Daftar Makanan Sehat Yang Kaya Akan Probiotik Alami

Daftar Makanan Sehat Yang Kaya Akan Probiotik Alami

Daftar Makanan Sehat Yang Kaya Akan Probiotik Alami | Di dalam tubuh terdapat banyak sel bakteri yang hidup didalam sistem pencernaan. Peranan bakteri di dalam usus berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Sehingga jumlah bakteri di dalam usus harus selalu terjaga keseimbangannya. Dengan adanya jumlah bakteri yang seimbang, akan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi meningkat serta membantu menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh dan berbagai hal lain yang memiliki hubungan erat dengan kesehatan. Akan tetapi banyak orang yang kurang memperhatikan hal tersebut, dan jarang mengkonsumsi makanan-makanan sehat yang banyak mengandung probiotik. Bahkan makanan saat ini cenderung lebih banyak mengandung gula yang justru akan membuat bakteri jahat berkembang di dalam usus.

Untuk membantu meminimalisir hal tersebut maka disarankan untuk memperbanyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung probiotik. Dan inilah 6 daftar makanan sehat yang kaya akan probiotik.

Daftar Makanan Sehat

Makanan Sehat Yang Kaya Akan Probiotik Alami.


  1. Cokelat Hitam.

Siapa yang tak suka dengan cemilan atau makanan enak dan lezat yang satu ini. Cokelat memang menjadi salah satu makanan yang paling banyak diminati oleh semua orang, bahkan tidak hanya anak-anak saja, tetapi baik orang dewasa dan orang tuapun tidak dapat menolak kelezatan dari cemilan cokelat ini. Meskipun dikenal memiliki efek yang merugikan pada tubuh, namun faktanya tidak selalu demikian. Sebab cokelat hitam ternyata memiliki kandungan probiotik yang baik untuk tubuh, bahkan cokelat hitam juga menyimpan kandungan antioksidan serta lebih rendah akan kandungan kalori.



  1. Yoghurt.

Yoghurt merupakan bahan makanan yang terbuat dari hasil fermentasi susu, baik susu sapi, domba ataupun kambing. Di dalam yoghurt tersimpan kandungan probiotik alami, dan juga kalsium yang baik untuk menjaga kesehatan tulang. Untuk mendapatkan manfaat yoghurt yang baik, maka disarankan untuk memilih jenis yoghurt yang berasal dari susu sapi atau kambing pemakan rumput organik.

  1. Keju Mentah.

Selanjutnya daftar makanan sehat yang kaya akan kandungan probiotik alami adalah keju mentah. Produk makanan hasil fermentasi susu memang dikenal banyak mengandung probiotik tinggi. Sehingga tak salah jika anda memilih keju sebagai salah satu alternatifnya. Namun untuk mendapatkan kandungan probiotik  yang tinggi pada keju, sebaiknya pilihlah keju yang tidak melewati proses pemanasan atau tidak dipasteurisasi. Akan tetapi khusus untuk ibu hamil ataupun yang sedang menyusui, tidak disarankan untuk mengkonsumsi keju mentah karena ditakutkan di dalamnya banyak terdapat bakteri yang merugikan.

  1. Salad.

Adapun makanan yang banyak mengandung probiotik alami selanjutnya yaitu salad yang terbuat dari fermentasi sayuran. Salad sayuran ini dikenal memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, karena mampu menjaga kesehatan sitem pencernaan. Biasanya salad ini digunakan untuk peengkap makanan lain yang dapat dicampur kedalam menu makan anda sehari-hari. Anda bisa memilih salad sauerkraut yaitu salah satu jenis salad yang tinggi akan kandungan probiotiknya.

  1. Susu Kedelai.

Bagi anda yang setiap harinya selalu rutin meminum susu, maka cobalah untuk menyelinginya dengan susu yang terbuat dari kedelai. Sebab susu kedelai ini banyak memiliki kandungan probiotik yang sangat baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dalam tubuh.

  1. Tempe.

Bahan makanan seperti tempe juga bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk mendapatkan asupan probiotik alami yang murah meriah. Selain mudah untuk didapatkan dan memiliki rasa yang enak, tempe juga kaya akan kandungan probiotik alami. Sebab tempe ini merupakan bahan makanan yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai yang sebelumnya sudah dimasak dengan cara direbus.

Itu dia beberapa jenis makanan sehat yang kaya akan probiotik alami, yang mudah dijumpai disekitar anda.

Daftar Makanan Sehat Yang Kaya Akan Probiotik Alami | Afrianti Rahayu | 5