Cara Merawat Kulit Wajah Kering, Berminyak, dan Sensitif yang Benar

Cara Merawat Kulit Wajah Kering, Berminyak, dan Sensitif yang Benar

Wajah yang bersih, sehat, dan mempesona memang menjadi dambaan bagi setiap orang. Hanya saja, sebagian jenis kulit memerlukan cara merawat kulit wajah yang jauh lebih hati – hati lagi, termasuk halnya jenis kulit kering, berminyak, dan sensitif. Perlu Anda tahu bahwa cara merawat kulit wajah untuk ketiga jenis kulit tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan produk kecantikan, dan perawatan pendukung lainnya. Di bawah ini adalah beberapa cara merawat kulit wajah kering, berminyak, dan sensitif yang benar dan pastinya sesuai dengan jenis kulit Anda.
Cara Merawat Kulit Wajah Kering, Berminyak, dan Sensitif yang Benar
Cara Merawat Kulit Wajah Kering, Berminyak

Cara Merawat Kulit Wajah Kering, Berminyak, dan Sensitif yang Benar

Perawatan kulit wajah kering

Untuk jenis kulit wajah kering seperti ini perawatan terbaiknya adalah dengan memilih pelembab wajah atau moisturizer yang di dalamnya mengandung beberapa bahan seperti lanolin, alkil poliglikosida, parafin, surfaktan silikon, dan polietilen glikol. Untuk kembalikan kelembaban kulit, Anda bisa memilih pelembab yang didalamnya mengandung petroleum jelly supaya kulit wajah Anda bisa terhidrasi. Petroleum jelly tersebut bisa menahan air di bagian permukaan kulit dan lindungi kulit dari pecah – pecah dan kekeringan. Selain itu Anda juga disarankan untuk menghindari mandi dengan air hangat. Sebab, air hangat ini bisa hilangkan produksi minyak di wajah.

Perawatan kulit wajah berminyak

Perawatan kulit wajah berminyak dan berjerawat ini bisa dilakukan dengan cara menggunakan beberapa produk kosmetik untuk kulit berminyak yang sifatnya oil free dan non comedogenic. Ini bertujuan supaya produksi minyak di kulit wajah tidak berlebihan, dan tidak menyumbat pori – pori. Tetap gunakan pelembab, agar kulit Anda tetap dalam keadaan lembab, sehingga tidak memproduksi minyak secara berlebih. Lalu Anda juga disarankan untuk menjaga pola makan yang sehat setiap harinya. Hindarilah makanan dengan kandungan minyak yang terlalu banyak, lemak, dan tingkatkan hormon insulin seperti coklat serta susu. Kurangi juga konsumsi makanan dengn indeks glikemik tinggi yang bisa tingkatkan gula darah secara cepat, seperti es krim, gula, kue, biskuit, dan minuman kaleng.

Perawatan kulit wajah sensitif

Cara merawat kulit wajah sensitif yang benar ini adalah dengan menggunakan pembersih wajah berjenis cleansing milk atau pun krim bertekstur mirip susu. Pembersih dengan jenis tersebut terdiri dari sedikitnya air dan banyak kandungan gizi yang nantinya berguna untuk atasi kulit wajah pecah – pecah. Setelah Anda selesai menggunakan produk pembersih, kemudian bersihkan wajah Anda dengan air hangat, lalu keringkan. Jangan lupa juga untuk mengaplikasikan pelembab dengan menggunakan tabir surya. Tak hanya itu, merawat kulit wajah sensitif ini juga bisa dilakukan dengan cara mengendlikan stress dan menghentikan kebiasaan merokok.
baa juga: Merawat Kulit Secara Alami  
Demikianlah cara merawat kulit wajah kering, berminyak, dan sensitif yang benar. Silakan lakukan perawatan yang baik dan benar sesuai dengan jenis kulit wajah Anda, sehingga wajah Anda pun bisa terlihat lebih bersih, sehat, dan pastinya terbebas dari berbagai masalah kulit wajah.

Cara Merawat Kulit Wajah Kering, Berminyak, dan Sensitif yang Benar | MAM | 5