5 Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan dan Kecantikan Tanpa Efek Samping

5 Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan dan Kecantikan Tanpa Efek Samping

Makin Cantik dengan Teh Hijau

Teh memang menjadi salah satu minuman terfavorit di dunia. Selain nikmat, teh pun memiliki banyak khasiat. Ada banyak jenis teh yang diproduksi di seluruh dunia, dan salah satunya adalah teh hijau. Teh hijau dikenal dengan khasiatnya yang baik bagi kesehatan tubuh, dan juga mendukung program diet. Di sisi lain, teh hijau kini banyak digunakan sebagai bahan baku produk-produk kecantikan.

Mari kupas lebih dalam tentang manfaat teh hijau bagi kecantikan.

Makin Cantik dengan Teh Hijau

1. Memperlambat penuaan

Kandungan antioksidan yang tinggi menjadi kunci dari manfaat anti-aging pada produk-produk perawatan kulit berbahan dasar teh hijau. Antioksidan bertugas mempercepat terjadinya perbaikan pada sel-sel kulit, sehingga mencegah terjadinya kerusakan pada kulit yang menjadi penyebab penuaan. Kandungan vitamin E nya juga baik bagi kulit agar menjaganya tetap halus dan kencang.

2. Mengontrol kelebihan minyak

Masalah kulit wajah berminyak bisa tertolong dengan kandungan tanin pada teh hijau yang dapat membantu mengecilkan pori-pori kulit serta menekan produksi sebum atau lemak oleh kelenjar kulit. Ini juga dapat mengurangi resiko komedo.

3. Mengatasi jerawat

Selain terbantu dengan fungsinya yang mengontrol kelebihan minyak pada wajah, teh hijau dengan kandungan katekinnya berkhasiat menangani berbagai jenis bakteri yang dapat menimbulkan jerawat. Selain itu, zat anti-inflamasinya juga berguna meredakan peradangan yang terjadi pada kulit yang berjerawat.

4. Menjadi tabir surya alami

Kandungan dalam teh hijau yang berupa tanin, theobromine  serta polifenol berfungsi untuk melawan efek buruk dari sinar UV. Selain melindungi kulit, teh hijau juga mampu mendinginkan dan meredakan kulit yang terbakar akibat paparan matahari.

5. Mengatasi kantung mata dan mata panda

Pola hidup yang tidak sehat khususnya bila tidur malam kurang dan tidak teratur dapat menimbulkan kantung mata serta lingkarang mata yang menghitam. Kandungan antioksidan, vitamin K serta tanin dalam teh hijau membantu melancarkan peredaran darah di sekitar mata sehingga kantung mata yang menggembung dapat mengempis secara perlahan. Selain itu, area kulit di sekitar mata yang gelap juga dapat tercerahkan.

Untuk mendapatkan manfaat-manfaat tersebut, anda bisa mulai melirik varian produk perawatan kulit yang mengandung teh hijau, atau mulai melakukan perawatan alami dengan teh hijau.

Pertama, anda bisa merutinkan mencuci wajah di pagi hari menggunakan air seduhan teh hijau tanpa gula yang didiamkan semalaman. Anda bisa menggunakan dua atau tiga kantung teh hijau untuk menyeduh satu baskom air.

Yang kedua, menyimpan air teh hijau pekat dalam botol spray dan menaruhnya ke dalam kulkas. Face spray alami ini bisa anda pakai untuk menyegarkan dan mendinginkan wajah anda sehari-hari, khususnya setelah beraktivitas di siang hari.

Selanjutnya, membekukan air teh hijau dalam cetakan es batu untuk dikompreskan ke wajah dan mata. Anda bisa juga menggunakan kantung teh hijau celup bekas seduhan untuk diaplikasikan pada mata secara langsung atau mendinginkannya terlebih dulu.

Anda bisa juga membuat scrub alami dari tumbukan daun teh hijau yang dicampur madu untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk sehingga kulit wajah anda terhindar dari kusam dan terlihat lebih cerah.

5 Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan dan Kecantikan Tanpa Efek Samping | Afrianti Rahayu | 5