7 Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Hamil

Kehamilan tidakhanya tentang perjalanan mengandung selama sembilan bulan akan tetapi juga perjalanan dalam mempersiapkan kehamilan. Modal utama yang diperlukan dalam mempersiapkan kehamilan adalah nutrisi yang cukup.

Hal ini disebabkan pada minggu pertama terjadi pertumbuhan organ vital pada bayi, ibu hamil harus mendukung dengan nutrisi tersebut. Sesuai panduan, calon ibu hamil bisa mengkonsumsi makanan yang beragam asal memiliki kandungan protein, karbohidrat, dan lemak yang disesuaikan dengan kecukupan gizi calon ibu hamil. Selain itu perhatikan juga kebutuhan nutrisi lainnya yang sering kali dilupakan.


Berikut ini adalah 7 hal yang perlu disiapkan sebelum hamil :

  1. Asam folat

Asam folat adalah nutrisi terpenting dan merupakan salah satu nutrisi yang bermanfaat untuk mempersiapkan kehamilan. Langkah pertama yang bisakamu persiapkan adalah dengan cara mencukupi kebutuhan asam folat berkisar 400 mikrogram setiap hari. Pada saat melengkapi asam folat setiap harikamu dapat memperoleh asam folat ini dari makanan alami dan juga vitamin sesuai dengan dosis yang direkomendasikan oleh dokter. Adapun sumber terbaik penyedia alami asam folat adalah sayuran yang berdaun hijau, kuning telur dan juga kacang kacangan.

Dengan mencukupi kebutuhan asam folat maka akan sangat membantu dalam perkembangan dan pembuahan. Selain itu asam folat juga dapat bermanfaat bagicalon ibu hamil untuk mengurangi resiko anak yang cacat dan penyakit berbahaya lainnya.

  1. Asupan Makanan Pilihan

Padasaat mempersiapkan kehamilan perhatikan juga asupan makanan, jaga pola hidup dan jaga makanan yang sehat. Kamu juga dapat menjauhi makanan junkfood yang tidak baik karena mengandung kalori dan juga lemak tinggi.Hindari jugadalam mengkonsumsi makanan seperti keripik dan minuman soda. Pada saat mempersiapkan kehamilan sebaiknya calon ibu hamil memperbanyak konsumsi protein dan vitamin. Vitamin dari alamjuga sangat disarankan seperti buah-buahan, sayuran, gandum, kacang kacangan, dan juga susu berlemak rendah.

  1. Zat Besi

Sangat sering ibu hamil mengalami lesu, kelelahandan berhujung pada kesehatan yang memburuk pada ibu dan janin.Untuk mengantisipasi kondisi seperti itu sebaiknya calon ibu hamil mempersiapkan kehamilan dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Makanan yang mengandung zat besi akan sangat membantu dalam mempersiapkan kehamilan dan mencegah anemia yang sering kali dirasakan oleh ibu hamil.

  1. Membatasi Kafein

Batasi minumteh dan kopi karena minuman ini mengandung kafein yang dapat membuat kesehatan menjadi buruk menjelang kehamilan. Rekomendasi yang dianjurkan dari pakar kesehatan adalah dengan mengkonsumsi batas kafein sebanyak 200 miligram.

  1. Jauhi Alkohol Perbanyak Air Putih

Penelitian juga menyebutkan bahwa kebiasaan minum alkohol dapat mengganggu kesuburan.Oleh sebab itu mengkonsumsi alkohol pada saat sebelum maupun selama kehamilan akan membuat kondisi kesehatan ibu dan janin menjadi buruk. Daripada minum alkohol lebih baik calon ibu hamil perbanyak meminum air putih.

  1. Tinggalkan Kebiasaan merokok

Selain berhenti meminum alkohol, calon ibu hamil juga harus menghentikan kebiasaan merokok saat merencanakan kehamilan. Perokok pasif juga sama berbahayanya dengan perokok yang aktif.Oleh sebab itu sebaiknya hentikan kebiasaan merokok.

  1. Menjaga Berat Badan yang Ideal

Menjaga berat badan tetap ideal sangat dianjurkan sebelum hamil. Dengan berat badan yang ideal akan sangat berguna untuk menjaga janin agar tetap terpenuhi nutrisinya.

Demikian 7 hal yang perlu disiapkan saat ingin merencanakan kehamilan. Semoga bermanfaat.