Kulit Ketiak Hitam? Kenali 5 Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Kulit Ketiak Hitam? Kenali 5 Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Kulit Ketiak Hitam? Kenali 5 Penyebab dan Cara Mengatasinya!


Walau tersembunyi, kondisi ketiak yang kurang indah tentu bisa menimbulkan keresahan tersendiri, khususnya bagi yang hobi mengenakan pakaian tanpa lengan. Kondisi kulit ketiak idaman adalah yang bersih, halus, dan cerah. Ketiak yang mulus tanpa bulu juga terkadang menjadi impian tersendiri, sehingga jasa untuk menghilangkan bulu pun mulai bermunculan. Namun, seringkali masalah yang lebih mengganggu adalah kulit ketiak yang menggelap setelah dilakukan berbagai macam usaha perawatan.

Kulit ketiak yang hitam tentu tidak enak dilihat. Meski tidak berbau, kondisi tersebut dapat mengurangi kepercayaan diri secara drastis. Bila kondisi kulit ketiak anda gelap, mungkin salah satu hal berikutlah yang menjadi penyebabnya.

Kulit Ketiak Hitam? Kenali 5 Penyebab dan Cara Mengatasinya!

1. Kesalahan dalam mencukur


Cara terpraktis untuk menghilangkan bulu ketiak agar mendukung penampilan adalah dengan mencukurnya. Namun, seringkali kecerobohan menjadikan usaha ini berdampak menjadikan kulit ketiak hitam. Cara yang tepat dalam mencukur bulu ketiak adalah menggunakan bantuan krim cukur, dengan gerakan dari atas ke bawah. Lebih baik dilakukan ketika mandi di saat kondisi kulit masih bersih dan lembab. Jangan lupa untuk membasuh dengan air dingin setelahnya untuk menghindari iritasi.

Dan yang tak kalah penting juga, kesterilan alat cukur juga harus dijaga. Simpan di tempat yang tidak lembab dan gunakan untuk keperluan pencukuran ketiak anda sendiri. Gunakan pisau cukur yang tajam dan gantilah bila sudah tumpul atau setelah beberapa bulan.

2. Sel kulit mati yang menumpuk


Timbunan sel kulit mati yang berpadu dengan bakteri dari keringat yang berkumpul di ketiak dapat menyebabkan kulit ketiak hitam. Untuk itu, membersihkan area ketiak dengan sabun jangan sampai ditinggalkan ketika mandi. Aplikasikan pula deodoran pada kulit ketiak agar produksi keringat bisa lebih terkontrol. Selain itu, jangan lupa untuk membersihkan kembali ketiak anda dari deodoran di malam hari sebelum tidur.

3. Hiperpigmentasi


Perlu anda ketahui bahwa kecerahan kulit ketiak bergantung pada warna kulit anda sendiri. Orang yang terlahir dengan warna kulit yang gelap sudah pasti warna kulit ketiaknya akan mengikuti. Namun jika anda menemukan kontras warna, bisa jadi hiperpigmentasi pada ketiak disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon akibat pemakaian obat tertentu atau gejala penyakit. Termasuk ketika seorang wanita sedang hamil, produksi melanin yang memberi warna pada kulit mengalami peningkatan sehingga kulit ketiak juga bisa menggelap.

4. Salah deodoran


Pemilihan produk yang salah juga berdampak menjadikan warna kulit ketiak menggelap akibat iritasi. Kulit bagian ketiak termasuk bagian kulit yang sensitif, maka anda perlu lebih selektif dalam memilih jenis deodoran. Segera hentikan pemakaian bila kulit terasa panas atau perih. Perhatikan pula kondisi kulit ketiak sebelum mengaplikasikan deodoran, pastikan tidak ada luka bekas mencukur atau akibat mencabut bulu.

5. Pakaian yang terlalu ketat


Bila anda sering memakai pakaian yang terlalu ketat di bagian tangan, gesekan terus-menerus antara kain dengan ketiak anda bisa menjadikan warna kulit menghitam. Ada baiknya untuk memakai pakaian yang longgar dengan bahan lembut dan menyerap keringat.

Kulit Ketiak Hitam? Kenali 5 Penyebab dan Cara Mengatasinya! | Afrianti Rahayu | 5