Terapkan 5 Kebiasaan Ini untuk Cegah Komedo Datang Lagi

Terapkan 5 Kebiasaan Ini untuk Mencegah Komedo Hitam dan Putih Datang Lagi!

Apa anda memiliki komedo yang membandel? Sudah berulang kali membersihkan komedo namun masih terus muncul? Sudah pakai puluhan porepack namun tidak pernah efektif?

Cegah Komedo

Komedo memang menjadi masalah kulit yang umum terjadi namun terbilang sulit untuk diatasi secara menyeluruh. Facial menjadi salah satu metode yang paling praktis untuk membersihkan komedo secara optimal sekaligus memberikan perawatan dan pembersihan menyeluruh pada wajah. Namun mungkin anda merasa komedo masih terus muncul dan harus kembali melakukan facial setelah beberapa saat. Anda bisa jadi mulai berpikiran, benarkah tak ada cara untuk mengenyahkan komedo dari wajah secara permanen?

Tapi pernahkah anda menjumpai seseorang yang wajahnya bersih dari komedo? Bisa jadi, bukan komedo yang tak bisa dihilangkan dari wajah anda namun ada kebiasaan buruk yang terus anda lakukan sehingga mengundang komedo tersebut untuk datang kembali. Hal itulah yang menjadikan anda harus terus menguras kantong untuk terus melakukan facial atau membeli porepack lagi.

Sebelumnya, anda perlu mengetahui penyebab datangnya komedo yakni adanya penyumbatan pada pori-pori oleh minyak yang bercampur dengan bakteri. Hal ini bukan hanya terjadi secara alami tanpa sangkut-paut kebiasaan anda sehari-hari. Pola hidup kurang sehat seperti senang makan gorengan, banyak merokok atau minum alkohol, sering begadang dan kurang tidur malam ternyata juga dapat memicu munculnya komedo. Bisa jadi, hal tersebutlah yang membuat komedo terus datang kembali mengganggu kulit anda.

Pilihlah metode pembersihan komedo yang paling efisien untuk anda sebagai bentuk pemberantasan secara menyeluruh, baik lewat peeling, facial atau perawatan lain dengan bahan alami, pembersihan manual hingga dengan bantuan tenaga bersertifikasi di klinik kecantikan. Dan agar komedo enyah secara permanen dari wajah, anda perlu menerapkan kebaisaan berikut ini.

1. Perhatikan produk perawatan sehari-hari


Anda mungkin lengah terhadap kandungan comedogenic produk kosmetik atau perawatan kulit anda sehari-hari. Produk yang comedogenic dapat menyumbat pori-pori dan mengundang datangnya komedo di kemudian hari. Pelajari tentang kandungan tersebut dan pastikan bahwa produk yang anda pakai tidak menjadi bumerang bagi anda. Jangan ragu untuk beralih ke produk lain demi mencegah kembalinya komedo.

2. Gunakan sabun cuci muka pencegah komedo


Mencuci muka saja tidak akan efektif dalam menghilangkan komedo meski produk yang dipakai berfungsi membersihkan komedo. Namun, anda bisa mengandalkan sabun cuci muka yang menjanjikan dapat mencegah datangnya komedo. Sabun muka jenis ini setidaknya akan mendukung usaha pembersihan komedo yang sudah dilakukan.

3. Jaga kebersihan wajah


Jika anda lalai menjaga kebersihan kulit, maka usaha pembersihan komedo anda akan sia-sia. Selalu hapus riasan anda sampai bersih setelah tak diperlukan lagi, khususnya sebelum tidur malam. Selain itu, jangan sembarangan menyentuh kulit wajah dengan tangan yang kotor. Biasakan untuk mencuci tangan dengan sabun sebelum menyentuh wilayah wajah, khususnya bila sedang flu dan jangan ragu mencegah orang lain yang sembarangan menempelkan tangannya ke muka anda.

4. Jaga kebersihan barang


Pastikan bahwa barang-barang yang biasa anda jadikan tumpuan wajah terjaga kebersihannya, seperti halnya boneka, bantal atau guling. Cuci sprei dan selimut secara rutin dan usahakan untuk tidur dengan posisi terlentang.

5. Gaya hidup sehat


Seperti yang sudah dibahas di atas, datangnya komedo juga bisa dipancing oleh pola hidup yang tidak sehat, maka kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut perlu anda hentikan. Kurangi konsumsi makanan berlemak khususnya gorengan dan perbanyak minum air putih.