-->

Ad Unit (Iklan) BIG

6 Cara Ampuh Mengatasi Rambut Bercabang

Ini 6 Cara Ampuh Mengatasi Rambut Bercabang

Rambut adalah mahkota wanita. Baik lurus atau keriting, panjang maupun pendek, kondisi rambut yang sehat merupakan kunci utama dari rambut yang indah. Namun, seringkali hal-hal yang tak disadari membuat kita lalai dari kondisi rambut sehingga mendatangkan berbagai masalah seperti rambut lepek, berketombe, ataupun bercabang.

Kondisi rambut bercabang adalah keadaan di mana rambut kekurangan nutrisi pada kutikulanya. Kutikula adalah lapisan yang membungkus rambut dan mengikatnya. Kondisi kutikula yang kurang ternutrisi menjadikan ikatannya melemah sehingga menjadikan ujung rambut terpecah dan terbentuk semacam cabang. Kondisi ini mengurangi keindahan rambut dan seringkali diiringi dengan keadaan rambut yang kering dan memerah akibat paparan sinar matahari.

Cara Ampuh Mengatasi Rambut Bercabang

Adapun penyebab terjadinya rambut bercabang antara lain:

  • Kurangnya nutrisi pada rambut
  • Rambut mengalami penuaan (ditandai dengan kondisi yang semakin memanjang)
  • Sering terpapar sinar matahari
  • Penggunaan alat penata rambut yang menyalurkan panas seperti catok beserta bahan-bahan kimia seperti obat pelurus rambut atau hair spray
  • Kebiasaan mengeringkan rambut dengan cara digosok-gosok bagian ujungnya menggunakan handuk dengan kasar

Salah satu hal tersebut mungkin menjadi pemicu terjadinya kerusakan pada rambut anda berupa munculnya cabang. Adapun cara untuk menghilangkan cabang ini tentunya dengan memotong ujung-ujung rambut yang bercabang agar bagian yang terbelah tidak semakin memanjang. Anda mungkin memerlukan bantuan orang lain untuk melakukan ini.

Selain itu, anda juga perlu menerapkan beberapa perawatan guna mengembalikan kondisi rambut seperti semula dan terbebas dari cabang. Cara-caranya adalah:

  • Memotong ujung rambut secara rutin setidaknya 3 – 5 bulan sekali. Bagian rambut yang paling ujung adalah bagian yang paling tua, dan anda perlu memangkasnya guna menjaga keindahan rambut.
  • Mencuci rambut secara rutin menggunakan sampo yang sesuai, khususnya yang memberikan perawatan pada rambut yang rusak. Keringkan rambut dengan cara membungkusnya dengan handuk tanpa menggosok-gosok ujungnya atau dengan bantuan kipas angin.
  • Menutrisi secara rutin dengan vitamin rambut atau bahan-bahan alami, khususnya di bagian ujung rambut yang perlu dilembabkan. Adapun bahan-bahan alami yang bisa anda gunakan untuk menutrisi rambut yaitu minyak zaitun. Anda juga bisa sesekali mengaplikasikan masker rambut dari bahan alami berupa buah alpukat yang dihaluskan, madu, atau putih telur.
  • Terapkan gaya hidup sehat dengan mencukupi nutrisi bagi tubuh dan memperbanyak konsumsi air putih.
  • Mengurangi penggunaan alat-alat penata rambut yang bekerja dengan menyalurkan panas dan pemakaian bahan-bahan kimia. Bila anda tidak bisa menghindari, maka imbangilah dengan vitamin rambut dan sampo yang mampu memulihkan kondisi rambut.
  • Gunakan penutup kepala saat beraktivitas di bawah terik matahari. Anda bisa menggunakan hoodie, topi lebar, atau kerudung.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter