, stroberi dan sayuran seperti cabai dan bayam. Vitamin C harian yang dianjurkan adalah sebanyak 750-1000 mg per hari. Namun, apabila terlalu banyak mengkonsumsi vitamin C ini tidak perlu takut, karena tidak akan berbahaya untuk kesehatan.Vitamin C ini larut dalam air sehingga jika dikonsumsi berlebihan tubuh akan secara otomatis membuangnya lewat air seni.

  1. Zinc

Zinc adalah mineral yang berperan penting untuk kesuburan. Mineral ini ada pada lebih dari 200 protein dan berperansangat penting untuk pria agar fungsi organ seksualnya tetap terjaga. Kekurangan Zinc dapat memicu penurunan hormon testosteron. Kandungan dari mineral ini dapat kamu jumpai pada makanan seperti kerang.

  1. Asam Folat

Selain baik sekali untuk kesuburan, asam folat juga sangat baik untuk pertumbuhan bayi yang ada di dalam kandungan. Asam folat mampu mencegah bayi dari lahir cacat dibagian otak dan juga tulang belakang. Kandungan asam folat yang tinggi dapat kamu temui pada makanan seperti sayuran hijau, papaya, kacang-kacangan, dan sereal.

Meningkatkan kesuburan dapat dilakukan dengan mudah sekali, yakni dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi seperti yang telah disebutkan diatas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.