-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Tanda-tanda Bayi Dalam Kondisi Prima

Post a Comment
Tanda-tanda Bayi Dalam Kondisi Prima - Mengetahui kondisi bayi sangat penting bagi ibu terutama bila ibu hendak memberikan rangsangan kepada bayi berupa pelajaran atau komunikasi awal untuk bayi. Kondisi bayi yang prima memungkinkan baginya untuk bisa menerima dan memberikan respon dengan baik, karena pada dasarnya bayi dalam kondisi prima akan melakukan penelitian sendiri tentang lingkungan dimana ia berada sebagai pembawaan alami akibat dorongan pertumbuhan dan perkembangannya. Seperti bayi akan mengamati benda yang berada di dekatnya lalu ia mengangkat kakinya mendekati ke arah benda atau obyek yang menarik perhatiannya tersebut. Rangsangan atau pelajaran yang diberikan ibu bermanfaat untuk mempercepat penyaluran rangsangan sehingga bayi bisa belajar lebih optimal.

Bayi yang berada pada kondisi tidak fit, seperti sedang sakit atau rewel dan tidak memiliki konsentrasi atau perhatian yang baik, kurang baik jika dipaksakan untuk diajak “belajar” oleh ibu atau ayahnya. Begitu juga bayi yang sedang dalam keadaan lapar,  mengantuk atau terlihat lelah sebaiknya tidak dipaksakan untuk bisa menerima rangsangan dari ibunya.
Bayi Dalam Kondisi Prima
Bayi Dalam Kondisi Prima

Tanda-tanda Bayi Dalam Kondisi Prima atau kondisi siap menerima rangsangan pelajaran pada keadaan sebagai berikut:

  • Dilihat dari segi kesehatan jasmani, bayi berada dalam kondisi sehat serta menunjukkan keadaan fisik yang normal seperti pernafasnnya teratur, bayi dalam keadaan cukup kenyang, tidak rewel atau tidak dalam keadaan mudah menangis.
  • Keadaan bayi menunjukkan perilaku yang tenang tidak menggeliat-geliat. Bayi biasanya berdiam dan memperhatikan kondisi lingkungan sekelilingnya.
  • Ketika mengisap ASI, bayi mengisap dengan perlahan-lahan atau tidak mengisapnya sama sekali pertanda ia cukup kenyang. Otot-otot pipinya tampak mengendur tidak tegang dan alis matanya sedikit terangkat.
  • Bila ada orang memanggilnya mungkin ia akan menengadah melihat ke arah orang yang memanggilnya terutama ibu atau ayahnya, hal ini menandakan ia bisa menerima dan merespon rangsangan yang dating kepadanya, pada saat ini bayi dapat diajak bermain atau belajar.
  • Ketika bayi diperlihatkan benda tertentu pada jarak 30 cm, matanya akan terpaku pada benda tersebut, iatidak melihat kesana-kemari sebagai pertanda adanya perhatian atau semacam fokus pada obyek yang dilihat. Pada kondisi seperti ini bayi bisa diajak untuk menerima dan memberi respon yang baik, dan kondisi seperti ini sangat bagus untuk mengajari bayi.
  • Bayi akan berusaha menggapai apa yang dilihatnya atau yang menarik perhatiannya dengan menggerakkan ujung jari kaki ke arah obyek tersebut. Hal ini sebagai pertanda ia sedang dalam keadaan mengamati atau belajar mengamati lingkungan sekelilingnya, saat seperti ini sangat tepat untuk memberikan stimulasi atau rangsangan berupa komunikasi atau pelajaran yang hendak ibu berikan kepada bayinya, baik mengenalkan kata-kata, bagian tubuh, mengenalkan tempat atau lingkungan dan lainnya.


Demikianlah tadi beberapa Tanda-tanda Bayi Dalam Kondisi Prima, semoga informasi diatas dapat bermanfaat!

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter