Jaga Mata Tetap Indah dengan Cara Ini

Jaga Mata Tetap Indah dengan 4 Tips Praktis Ini!

Mata yang disebut-sebut sebagai jendela hati seringkali menjadi daya tarik utama bagi seseorang. Seseorang dengan mata yang indah akan terlihat lebih memukau. Keindahan mata ini tak selalu berasal dari riasan, namun dari keadaan alami mata itu sendiri.

Mata yang indah secara alami adalah mata yang segar, cerah, tidak memiliki lingkar hitam dan kantung mata yang membesar, serta bebas dari kerutan. Bentuk mata dan bulu yang membingkai menjadi nilai plus tersendiri, namun kesehatan kondisi mata lah yang paling utama.

Kerutan yang terjadi di area sekitar mata muncul ajibat pertambahan usia dan berkurangnya kadar kolagen yang menjadi kunci elastisitas kulit. Namun, beberapa kebiasaan buruk dan paparan sinar UV kini bisa menjadi penyebab kulit mengalami penuaan dini dan rentan keriput sebelum waktunya.
Adapun kantung mata terbentuk dari cairan tubuh atau lemak yang tidak dapat dibuang secara sempurna. Sedangkan lingkaran hitam pada mata bisa muncul akibat stres, kurang tidur, faktor keturunan atau usia, juga polusi. Di sisi lain, lingkar hitam pada mata juga dapat menjadi gejala adanya penyakit seperti anemia atau hepatitis, juga tubuh yang mengalami dehidrasi. Selain itu, gangguan yang bisa muncul adalah milea atau timbulnya bintik-bintik lemak di sekitar area mata.

Agar mata terbebas dari masalah-masalah tersebut, anda perlu melakukan kebiasaan rutin di bawah ini guna mendapatkan mata yang indah secara alami.

Jaga Mata Tetap Indah

1. Gaya hidup sehat

Penuhi kebutuhan nutrisi dan cairan tubuh. Perbanyak konsumsi makanan sehat dan cukupi konsumsi air harian anda. Lakukan olahraga ringan secara rutin dan kurangi begadang sehingga memangkas waktu beristirahat anda. Kurangi pula konsumsi alkohol juga kafein karena dapat membuat tubuh dehidrasi.

2. Berhenti mengucek mata

Bila anda memiliki kebiasaan mengucek atau menggosok mata setiap bangun tidur atau ketika ada kotoran yang masuk, anda perlu belajar menahan diri. Kulit di sekitar mata adalah kulit yang amat sensitif yang rentan mengalami kerutan dan iritasi. Jika anda merasa harus menyentuh mata, maka pastikan tangan anda sudah steril dan dicuci menggunakan sabun. Untuk membersihkan mata yang termasuki debu atau kotoran, cukup kedip-kedipkan mata secara terus-menerus. Menguceknya bisa membuat kotoran makin masuk ke mata.

3. Kompres mata

Untuk mendapatkan mata yang indah, perawatan dengan bahan-bahan alami dapat anda lakukan. Cara yang paling umum adalah dengan mengompres mata dengan potongan mentimun dingin. Sebagai alternatif, anda dapat menggunakan es batu atau sendok yang sudah didinginkan. Anda juga bisa menggunakan kantong teh celup yang baru saja diseduh atau dengan mendinginkannya terlebih dulu. Lakukan secara rutin setiap hari agar hasilnya optimal.

4. Oleskan minyak zaitun sebelum tidur

Minyak zaitun dapat menutrisi dan melembabkan kulit di sekitar mata, sehingga dapat menyamarkan atau mencegah kerutan. Pastikan untuk memberikan pijatan ringan dengan gerakan lembut yang memutar guna memberikan stimulus pada kulit area mata. Lakukan secara rutin setiap malam berikut pengaplikasian pada bulu-bulu mata anda. Mata yang indah dengan bulu mata yang panjang dan lentik pun bisa menjadi milik anda.

Nah itulah semua agar wajah kalian terlihat indah dan selalu terjaga..