50 Manfaat Mentimun Dan Kandungan Gizinya


Manfaat Mentimun
Manfaat Mentimun - Mentimun/Ketimun/Timun adalah satu diantara type sayuran yang umumnya dipakai untuk lalapan untuk makan terlebih makanan Sunda. Mentimun juga dikenal dengan sebutan timun atau ketimun. Sesaat Orang Sunda sendiri meyebutnya Bonteng. Kandungan type air yang cukup, dapat memberi kesan menyejukkan. Mempunyai nama latin Cucumis sativus L., tumbuhan ini adalah type tumbuhan dari suku labu-labuan serta tanaman yang mempunyai warna hijau ini datang dari devisi Magnoliophyta.

Kandungan Gizi Mentimun

Mentimun yang gampang untuk dibudidayakan ini, mempunyai beragam jenis kandungan yang ada di dalamnya yang bisa bermanfaat untuk kesehatan serta kecantikan. Dalam 100 mg timun yang di teliti, diketemukan sebagian kandungan yang salah satunya yakni :
Energy sekitaran 15 kcal
Karbohidrat 3, 63 gr
Protein sebesar 0. 65 gr
Folat sebesar 7 mg
Kalsium sebesar 16 mg
Magnesium sejumlah 13 mg
Sodium serta kalium sebesar 2 mg serta 147 mg
Vitamin A, C, E, K semasing sejumlah 105 IU, 2. 8 mg, 0. 03 mg, 16. 4 mg
Supaya memperoleh buah mentimun yang baik hingga mempunyai manfaat yang optimal tidak cuma untuk kesehatan sja tetapi bisa juga untuk kecantikan kulit serta muka, ada cara-cara pilih serta menaruh timun dengan benar.

Pertama yaitu, tentukan timun yang fresh saat pilih di supermarket atau di pasar, yang bisa ditandai dengan warna yang hijau jelas serta mempunyai struktur yang tegas serta kokoh.

Ke-2 yaitu, tentukan timun yg tidak ada cacat serta baiknya tak pilih timun yang sangat masak yakni timun yang berwarna kuning lantaran mengandung serat yang bisa gampang larut dan biji yang telah keras.

Nama daerah : Bonteng, katimun (Sunda) ; timun, temon, antemon, boyuk (Jawa) ; Dimu, timu, kadingir, karieri, karere, daka, koto (Sumatra) ; Kimuni, ancimun, cimen, ansimun, melike, laiseu (Sumatra), Betiak, lepang (Kalimantan), Suai, bojo (Sulawesi). Apa nama lain mentimun di daerahmu?

Manfaat Mentimun untuk Kesehatan serta Penyembuhan

Tak dapat disangkal mentimun memanglah telah mulai sejak lama jadikan sebagai makanan yang bagus untuk kesehatan. Bahkan juga nenek moyang kita jadikan timun ini sebagai ramuan tradisional untuk penyembuhan penyakit spesifik. Di bawah ini kami uraikan tentang manfaat mentimun untuk kesehatan serta penyembuhan.

Diare pada anak 

Untuk menyembuhkan anak yang terserang diare, ambillah 1 buah mentimun lantas dicuci, rebus, haluskan, saring. Airnya di beri madu serta diminum. Kerjakan dengan cara teratur supaya diare anak anda cepat hilang.

Hipertensi 

Untuk menyembuhkan hipertensi, dua mentimun dicuci, parut, peras, dan Diminum airnya 2-3 kali satu hari. Langkah ke-2, 150 gr mentimun di rebus, saring, airnya diminum. Kerjakan sehari-hari dengan teratur.

Jerawat, melembutkan kulit muka, menyingkirkan noda hitam 

Mentimun diblender lantas dilaburkan ke muka untuk masker. Biarlah jadi kering, lantas basuh. Langkah menyingkirkan jerawat yang lain, kulit mentimun digosok-gosokkan ke kulit muka, biarlah jadi kering, lantas basuh.

Menghindar penyakit ginjal 

Untuk Anda yg sedang megalami / Alami gejala - gejala, penyakit ginjal, janganlah dilewatkan. Kerjakan mencegah sedini mungkin saja dengan memakai buah mentimun. Langkahnya, ambillah 3 buah mentimun lantas di rebus sampai lunak, peras serta minum airnya 3 kali satu hari. Makan juga ampasnya sebagai rekan makan nasi.

Disentri 

Disentri umumnya menyerang anak-anak lantaran konsumsi makanan yang tercemar oleh semacam amoeba, akibat jajan asal-asalan. Tetapi janganlah cemas dahulu, ambillah 1-2 buah mentimun dicuci, potong-potong, rendam dalam madu. Makan sekian kali.

Sariawan 

Sariawan memanglah bukan penyakit membahayakan, tetapi tak bisa dilewatkan lantaran mungkin saja makin kronis dari hari ke hari. Ambillah 1-2 mentimun tua dicuci, kupas, bebrapa irislah. Makan agak banyak sehari-hari. Kerjakan dengan cara teratur sampai sariawan hilang. Baca juga artikel spesial mengenai langkah menyembuhkan sariawan.

Demam 

Ambillah 1 buah mentimun dicuci, parut, berikan eau de cologne, lantas bungkus dengan saputangan, tempatkan diatas kening pasien demam. Atau dapat pula parutan mentimun dipopokan diatas perut pasien demam.

Tifus/Types/Thypus 

Penyakit yang lain yang dapat diobati dengan mentimun yaitu tifus. Ini karena satu diantara manfaat dari mentimun yang berbentuk mendinginkan perut. Langkahnya, parut dua buah mentimun ukuran tengah, lalu airnya diperas serta diminum. Kerjakan 3 kali satu hari.

Radang ginjal 

Siapkan 3 buah mentimun yang besar, dicuci bersih lantas di rebus dengan 2 gelas air sampai empuk. Sesudah dingin, peras airnya lantas diminum. Tanda-tanda radang ginjal diantaranya demam, ada darah dalam urine, ruam, mual serta muntah, kebingungan, kelelahan atau mengantuk, turun atau menaiknya volume urine, pembengkakan anggota badan spesifik, dan bertambahnya berat akibat penimbunan cairan.

Manfaat Mentimun untuk Kecantikan 

Pada dunia kecantikan, mentimun mempunyai manfaat yang bisa dirasa oleh kebanyakan orang yang memakai timun sebagai masker. Hal itu karena timun mempunyai kandungan yng dpat hindari radikal bebas hingga bakal terlepas dari rusaknya pada kulit.