Ingin Ganti Kosmetik Ayo Netralkan Kulit Wajah dengan Cara Ini!

Ingin Ganti Kosmetik? Ayo Netralkan Kulit Wajah dengan 4 Cara Ini!

Perkembangan bisnis di bidang produk perawatan kecantikan tampaknya tak mengenal masa surut. Produk demi produk terus bermunculan, bahkan merk-merk baru dengan keunggulan masing-masing ikut meramaikan pasar.

Dalam hal ini tentunya iklan dan promosi yang digemborkan semakin gencar, berusaha memancing para wanita untuk beralih pada produk mereka. Dengan keunggulan menggiurkan yang dijanjikan dalam iklan juga testimoni-testimoni yang beredar, apakah anda berpikiran untuk berganti produk?


2 Pertimbangan Sebelum Ganti Kosmetik Wajah


Sebelum anda memutuskan untuk beralih dari produk yang anda pakai sekarang, anda perlu melakukan beberapa pertimbangan. Yang pertama, bila anda sudah bertahun-tahun memakai produk tersebut dan hasilnya kulit tidak mengalami kerusakan atau efek samping apapun, tandanya anda cocok dengan produk tersebut. Ada baiknya anda tak perlu berganti produk. Kecuali jika ada kebutuhan kulit yang tak terpenuhi, maka anda bisa menambahkan rangkaian produk baru untuk mencukupi bila memang memungkinkan.

Yang kedua, pastikan bahwa anda tak mudah bergonta-ganti produk karena ini akan berbahaya. Jangan mudah tergiur dengan iming-iming sales toko kecantikan yang memang sangat piawai merayu, khususnya bila anda baru memakai produk yang anda gunakan selama beberapa bulan dan pemakaiannya kurang rutin. Hanya karena kulit anda tak segera bersih cerah seperti yang dijanjikan, bukan berarti anda tidak cocok dan perlu berganti. Bila tidak ada efek samping yang ditimbulkan, anda perlu lebih telaten dalam memakai produk tersebut.

Yang terpenting adalah, pastikan produk yang anda pakai aman dan terdaftar di BPOM. Bila anda merasa ‘aman’ dengan produk abal-abal yang mengandung merkuri atau bahan kimia berbahaya lain, anda telah mempertaruhkan kondisi kulit anda di masa depan. Ketika jelas bahwa produk yang anda pakai tidak jelas kandungannya dan tak terdaftar BPOM, anda tak perlu ragu untuk segera beralih ke produk lain yang aman.

Dan sebelum anda berganti produk, pastikan bahwa pilihan anda yang baru sudah sesuai dengan jenis kulit anda. Jangan ragu untuk berkonsultasi terlebih dulu dan jangan mudah tergiur oleh hasil pemakaian pada orang terdekat anda. Dan sebelum memakai produk yang baru, anda perlu melakukan penetralan agar produk anda bisa bekerja dengan lebih sempurna dan tidak menimbulkan masalah pada kulit.

Adapun rangkaian untuk menetralkan kulit wajah adalah:

  • Kurangi intensitas pemakaian produk sebelumnya menjadi 2-3 hari sekali sebelum benar-benar berhenti dan tak memakainya sama sekali selama 3-7 hari.
  • Tetaplah cuci muka secara rutin 2-3 kali sehari dengan sabun berbahan alami atau sabun bayi, dan gunakan hanya tabir surya serta bedak bayi dan pelembab bibir untuk riasan sementara.
  • Penuhi kebutuhan air dengan minum setidaknya 8 gelas air per hari serta imbangi dengan istirahat yang cukup.
  • Beri nutrisi pada wajah dengan bahan-bahan alami seperti masker buah timun/tomat, mengoleskan madu/minyak zaitun sebelum tidur dan perawatan menggunakan air jeruk nipis yang berfungsi membersihkan sisa-sisa bahan adaktif kosmetik. Bila tumbuh jerawat, anda bisa mengatasi dengan kompres air hangat atau air teh hijau yang dibekukan.