-->

Ad Unit (Iklan) BIG

4 Jenis Susu dan Manfaat Kesehatan yang Bisa Anda Dapatkan

Post a Comment
Susu merupakan salah satu minuman terbaik yang bisa kita dapatkan dengan mudah setiap hari. Selain rasanya yang lezat, susu juga dikemas dengan berbagai macam nutrisi yang siap memberikan anda manfaat kesehatan untuk tubuh secara keseluruhan, terutama tulang anda.

Orang Indonesia mungkin telah lama mengenal susu sapi karena merupakan jenis susu yang paling umum dikonsumsi. Padahal, masih terdapat banyak jenis dengan manfaat kesehatan yang sangat luar biasa. Sebut saja susu almond, susu kedelai, dan susu kelapa. Masing-masing jenis susu ini menyimpan kandungan nutrisi yang sangat unik.

Jenis Susu dan Manfaat Kesehatan

Nah, ingin tahu manfaat apa saja yang bisa anda dapatkan dari masing-masing susu tersebut? berikut adalah paparannya untuk anda.

Susu Almond

Sesuai dengan namanya, susu almond berarti susu yang berasal dari kacang almond namun seringkali dicampur air untuk menciptakan susu dari jenis itu sendiri. Faktanya, banyak sekali merk susu almond di luaran sana yang hanya menyertakan tidak lebih dari 5% almond di dalamnya.

Kacang almond sendiri sangat kaya akan berbagai macam nutrisi, mineral, dan vitamin seperti serat makanan, protein, karbohidrat, gula, zat besi, kalsium, magnesium, dan kalium. Dari segi rasanya, susu almond lebih banyak disukai oleh mereka yang hanya menyukai jenis susu nabati sehingga popularitasnya semakin meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir ini.

Sayangnya, beberapa merk yang lebih murah seringkali menggunakan zat pengental ke dalam susu almond tersebut sehingga bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Padahal, jika anda mampu memilih produk susu almond yang tepat (yang mungkin sedikit lebih mahal), maka terdapat beberapa hal positif yang bisa anda dapatkan.

Susu almond berkualitas tinggi cenderung bebas kolesterol dan memiliki kandungan sedikit kalori, sehingga sangat cocok bagi anda yang tengah menjalani diet menurunkan berat badan. Tetapi jenis susu ini tidak menyediakan kadar protein yang memadai.

Susu Sapi

Ini merupakan jenis susu yang paling populer dan paling banyak dikonsumsi oleh orang Indonesia – bahkan dunia – karena rasanya yang selain enak, harganya juga cenderung lebih terjangkau. Berbeda dengan susu almond, susu sapi sangat kaya akan protein, vitamin D, dan kalsium, tetapi dengan kandungan 150 kalori per cangkir di dalamnya.

Namun bagi mereka yang memiliki intoleransi terhadap laktosa, mengkonsumsi susu sapi bisa menjadi masalah yang serius. Selain itu, anda juga harus menghindari jenis susu sapi dengan kandungan banyak lemak jika anda memiliki masalah dengan jantung atau obesitas.

Susu Kedelai

Jenis susu populer kedua setelah susu sapi ini terbuat dari kacang kedelai dan bebas kolesterol karena berasal dari tumbuhan. Sama halnya dengan susu almond, susu kedelai juga sangat rendah kalori jika dibandingkan dengan susu sapi, dengan sekitar 130 kalori per cangkirnya. Kelebihan dari susu jenis ini adalah tidak terdapat laktosa sehingga bisa menjadi pengganti alternatif bagi mereka yang menderita intoleransi terhadap laktosa, serta sangat cocok bagi anda seorang vegetarian.

Kacang kedelai sendiri merupakan jenis sayuran yang sangat menyehatkan. Susu kedelai juga sangat kaya akan kalium, protein, dan kalsium. Susu jenis ini juga merupakan sumber yang baik dari vitamin A dan vitamin B12, dimana tidak akan anda temukan di jenis susu manapun.

Meskipun susu kedelai mengandung jumlah protein yang sama dengan susu sapi, tetapi masih aman dikonsumsi oleh mereka yang tengah menjalani diet menurunkan berat badan, karena susu ini mengandung kadar lemak jenuh yang sangat rendah.

Tetapi, salah satu sisi negatifnya adalah bisa memberikan efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan, terutama terhadap produksi hormon tiroid anda. Dengan begitu, bagi anda yang tengah menderita penyakit tiroid diharapkan untuk menghindari susu kedelai, atau setidaknya mendapatkan izin dari dokter.

Susu Kelapa

Masih termasuk ke dalam jenis susu yang populer, susu kelapa bisa berasal dari berbagai macam bentuk. Hal ini karena susu kelapa cenderung telah mengalami proses, sehingga bukanlah santan murni yang berasal langsung dari kelapanya.

Tetapi meskipun begitu, susu kelapa merupakan sumber yang sangat baik dari trigliserida rantai menengah, dimana bisa membantu tubuh anda membakar lemak lebih cepat. Selain itu, susu kelapa juga sangatlah kaya akan kalsium, kalium, dan vitamin lainnya. Berbeda dengan susu kedelai dan susu sapi, susu kelapa sangatlah rendah akan protein, sehingga tidak bisa dijadikan sebagai sumber nutrisi utama.

Namun, susu kelapa masih bisa memberikan berbagai macam keuntungan untuk anda. Faktanya, sebuah penelitian telah menemukan keterkaitan antara mengkonsumsi susu kelapa dengan meningkatnya kesehatan jantung, mengurangi berat badan, hingga mengurangi resiko anda terkena penyakit jantung.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter