Beragam Khasiat dan Manfaat Minyak Cengkeh Untuk Pengobatan

Beragam Khasiat dan Manfaat Minyak Cengkeh Untuk Pengobatan | Cengkeh merupakan salah satu jenis rempah asli dari Indonesia yang sangat kaya akan manfaat. Di dalam cengkeh ini terdapat kandungan minyak essensial yang bernama eugenol. Sudah dari dulu minyak cengkeh ini dimanfaatkan untuk berbagai hal, terutama difungsikan sebagai obat alami yang mampu menyembuhkan beragam penyakit. Kandungan minyak essensial pada cengkeh mengandung sifat anti bakteri, anti jamur, anti infeksi, dan juga anti peradangan yang dapat menyumbang banyak kegunaan untuk tubuh. Adapun manfaat minyak cengkeh untuk kesehatan tubuh antara lain adalah sebagai berikut.

Manfaat Minyak Cengkeh

Khasiat dan Manfaat Minyak Cengkeh Untuk Pengobatan dan Kesehatan.


  1. Menjaga dan Melindungi Jantung.

Salah satu manfaat minyak cengkeh untuk kesehatan tubuh yaitu ikut memberikan andil dalam memelihara kesehatan organ jantung. Hal ini dikarenakan adanya kandungan eugenol yang mampu mencegah terjadinya masalah pembekuan darah. Bekerja dengan cara menghangatkan tubuh, sehingga akan membuat aliran darah dalam tubuh semakin lancar. Apabila organ jantung terlindungi dengan baik, maka akan mencegah terjadinya penyakit lainnya yang berhubungan dengan penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi dan stroke.

  1. Mencegah Penyakit Kanker.

Siapapun anda pasti berisiko terserang penyakit kanker, maka dari itu anda harus bisa mencoba untuk melakukan pencegahan. Harus anda tahu bahwa tumbuhnya sel kanker dalam tubuh bisa terjadi akibat adanya virus, bakteri, dan juga racun yang tanpa sengaja masuk kedalam tubuh melalui makanan ataupun minuman. Euganol dalam minyak cengkeh bermanfaat untuk membasmi dan membunuh kandungan racun, serta virus atau bakteri sebelum berkembang dan memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

  1. Mengobati Penyakit Campak.

Jika anda sedang mencari obat alami untuk mengobati penyakit campak, maka anda dapat menggunakan ramuan cengkeh untuk membantu mengatasi campak tersebut. Cukup dengan meminum air rebusan cengkeh secara rutin sampai penyakit campak dapat berkurang dan sembuh.

  1. Mengobati Masalah Pegal-Pegal.

Saat tubuh dilanda pegal, anda tak perlu bingung lagi untuk mencoba mengatasinya. Ambilah minyak cengkeh dan gunakanlah untuk memijat bagian tubuh yang terasa pegal. Khasiat dari minyak cengkeh memang terbukti ampuh untuk mengobati pegal-pegal, sifat hangatnya akan memberikan sensasi yang luar biasa pada tubuh. Sehingga rasa pegalpun dapat berkurang dan hilang.

  1. Obat Batuk Alami.

Untuk anda yang saat ini sedang tersiksa akibat batuk berdahak, maka anda bisa memanfaatkan minyak cengkeh ini untuk membantu mengobati batuk tersebut. Cengkeh memiliki sifat ekspektoran yang berguna untuk mengencerkan dahak sehingga akan lebih mudah untuk dikeluarkan. Selain itu, sifat ekpektoran pada cengkeh juga bermanfaat untuk menghilangkan rasa gatal di tenggorokan, sehingga dapat mencegah atau mengurangi frekuensi batuk.

  1. Obat Sakit Gigi.

Banyak dari anda yang pastinya pernah atau bahkan sering mengalami sakit gigi. Hal ini seringkali menyebabkan rasa yang tidak nyaman, bahkan sangat mengganggu. Jika biasanya anda sering mengandalkan obat-obatan berbahan kimia untuk membantu mengobati sakit gigi, maka mulai sekarang bisa mencoba menggunakan minyak cengkeh ini untuk membantu mengatasi sakit gigi yang anda derita. Sifat analgesik dari minyak cengkeh bekerja membantu menenangkan saraf di gigi dan mengurangi timbulnya rasa sakit.

  1. Mengatasi Rasa Mual.

Biasanya saat anda melakukan perjalanan jauh, masalah mual seringkali datang  mengganggu dan hal ini sangat membuat anda merasa tidak nyaman. Untuk membantu menghilangkan rasa mual yang berlebihan, anda bisa mencoba untuk meminum air rebusan dari cengkeh dan cobalah untuk menghirup aroma segar dan hangatnya cengkeh ini.

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan.

Adapun khasiat dan manfaat minyak cengkeh untuk kesehatan adalah membantu melancarkan sitem pencernaan dalam tubuh. Tubuh yang sehat membutuhkan sistem pencernaan yang sehat pula, dan untuk membantu mencegah gangguan pada sitem pencernaan, maka bisa menggunakan bahan alami cengkeh. Sifat anti bakteri dan anti inflamasi pada cengkeh berguna menjaga sistem pencernaan agar senantiasa sehat dan terjaga dengan baik.

  1. Menjaga Sistem Pernapasan.

Dan khasiat minyak cengkeh untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu menjaga kesehatan sistem pernapasan. Adanya kandungan eugenol dari minyak essensial cengkeh ini terbukti mampu memberikan manfaat yang baik pada sistem pernapasan terutama untuk organ paru-paru.

Itulah beberapa manfaat dan khasiat minyak cengkeh untuk pengobatan dan kesehatan tubuh. Karena kandungan dalam minyak cengkeh ini tergolong kuat dan aktif maka sebaiknya perhatikan selalu takarannya dalam menggunakan minyak cengkeh ini. Agar manfaatnya bisa anda dapatkan tanpa memberikan efek samping yang mungkin ditimbulkan akibat pemakaian yang berlebihan.