Cara Menghilangkan Gatal-Gatal dengan Bahan Alami

Semua orang pasti memiliki kulit yang berbeda-beda. Anda pasti mengalami yang namanya gatal pada kulit, bahkan pasti anda tidak mengerti informasi mengenai obat gatal pada kulit. Pada saat anda melakukan aktivitas sangat kesal jika rasa gatal mengganggu anda yang sedang beraktivitas kerja maupun saat berada pada momen penting. Maka anda akan merasa malu jika harus menggaruk dan sangat menyiksa karena merasa gatal, anda akan kurang konsentrasi, waktu istirahat sangat terganggu, dan bahkan sulit akan tidur. Hal seperti menggaruk pada bagian kulit yang gatal bisa menyebabkan iritasi sehingga gatal yang diderita akan bertambah lebih parah.

Cara Menghilangkan Gatal-Gatal

Gatal-gatal pada kulit itu disebabkan banyak faktor, misalnya saja virus, bakteri, alergi, zat kimia, atau karena depresi/stres. Jadi jangan menganggap sepele masalah penyakit gatal ini, memang sekilas penyakit gatal pada badan, wajah dll. Jika ini dibiarkan masalah kecil maka akan memicu masalah besar. Namun, obat kulit gatal yang umumnya banyak digunakan oleh masyarakat adalah obat dalam bentuk bubuk atau krim. Banyak yang dijual di pasaran tidak menjamin anda yang memiliki kulit sensitif, bisa jadi pada kulit anda akan mengalami gatal dikulit. Pada akhirnya solusi untuk mengobati gatal-gatal pada kulit badan, wajah dll dengan memilih obat-obatan yang terbuat dari bahan alami.

Penyebab Umum Muncul Rasa Gatal


Faktor Makanan

Pada umumnya faktor makanan adalah penyebab utama yang bisa memicu gatal. Jadi, makanan yang anda konsumsi setiap hari seperti susu, telur, dan kacang-kacangan adalah jenis makanan yang menyebabkan rasa gatal. Maka anda harus mengurangi untuk mengkonsumsi makanan yang memicu gatal/alergi pada kulit badan, wajah anda.

Kurangnya Menjaga Kebersihan

Kurangnya dalam menjaga kebersihan pada kulit badan, wajah dll ini dapat menyebabkan rasa gatal-gatal/alergi pada kulit. Pada lingkungan yang bersih memiliki banyak manfaat untuk penderita penyakit gatal. Sedangkan, kebersihan pada badan dan wajah juga disarankan agar tidak menimbulkan rasa gatal pada kulit. Perlunya menjaga kebersihan sangat berpengaruh terutama pada saat melakukan aktivitas yang menimbulkan banyak keringat. Jika tidak penyakit pada kulit akan menyerang seperti panu, kurap, kudis dan lain-lain.

Akibat Gigitan Serangga

Mungkin pada anak-anak yang selalu bermain di luar rumah dan tempat-tempat yang kotor serangga itu muncul. Serangga itu seperti nyamuk dan sangat berbahaya bila terkena gigitannya. Akibatnya adalah demam berdarah terjadi karena kulit digigit oleh nyamuk.

Penyakit

Rasa gatal-gatal juga bisa terjadi bagi anda yang dapat memicu gatal di badan dan wajah seperti penyakit cacar air yang menyebabkan benjolan-benjolan penyakit cacar air mengering umumnya akan menyebabkan rasa gatal yang luar biasa.

Cuaca Lingkungan

Karena cuaca lingkungan yang tidak menentu maka cuaca lingkungan penyebab rasa gatal. Misalnya saja, pergantian cuaca yang mengakibatkan kulit anda sangat sensitif dan bisa memicu rasa gatal.

Cara Mengobati Gatal Secara Bahan-Bahan Alami


Lemon dan Minyak Kepala

Pertama adalah mengatasi gatal pada kulit dengan menggunakan jeruk lemon dan minyak kelapa. Cara mengobatinya adalah dengan mencampurkan lemon dan minyak kelapa dan kemudian mengoleskan campuran lemon dan minyak kelapa ke bagian kulit yang terasa sangat gatal. Kemudian terakhir yaitu membiarkan semalaman dan tunggu sampai rasa gatal itu berkurang dan hingga menghilang.

Ramuan herbal

Kedua adalah anda juga dapat menggunakan ramuan herbal seperti kunyit, temulawak dan dedaunan yang bisa mengobati rasa gatal. Cara mengobatinya adalah dengan menyiapkan kunyit dan temulawak, lalu kupas dan cuci kunyit da temulawak tersebut sampai bersih. Kemudian rebus dengan 2 gelas air hingga sebagian air tersisa separuhnya, lalu saring ramuan herbal. Dan terakhir minum secara rutin minimal dua kali dalam sehari hingga hasilnya rasa gatal menghilang.

Lidah Buaya

Rasa gatal yang berlebihan akibat alergi bisa menimbulkan bentol-bentol yang berisi cairan di dalamnya, dalam ketiga cara mengobati rasa gatal adalah menggunakan lidah buaya. Jenis tanaman ini sudah terbukti memiliki banyak manfaat penyakit kulit, baik kulit badan, kulit kepala, bahkan kulit wajah. Cara mengobatinya adalah dengan memotong daun lidah buaya, lalu oleskan cairan pada bagian kulit yang bermasalah/gatal-gatal. Kemudian sisa dari daun lidah buaya bisa di simpan di kulkas dan digunakan kembali setiap hari sehingga dapat menghilangkan rasa gatal.

Jahe

Keempat adalah menggunakan tanaman jahe yang kaya akan manfaatnya. Tanaman jahe ini bisa anda jadikan untuk menghilangkan rasa gatal dan bau tak sedap pada kulit. Cara mengobatinya adalah kupas jahe dan cuci sampai bersih, lalu sediakan cuka, gula merah, dan beras putih secukupnya. Kemudian bahan-bahan tersebut secara bersamaan dan tunggu air rebusan tersisa setengahnya, lalu tunggu sampai dingin lalu saring dan terakhir minum secara teratur setiap hari.

Kulit Pisang

Kelima adalah dengan pisang, dimana buah pisang ini bukan hanya buahnya saja yang dikonsumsi ternyata pada kulitnya yang hanya sebagian orang menganggap untuk dibuang ke tempat sampah ternyata mampu sebagai obat alami penyakit gatal. Cara mengobatinya adalah ambilkulit pisang dan tempelkan ke bagian kulit yang terasa gatal. Lalu pijat-pijat kulit pisang secara halus dan perlahan dan tunggu reaksinya. Kemudian lakukan secara rutin dan teratur hingga menghilangkan rasa gatal.

Daun Mahkota Dewa

Dalam daun mahkota dewa juga ampuh sebagai obat gatal pada kulit dan ampuh menghilangkan gatal. Caranya adalah kumpulkan daun mahkota dewa secukupnya, lalu cuci dengan menggunakan air hingga bersih, lalu haluskan dengan cara daun mahkota dewa ditumbuk, kemudian oleskan daun mahkota dewa yang telah dihaluskan pada kulit badan dan wajah yang gatal/iritasi, lakukan secara rutin dan teratur maka akan segera tumbuh.

Daun Biduri

Dalam daun biduri yang kedengarannya aneh ini dan langkah juga ampuh menghilangkan gatal pada badan dan wajah. Caranya adalah kumpulkan daun biduri secukupnya, lalu cuci hingga bersih dan haluskan/tumbuk daun biduri. Kemudian campurkan minyak kelapa dan oleskan pada kulit yang gatal dan mengalami iritasi, lakukan secara rutin dan teratur.

Daun Sirih dan Kulit Manggis

Daun sirih dan kulit manggis juga untuk mengobati gatal pada kulit badan,wajah dll. Caranya adalah sediakan daun sirih secukupnya, dan siapkan juga kulit manggis secukupnya, lalu cuci kedua bahannya sampai bersih, lalu rebus dengan air secukupnya, kemudian oleskan pada kulit yang gatal/iritasi secara rutin hingga menghilang dan sembuh.

Daun Kemangi

Daun kemangi adalah obat herbal juga bisa untuk meringankan gatal pada kulit. Daun kemangi juga mengandung zat yang bisa menyembuhkan gatal-gata. Caranya adalah siapkan daun kemangi secukupnya, lalu cuci sampai bersih, lalu mengosok-gosokkan pada bagian kulit yang gatal/iritasi, lakukan secara rutin dan setiap hari hingga sembuh.

Cuka Sari Apel

Pada cuka sari apel ini juga bisa digunakan untuk menyembuhkan gatal pada kulit terutama wajah yang berjerawat dan sebagai juga pengobatan alergi pada badan. Caranya adalah cukup teteskan cuka sari apel kedalam kapas, lalu oleskan pada kulit yang bermasalah. Kemudian lakukan secara rutin dan setiap hari hingga hasilnya baik dan menghilang rasa gatal-gatal/alergi