-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Tips Aman Naik Pesawat saat Hamil Muda

Post a Comment
Tips Aman Naik Pesawat saat Hamil Muda - Banyak orang yang berpendapat ketika hamil muda adalah saat yang paling riskan pada sang ibu dan juga janin. Banyak hal yang dilarang dilakukan ketika hamil muda, salah satunya yaitu bepergian jauh. Sebenarnya bepergian jauh selama hamil muda tidak dilarang dengan syarat kondisi ibu hamil dalam keadaan sehat dan bugar. Bepergian dengan menggunakan pesawat terbang juga aman untuk ibu hamil. Beberapa orang takut Naik Pesawat saat Hamil Muda, banyak yang beranggapan akan banyak menimbulkan masalah terutama pada janin. Para dokter kandungan justru memperbolehkan ibu hamil muda untuk bepergian dengan pesawat.

Dokter lebih menyarankan wanita hamil naik pesawat di saat hamil muda dibandingkan ketika hamil tua. Hal ini disebabkan resiko naik pesawat lebih tinggi pada saat hamil tua dibandingkan ketika hamil muda. Dokter spesialis kandungan lebih menyarankan wanita hamil tua untuk tidak terlalu jauh dalam bepergian mengingat kondisi tubuh yang sedang berbadan dua. Resiko naik pesawat waktu hamil muda adalah terjadinya pembekuan pada darah. Sebenarnya resiko ini bisa terjadi pada siapa saja tidak hanya untuk orang hamil muda, tapi tingkat resikonya menjadi dua kali lebih tinggi pada wanita yang sedang hamil.
Naik Pesawat saat Hamil Muda
Naik Pesawat saat Hamil Muda

Cara Aman Naik Pesawat Saat Hamil Muda

Ada beberapa tips Naik Pesawat saat Hamil Muda agar tetap aman dan juga nyaman selama bepergian.

Konsultasikan dengan Dokter

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum naik pesawat waktu hamil muda adalah berkonsultasi dengan bidan ataupun dokter. Konsultasikan keadaan kesehatan ibu dan janin yang akan bepergian. Jika masih sering terjadi mual atau morning sickness, tanyakan juga apakah aman untuk mengkonsumsi obat-obatan anti mabuk dan sejenisnya.

Pilih Tempat Duduk di Lorong

Tips aman naik pesawat di saat hamil muda yang selanjutnya adalah pilih tempat duduk yang ada di lorong. Letak dari tempat duduk yang ada di lorong akan lebih mempermudahkan Anda untuk pergi ke toilet ataupun berjalan-jalan berkeliling.

Perbanyak Minum Air Putih

Selama perjalanan dengan pesawat ibu hamil disarankan untuk memperbanyak minum air putih. Hal ini dilakukan agar asupan air dalam tubuh tetap stabil dan menghindari dehidrasi. Dehidrasi bisa menyebabkan terjadinya resiko pembekuan darah.

Sering Berjalan-jalan di Koridor

Naik pesawat waktu hamil muda sangat aman dan Anda dianjurkan untuk sering berjalan-jalan berkeliling. Dengan jalan-jalan ini akan melemaskan otot tubuh dan membuat tubuh menjadi lebih nyaman dibandingkan terus menerus duduk.

Hindari Makanan yang Menimbulkan Gas

Menghindari makanan yang menimbulkan gas juga menjadi salah satu saran aman Naik Pesawat saat Hamil Muda. Hal ini akan menghindarkan ibu hamil dari rasa mual dan juga begah yang disebabkan oleh makanan.

Gunakan Stocking

Awal pembekuan darah terjadi di kaki kemudian merambat sampai ke paru-paru. Untuk menghindari resiko pembekuan darah ketika naik pesawat, ibu hamil muda disarankan untuk menggunakan stocking atau kaus kaki yang panjang dan tebal. Stocking akan membuat tubuh tetap hangat.

Secara umum sangat aman Naik Pesawat saat Hamil Muda. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, berkonsultasi dengan dokter atau bidan terlebih dahulu sangat disarankan. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui letak rumah sakit atau klinik terdekat jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Menggunakan jasa asuransi sebelum bepergian dengan menggunakan pesawat juga sangat disarankan karena tidak semua maskapai penerbangan memberikan asuransi pada setiap penumpangnya.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter