6 Tips Agar Wajah Tak Lagi Belang Meski Berjilbab

Tips Agar Wajah Tak Lagi Belang Meski Berjilbab

Tren hijab atau jilbab sedang gencar meramaikan pasar fashion, dari jenis pashmina hingga instan, yang trendy hingga yang syar’i. Namun entah bagaimanapun jenis jilbab yang dipakai, wanita seringkali tak bisa lepas dari resiko kulit wajah belang. Adanya sebagian area wajah yang tertutupi menjadikan paparan sinar UV yang mengubah pigmen melanin tidak merata, yang mengakibatkan adanya perubahan warna pada kulit yang tidak tertutup kain jilbab. Warna belang yang kontras antara area wajah dengan pelipis dan pipi bagian dalam terkadang mengurangi rasa kepercayaan diri.

Belang yang terjadi pada kulit wajah bukan tak bisa diatasi. Namun setelah warna kulit kembali merata, ada baiknya untuk melakukan perawatan pencegahan agar wajah tak kembali belang setelah beraktivitas di bawah matahari dengan berjilbab. Untuk menyamarkan belang pada wajah, berikut langkah yang bisa anda terapkan.

Tips Agar Wajah Tak Lagi Belang Meski Berjilbab

1. Perawatan dengan jeruk nipis


Untuk menghilangkan belang, rutinkan perawatan dengan mengoleskan air perasan jeruk nipis sebanyak 1 – 2 kali dalam seminggu. Kandungan dalam jeruk nipis membantu mengatasi hiperpigmentasi dan mencerahkan kembali warna kulit anda. Agar tidak perih, air perasan jeruk nipis bisa dicampur dengan putih telur atau susu bubuk yang dijadikan masker wajah. Tunggu hingga mengering dan meresap pada kulit sebelum dibilas.

2. Perawatan dengan minyak zaitun


Minyak zaitun sudah lama dikenal sebagai bahan yang mempunyai banyak manfaat bagi kecantikan. Untuk mengatasi belang, anda bisa menerapkan pemakaian minyak zaitun secara merata ke wajah sebelum tidur. Aplikasikan pada wajah yang sudah dibersihkan dan jadikan minyak zaitun sebagai penutrisi wajah selama anda tidur.

3. Gunakan masker pemutih


Untuk mencerahkan kembali warna kulit yang belang akibat paparan matahari, penggunaan masker pemutih setidaknya tiga kali dalam seminggu mungkin anda perlukan. Anda bisa memakai masker instan dengan bahan bengkuang yang banyak dijual di pasaran, atau membuatnya sendiri dari bahan-bahan alami. Adapun bahan-bahan yang bisa anda manfaatkan yaitu buah lemon yang sudah dikenal luas sebagai agen pemutih, yogurt, madu dan susu, mentimun, kunyit dan yang lain. Pastikan wajah sudah dibersihkan sebelum mengaplikasikan masker agar kandungannya dapat meresap sempurna pada kulit.

4. Scrub wajah 


Penggunaan scrub bermaksud untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk pada wajah anda, yang juga bisa menjadi faktor penyebab kusamnya wajah. Pemakaian scrub tidak perlu sering-sering, setidaknya lakukanlah sekali dalam seminggu.

5. Gunakan tabir surya


Oleskan tabir surya setiap sebelum beraktivitas di luar ruangan di siang hari. Tabir surya dapat mencegah kulit mengalami pigmentasi yang menyebabkan belang pada wajah semakin nyata. Aplikasikan ulang setiap 2 – 3 jam agar wajah terus terlindungi.

6. Pilih pelembab wajah yang sesuai


Setelah tabir surya, anda dapat menerapkan pemakaian pelembab wajah untuk menambah perlindungan dari sinar UV. Gunakan pelembab yang sesuai, dan pilih yang mengandung agen whitening bila perlu. Pastikan untuk terus mengaplikasikan tabir surya dan pelembab wajah sebagai pelindung wajah meski warna kulit wajah anda sudah merata, agar kulit tak kembali belang di kemudian hari walaupun anda aktif beraktivitas di bawah matahari siang.