-->

Ad Unit (Iklan) BIG

6 Vitamin Rekomendasi Untuk Ibu Hamil

Post a Comment
Menjaga asupan nutrisi sangat penting untuk menjaga kesehatan kamu yang sedang hamil. Piilihan menu makan dan juga pola makan yang teratur akan sangat membantu perkembangan dan pertumbuhan janin. Meskipun kamu yakin bisa menjani pola hidup sehat akan tetapi seringkali dokter atau bidan tetap menyarankan kamu untuk mengkonsumsi vitamin dan suplemen pilihan, lalu seberapa pentingkah vitamin dan suplemen itu sendiri untuk ibu hamil?

Dalam suatu kondisi tertentu tubuh manusia membutuhkanvitamin dan suplemen tambahan agar dapat membantu mengurangi resiko gangguan kesehatan. Seringkali vitamin yang dijumpai pada buah sayur kurang optimal karena proses memasaknya, salah satu contohnya adalah sayuran yang dibiarkan terlalu matang akan dapat menyebabkan vitamin hilang, padahal yang hilang tersebut sebenarnya adalah vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Pada ibu hamil dan juga menyusui dibutuhkan ekstra vitamin dan mineral yang cukupkarena kodisi tubuhnya harus menyediakan nutrisi untuk janin. Bahkan dalam pemberian vitamin dan suplemen sudah dapat kamu berikan pada saat kamu merencanakan kehamilan, kedua elemen yang sangat penting dalam kehamilan diantaranya adalah zat besi dan asam folat.

Kondisi yang berbeda pada setiap ibu hamil akan mendapatkan perlakuan yang berbeda juga dalam pemberian vitamin dan suplemen. Hal ini bertujuan untuk memberikan pencegahan kepada ibu hamil agar selama masa hamil dan menjelang persalinan kondisi tubuh tetap sehat.

Vitamin Untuk Ibu Hamil

Berikut ini adalah 6 vitamin dan suplemen yang direkomendasikan oleh dokter untuk ibu hamil :

  1. Vitamin B12

Vitamin B12 ini diberikan pada ibu hamil yang selama kehamilanmengalami kesulitan mengkonsumsi susu dan produk hewani.

  1. Asam folat

Asam folat sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi menjelang kehamilan dan juga selama masa kehamilan untuk membantu mengurangiresiko bayi terlahir cacat.

  1. Zat Besi

Suplemen yang disarankan selanjutnya adalah suplemen yang mengandung zat besi.Terlebih lagi apabila kamu memiliki riwayat anemia maka Zat Besi ini sangat diperlukan. Zat besi akan sangat membantu sekali dalam pemberian oksigen ke dalam darah sehingga bisa menunjang perkembangan otak janin.

  1. Vitamin C

Apabila ibu hamil sering mengalami anemia, maka dokter akan menyarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besidibarengi dengan vitamin C.

  1. Lemak Omega 3

Suplemen ibu hamil selanjutnya adalah lemak omega 3 yang bermanfaat dalam membantu perkembangan otak dan mata janin. Meskipun pada dasarnya lemak omega 3 dapat terpenuhi dengan mengkonsumsi ikan, akan tetapi kamu juga harus memperhatikan ikan tersebut, jangan sampai ikan yang kamu pilih banyak mengandung merkuri yang malah membahayakan janin.

  1. Kalsium

Sumber kalsium dapat diperoleh dari makanan seperti keju, susu, atau daging.Beberapa dokter menyarankan agarkamu mendapatkan lebih banyak kalsium tambahan. Hal ini bertujuan untuk menunjang pertumbuhan gigi dan tulang.

Maka bagi kamu yang sedang merencanakan kehamilan ada baiknyan melakukan pemeriksaan agar dapat mengetahui kecukupan nutrisi tubuh dalam mempersiapkan kebutuhan janin, termasuk juga dalam mengkonsumsi suplemen yang tepat dengan kandungan.Demikian 6 Vitamin rekomendasi untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter