19 Cara Memutihkan Ketiak Secara Alami

Cara Memutihkan Ketiak. Segelintir orang mengalami masalah dengan kulit ketiak yang menghitam. Pemicu utama dari menggelapnya warna kulit ketiak adalah keringat yang menumpuk, kotoran tubuh (daki), dan kesalahan dalam mencukur bulu (rambut) ketiak. 

Penggunaan produk perawatan untuk kulit ketiak saja tidak cukup dijadikan solusi efektif agar mendapatkan warna putih atau cerah alami. Anda harus menanamkan mindset (pola pikir) hidup sehat dan bersih terlebih dahulu, mencakup semua hal. Seperti misalnya (dalam hal ini) adalah menggunakan deodorant atau anti-perspirant seperlunya, dan total dalam membersihkan sisa produk yang dipakai setelah beraktivitas.

Cara Memutihkan Ketiak

Ketiak hitam dapat menghilangkan rasa percaya diri
Jika Anda ingin mendapatkan warna kulit cerah dan bersih di bagian ketiak, beberapa cara memutihkan ketiak secara alami pada artikel kali ini mungkin Anda perlukan. Sebelum itu, hilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk yang akan menggagalkan usaha Anda serta memperlambat hasilnya. 

Kebiasaan-kebiasaan tersebut bisa berupa mencabut bulu ketiak sendiri yang lama kelamaan membuat sel kulit meradang dan menumpuk pada kulit, sehingga menjadi hitam dan timbul luka yang sulit sembuh. Selengkapnya Anda bisa membaca artikel cara menghilangkan bulu ketiak secara alami dan modern. Sekarang, lanjut ke pembahasan tips mencerahkan warna kulit ketiak dengan perawatan alami.

1. Lemon

Selama ini, apa yang Anda ketahui tentang lemon? Rasanya-kah, atau bentuknya yang menggemaskan?

Perlu Anda ketahui juga, selain menyegarkan bila dijadikan jus. Ternyata, buah lemon menjadi pilihan terbaik sekaligus alami yang bisa mencerahkan warna kulit gelap pada beberapa bagian tubuh, termasuk ketiak. Lemon mengandung pembersih alami, anti-septik, dan anti-bakteri yang secara konsisten memberi perlindungan ekstra untuk kulit. Baik dari luar, maupun dalam.

Berikut ini cara menggunakan lemon untuk memutihkan ketiak:
  1. Sediakan sepotong buah lemon, jika ukurannya terlalu besar, potong menjadi dua bagian. Juga persiapkan produk pelembab yang biasa Anda pakai untuk dipakai setelahnya.
  2. Potong atau iris lemon ukuran tebal (hingga dapat digenggam) menjadi beberapa bagian.
  3. Bersihkan kulit ketiak terlebih dahulu dengan air, dibilas saja. 
  4. Sebelum mandi, gunakan irisan lemon tersebut untuk menggosok kedua bagian ketiak Anda hingga timbul rasa panas.
  5. Selepas itu, langsung aplikasikan pelembab tipis-tipis pada permukaan kulit ketiak untuk mencegah kulit terbakar akibat digosok lemon tadi.
  6. Kebiasaan ini bisa membantu Anda mendapatkan kulit putih seperti bintang iklan produk deodorant.

2. Baking Soda

Baking soda bisa dengan mudah dan murah Anda peroleh. Berbagai manfaat untuk kulit ternyata juga dimiliki oleh bahan pembuat kue ini. Dikutip dari Amazine, baking soda bisa kita gunakan untuk perawatan kecantikan. Seperti menghilangkan jerawat, mencerahkan wajah dan ketiak, mencegah bekas jerawat, dan agen pengelupasan kulit (exfoliant alami). 

Sebelum dipakai, tentu Anda harus mencoba produk ini dahulu untuk mengecek apakah baking soda cocok untuk jenis kulit Anda atau tidak. Buatlah pasta baking soda dan poles pada lutut Anda, bila terasa panas setelah beberapa menit, tandanya kulit Anda tidak cocok (ganti dengan bahan lain). Jika sebaliknya, maka menjadi kabar baik karena bahan ini digembor-gemborkan memiliki andil yang cukup baik di bidang perawatan.

Cara memutihkan kulit ketiak dengan baking soda:
  • Siapkan wadah kecil, tuang bubuk baking soda sebanyak 3 sendok makan. Tuangkan pula air putih atau air mawar (alternatif) hingga berbentuk pasta tebal.
  • Gunakan tangan untuk mengoles pasta baking soda ke kulit ketiak hingga mengering, setelah itu bersihkan dan periksa kelembaban kulit. Jika kering, maka gunakan sedikit pelembab.

3. Kentang

Jika pada poin sebelumnya Anda disarankan untuk menggunakan baking soda, namun hasilnya tidak cocok, maka alternatif alami lainnya adalah kentang. 

Kentang mengandung zat pemutih alami yang kadar keasamannya ringan, tidak seperti buah lemon yang di akhir penggunaan meninggalkan bekas kulit kering. Selain itu, kentang juga aman bagi kulit sensitif. Jadi, semua orang bisa menggunakan kentang untuk memutihkan kulit ketiak.

Cara memutihkan ketiak dengan kentang:
  1. Kumpulkan bahan seperti sebuah kentang (kupas kulitnya dan bersihkan), kapas, air putih, dan parutan yang sudah dibersihkan.
  2. Siapkan wadah cekung, kemudian parut kentang dan letakkan hasil parutan kentang ke dalam wadah. 
  3. Peras parutan kentang dan air perasan ditampung pada wadah lain.
  4. Gunakan jari atau kapas untuk dipoleskan ke kulit ketiak, setelah itu pijat kulit ketiak dengan ringan selama 5 menit.
  5. Terakhir, bilas ketiak dengan air. Kegiatan ini bisa Anda repetisi sehari maksimal 2 kali. Berharaplah dalam seminggu akan terlihat hasil yang cukup membaik.

4. Mentimun

Mentimun merupakan tanaman sayur yang kerap dijadikan lalapan dengan sambal, rasanya enak lagi menyehatkan. Bila rutin mengonsumsi timun, maka kulit akan ternutrisi dari dalam. Beberapa manfaat timun yakni mengencangkan dan memutihkan kulit, menghilangkan kantung mata panda, dan masih banyak lagi.

Berikut cara memutihkan kulit dengan mentimun:
  • Ambil 3 buah timun, disarankan yang dingin (dimasukkan ke dalam kulkas terlebih dahulu).
  • Selanjutnya, tumbuk hingga timun hancur. Bila ingin instan, gunakan blender tanpa air. Tuang dan tampung pada satu wadah.
  • Campurkan jus lemon dan bubuk kunyit sebanyak 1 sendok teh masing-masing, aduk rata.
  • Bersihkan ketiak dengan air, kemudian aplikasikan pasta timun pada permukaan kulit ketiak yang menghitam. Tunggu selama 20 hingga 30 menit, setelah itu bersihkan hingga benar-benar bersih.

Jus lemon berguna untuk mengangkat sel kulit yang mati akibat terpapar sinar matahari juga masalah lain. Sementara bubuk kunyit berguna untuk mencegah perubahan warna gelap pada ketiak, dan mentimun khususnya, menghadirkan efek dingin yang merileksasikan kulit serta membantu menghindari gatal atau iritasi pada kulit ketiak sehingga tidak membekaskan warna hitam. 

5. Kunyit

Pada kunyit terdapat kurkuminoid, yakni zat pewarna yang tersusun dari Curcumin, dihidrokurkumin, desmetoksikurkumin, dan bisdesmetoksikurkumin. Ada pula minyak atsiri, beberapa mineral, dam zat lain yang menjadikan khasiat kunyit semakin banyak, termasuk mencerahkan ketiak yang gelap.

Cara menggunakan kunyit untuk memutihkan ketiak:
  1. Ambil kunyit, bersihkan jika ada kotoran yang menempel.
  2. Cukur rapi bulu ketiak Anda, jika sudah bersih langsung gosokkan kunyit pada permukaan kulit ketiak.
  3. Perlu diingat, sebelum menggosok kunyit Anda harus merendamnya ke dalam larutan kapur sirih.
  4. Info tambahan:
  5. Kunyit mengandung minyak volatile yang lebih kuat dari minyak atsiri secara empiris untuk memberikan sifat anti-inflamasi yang setara dengan obat hydrocortisone dan fenilbutazon seperti Motrin. Manfaat lain yang dimilikinya adalah mencegah kanker hati, usus besar, leukimia, dan prostat. Sungguh luar biasa rempah dapur yang satu ini.

6. Yoghurt dan Susu

Sama-sama menyehatkan tubuh dan organnya, juga berguna untuk pemakaian luar. Berkat kandungan asam laktat di dalam kedua produk alami ini, maka tak heran bila kolaborasi susu dan yoghurt mampu memutihkan ketiak secara alami.

Adapun cara memutihkan ketiak secara alami dengan yoghurt dan susu sebagai berikut:
  • Siapkan mangkuk berukuran sedang, tuangkan 2 sendok makan yoghurt tawar dan 3 sendok makan susu tawar.
  • Aduk keduanya hingga rata, kemudian oleskan pada kulit ketiak setiap sebelum mandi. Diamkan selama 30 menit sebelum dibilas. 
  • Pada proses pembilasan, gunakan air hangat agar tidak lengket ketiak Anda.

7. Batu Apung

Anda pasti kenal dengan batu yang sering dijadikan penggosok ampelas. Menurut Deherba, batu ini juga dapat digunakan sebagai bahan alami untuk mengangkat sel kulit yang mati pada bagian ketiak sehingga menjadikannya lebih cerah.

Cara memutihkan ketiak dengan batu apung:
  1. Sediakan batu apung yang permukaannya halus. 
  2. Bilas ketiak dengan air dan sabun, kemudian ambil batu apungnya. 
  3. Gosokkan pada ketiak secara perlahan selama beberapa saat, terakhir bilas kembali dengan air.

8. Minyak Kepala dan Kulit Jeruk

Minyak kelapa dan kulit jeruk bisa dijadikan bahan alami perawatan kulit. Terbukti dari kemampuannya menumbuhkan dan menyuburkan rambut, serta mengatasi kebotakan dan kerusakan rambut dengan menutrisinya ke dalam kulit. Sedangkan kulit jeruk berguna untuk mengangkat sel kulit mati. Jika keduanya berpadu, maka masalah kulit ketiak gelap yang Anda alami akan teratasi.

Berikut ini cara memutihkan ketiak dengan minyak kelapa dan kulit jeruk:
  • Siapkan blender dan kulit dari beberapa buah jeruk.
  • Pada gelas blender, Anda teteskan juga minyak kelapa. Setelah itu blender hingga menjadi butiran kasar (semi-pasta).
  • Terakhir, gosokkan bahan tersebut pada kedua ketiak hingga mengering dan bersihkan dengan air hangat.

9. Pepaya dan Madu

Seperti yang kita ketahui, pepaya merupakan buah lezat yang dapat membantu mengatasi susah buang air besar. Sedangkan madu lebih sering digunakan untuk merawat kulit agar lembab dengan aktivitas pengelupasan sel kulit mati. Kedua bahan ini bisa diajak bekerja sama untuk mengatasi masalah ketiak hitam.

Berikut tips mencerahkan warna kulit ketiak dengan pepaya dan madu:
  1. Blender seperempat buah pepaya mengkal hingga halus, campurkan dengan madu. 
  2. Oleskan pasta pepaya pada kulit ketiak, diamkan 30 menit. Bilas dengan air hingga bersih.

10. Minyak Zaitun

Serasa tak mau ketinggalan, minyak zaitun juga turut serta membantu Anda yang ingin mendapatkan kulit ketiak cerah seperti yang didamba-dambakan. Manfaat minyak zaitun pasti sebagian telah Anda ketahui, maka dari itu langsung ke cara pemakainnya saja.

Memutihkan ketiak dengan olive oil:
  • Pilihlah minyak zaitun extra virgin, tuang ke dalam mangkuk secukupnya. Beri gula secukupnya.
  • Aduk rata dan kalau perlu sedikit ditumbuk hingga gula larut.
  • Gunakan tangan atau kapas untuk mengoleskan minyak zaitun ke ketiak secara merata.
  • Pijat hingga 5 menit lamanya, setelah itu biarkan kandungan bekerja membersihkan sel-sel kulit mati.
  • Terakhir, bersihkan dengan air dan lakukan proses yang sama setidaknya dua kali sehari selama seminggu. Lihat hasilnya.

Mungkin 10 bahan alami di atas sudah mewakili sekian banyak bahan lain yang juga dianggap mampu mencerahkan ketiak. Jika Anda ingin tahu cara memutihkan ketiak dengan bahan alami lainnya, mungkin cuka dan sari buah apel bisa dimasukkan ke dalam daftar dengan tata cara perawatan yang tidak jauh berbeda dengan kesepuluh bahan di atas.

Cara Mencegah Kulit Ketiak Menghitam
  • Sebelum Anda mempraktekannya, jangan lupa terapkan pula tips mencegah ketiak hitam atau gelap berikut ini:
  • Setelah menggunakan deodorant atau produk pelembab ketiak lain, pastikan agar setelah beraktivitas untuk dibersihkan hingga benar-benar bersih. Tepuk-tepukkan bedak secukupnya agar tidak cepat kering.
  • Jika suatu waktu ketiak terlihat agak menghitam, Anda bisa melakukan perawatan ringan dengan minyak vitamin E.
  • Hindari kebiasaan mencabut bulu ketiak, juga mencukurnya dengan cara yang salah.
  • Jika Anda sering menggunakan krim perontok rambut, lebih baik kurangi atau hentikan. Semua krim semacam ini mengandung bahan kimia yang memicu kulit gatal, iritasi, dan timbul ruam merah.
  • Jika tidak ingin berpergian atau bertemu orang banyak, tidak perlu menggunakan deodorant ataupun anti-perspirant. Biarkan ketiak Anda lembab natural. Atau jika ingin menghadiri acara semi-formal, gunakan saja minyak kelapa sebelum mandi.
  • Sehari mandi minimal 2 kali. Perhatikan pula cuaca di daerah Anda, jika sedang kemarau ada baiknya mandi 3 atau 4 kali sehari, disesuaikan saja. Hal ini untuk membuat ketiak segar kembali karena kotoran yang melekat akan terbawa air.
  • Kurangi pemakaian pakaian ketat dan sintetis karena pakaian jenis ini membuat kulit Anda, terutama di bagian ketiak yang jarang terhembuskan udara menjadi semakin berkeringat dan menjadi tempat berkumpulnya kotoran sekaligus bakteri.
  • Lebih baik padankan pakaian berbahan katun karena dapat memberi “ruang napas” untuk kulit Anda.
  • Beberapa bulan sekali kunjungi dokter spesialis kulit untuk memeriksakan kondisi ketiak Anda. Memang bau ketiak ataupun ketiak yang hitam bukan penyakit, tetapi tidak ada salahnya jika Anda lebih peduli terhadap diri sendiri.

Itulah cara memutihkan ketiak secara alami serta mencegahnya hitam. Tidak ada jaminan keberhasilan, semua tergantung pada keyakinan dan kerja keras Anda dalam melaksanakan. Semoga berhasil, jangan lupa bagikan artikel ini kepada kerabat Anda di sosial media. Salam sehat!