Cara Rumahan Berantas Komedo yang Membandel

3 Cara Rumahan Menghilangkan Komedo Hitam dan Putih yang Membandel Dengan Cepat

Salah satu masalah kulit yang sulit diatasi adalah komedo. Komedo terbentuk dari minyak dan kotoran atau bakteri yang menyatu dan menyumbat pori-pori kulit. Di daerah wajah, komedo biasanya banyak bermunculan di wilayah hidung, dagu, pipi dan dahi. Selain itu, komedo juga bisa muncul di kulit bagian tubuh yang lain seperti di punggung, dada, bahu dan sekitarnya. Sebab tak mengalami inflamasi, komedo tidak terasa perih seperti halnya jerawat.

Berantas Komedo yang Membandel

Penyebab dan Cara Menghilangkan Komedo Hitam dan Putih


Komedo yang tumbuh pada dasarnya terdiri dari dua macam, komedo hitam dan putih. Dua jenis ini bukan semata-mata berdasarkan warnanya saja. Komedo hitam adalah komedo dengan jenis terbuka, dalam artian dapat dilihat oleh mata sebagai kotoran yang menyumbat pori-pori dan menjadikan kulit terasa kasar ketika diraba. Komedo ini berwarna putih, kekuningan, atau kehitaman sebab telah teroksidasi dan seringkali dapat dihilangkan dengan cara dipencet.

Jenis lainnya, komedo putih, adalah jenis komedo tertutup yang artinya tersembunyi di balik kulit dan terlihat hanya seperti benjolan-benjolan kecil pada kulit. Untuk membersihkannya maka perlu ditusuk terlebih dahulu untuk mengeluarkan isinya. Namun, cara ini dapat menimbulkan luka dan mengundang bakteri masuk ke kulit. Cara yang lebih aman adalah dengan mengoleskan salep atau krim retinoid yang akan membuat komedo terbuka secara otomatis sehingga mudah dibersihkan. Akan tetapi, penggunaan krim ini harus disertai dengan tabir surya dan harganya juga tidak murah.

Membersihkan komedo memang tak cukup dengan pemakaian sabun muka tertentu saja meski produk tersebut mengklaim dapat memberantas komedo. Lagipula, semakin sering mencuci muka dengan sabun dapat menyebabkan wajah kering. Padahal, tanda kulit sehat meliputi kelembaban yang terjaga.

Untuk memaksimalkan usaha menghilangkan komedo, anda mungkin perlu menerapkan cara-cara berikut ini.

1. Gunakan jeruk nipis

Jeruk nipis kaya akan vitamin C yang berfungsi sebagai agen pembersih. Jeruk nipis juga dapat mengontrol kandungan minyak berlebih pada kulit yang menjadi penyebab komedo. Cara perawatan dengan jeruk nipis adalah dengan mengoleskan air perasannya ke daerah kulit yang berkomedo dan memberikan pijatan ringan. Diamkan selama 15-20 menit atau sampai mengering sebelum dibilas. Pemakaian di wajah mungkin akan menimbulkan rasa panas atau perih, dan sebaiknya batasi cara ini 1-2 kali saja dalam seminggu untuk menghindari iritasi atau kulit kering.

2. Scrub dengan baking soda

Untuk membersihkan komedo, scrubbing perlu dilakukan. Gunakan baking soda yang dilarutkan dalam air hangat hingga membentuk pasta untuk digosokkan secara perlahan ke kulit. Anda bisa juga menggunakan pasta gigi sebagai campuran namun mungkin akan sedikit menimbulkan rasa panas. Gosok dengan lembut menggunakan jari atau dengan bantuan sikat gigi bersih berbulu halus dan diamkan 15 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

3. Porepack alami dengan putih telur atau gelatin

Kandungan protein dan asam amino dalam jeruk nipis dapat membantu mengecilkan pori-pori. Kocok putih telur bersama perasan jeruk nipis untuk mengurangi bau amis dan oleskan ke kulit dengan bantuan kuas. Tunggu hingga mengering sebelum dibersihkan dengan cara dikelupas atau dibilas menggunakan air hangat. Jika tidak ingin menggunakan putih telur, bubuk gelatin tawar bisa menjadi alternatif. Panaskan sesendok gelatin dan susu bubuk atau susu murni ke dalam microwave hingga mencair lalu aduk dan aplikasikan pada wajah seperti pemakaian putih telur.