Pemeriksaan USG Pada Ibu Hamil - Memantau Perkembangan Calon Buah Hati

Pemeriksaan USG Pada Ibu Hamil - Memantau Perkembangan Calon Buah Hati - Kehamilan merupakan hal yang ditunggu-tunggu dalam sebuah biduk rumah tangga. Banyak pasangan yang telah menikah lama tetapi belum juga dikaruniai keturunan. Namun, banyak juga pasangan yang baru sebentar menikah sudah memiliki keturunan. Pemberian anak memang rahasia Tuhan. Jika Anda sedang dalam masa kehamilan, Anda patut bersyukur karena Tuhan mempercayakan Anda untuk menjadi calon orang tua yang nantinya membesarkan seorang anak manusia. Manusia di dunia sejatinya memiliki tujuan yang mulia, jika Anda nantinya mendidiknya dengan mulia juga.

Perkembangan calon buah hati Anda tentu sangatlah penting bagi Anda bukan? Anda pasti kenal dengan istilah USG? USG atau Ultrasonography adalah teknologi yang digunakan untuk membantu memantau perkembangan calon buah hati di dalam rahim Anda. Pemeriksaan USG Pada Ibu Hamil sebaiknya dilakukan dalam waktu yang tepat dan terjadwal sehingga Anda dapat lebih mengetahui setiap perkembangan yang terjadi pada calon buah hati Anda.
Pemeriksaan USG Pada Ibu Hamil
Pemeriksaan USG Pada Ibu Hamil

Pemeriksaan USG Pada Ibu Hamil memang masa-masa yang paling membahagiakan, saat itulah calon ibu dapat melihat setiap perkembangan yang terjadi pada calon buah hatinya. Ia akan mengetahui calon buah hatinya itu berjenis kelamin apa, bagaimana kesehatan buah hati, dan perkembangan fisik sang calon buah hati. Kegiatan USG secara rutin ini sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh ibu hamil. Masa-masa kehamilan memang akan membuat calon ibu ada umumnya merasa cemas dan merasa khawatir. Banyak kasus, rasa cemas yang berlebihan dapat mengganggu kehamilan bahkan hingga menyebabkan terjadinya keguguran.

Kegunaan Pemeriksaan USG Pada Ibu Hamil ini juga untuk mengetahui adanya gangguan pada kehamilan si ibu atau tidak. USG ini dianjurkan untuk dilakukan saat masa kehamilan trimester pertama. Mengapa begitu? Pada masa kehamilan trimester pertama, USG dilakukan untuk mengetahui kepastian kondisi kehamilan ibu. Banyak kasus terjadi yakni kehamilan palsu/ batu. Dengan USG, maka akan jelas apakah itu benar sebuah kehamilan atau bukan. Anda juga dapat mengetahui apakah calon bayi Anda kembar atau tidak. Maka dari itu, sebagai calon ibu Anda juga seharusnya rajin berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda tentang waktu yang tepat untuk melakukan USG. Pemeriksaan fisik pada ibu hamil juga merupakan hal yang tidak kalah penting dari USG. Fisik ibu hamil mempengaruhi perkembangan janinnya juga, jika sehat maka janin pun sehat.

Selanjutnya, pemeriksaan leopold pada ibu hamil dan pemeriksaan panggul pada ibu hamil berturut-turut menjadi dua hal yang juga penting untuk dilakukan oleh ibu hamil. Pemeriksaan USG Pada Ibu Hamil yang dilakukan pada masa kehamilan trimester kedua bermanfaat untuk beberapa hal. Pada trimester kedua, akan diketahui tentang jenis kelamin bayi dengan lebih jelas, letak jantung, kondisi plasenta, dan juga ukuran calon bayi.

Nah, USG yang paling penting untuk dilakukan adalah pada masa akhir kehamilan. Pemeriksaan USG Pada Ibu Hamil di akhir kehamilan untuk mengetahui posisi sang bayi, jenis kelamin yang lebih jelas, bobot bayi, ukuran panjang bayi, dan kemungkinan-kemungkinan lain yang bisa terjadi seputar kehamilan ibu. Dengan demikian, Anda sebagai calon orang tua dapat mempersiapkan kelahiran buah hati Anda dengan sebaik-baiknya. Banyak hal yang terjadi yakni salahnya perkiraan jenis kelamin anak. Hal tersebut dapat dikarenakan USG yang tidak dilakukan secara rutin. Jangan sampai ya, Anda sudah menyiapkan nama eh ternyata anak Anda berbeda jenis kelaminnya dengan yang Anda perkirakan.

Teknologi USG bagi ibu hamil sendiri merupakan teknologi yang menggunakan gelombang ultrasonik dan bukan dengan menggunakan radiasi sinar X. Maka dari itu, sinar tersebut tidak membahayakan bagi ibu dan calon bayi. Mengenai jadwal pemberlakuan Pemeriksaan USG Pada Ibu Hamil, dapat Anda tanyakan kepada dokter spesialis kandungan Anda. Pastikan jadwal yang Anda tentukan sudah benar dan tepat, sehingga perkembangan buah hati Anda dapat terpantau terus. Selamat menunggu jika Anda tengah menunggu proses kelahiran buah hati Anda dan semoga bermanfaat.