Penyakit Mata Yang Bisa Menyebabkan Kebutaan

Penyakit Mata Yang Bisa Menyebabkan Kebutaan - Sekitar lima belas persen orang berusia lima puluhan berpikir mata mereka dalam kondisi baik-baik saja terbebas dari penyakit mata. Akan tetapi jika diuji menunjukkan tanda-tanda awal yang berkaitan dengan usia degenerasi makula (AMD).

Ini adalah penyebab paling atas di Australia terjadinya kebutaan dan tidak ada cara untuk menghentikannya walaupun sudah terdeteksi dalam fase awal. Pada tahap awal tidak ada pengobatan khusus, selain gaya hidup sehat dan mungkin penggunaan suplemen.

Penyebab utama kebutaan dan penglihatan yang buram terutama penyakit mata yang berkaitan dengan usia seperti usia degenerasi makula seperit, katarak, retinopati diabetes, dan glaukoma. Gangguan mata umum termasuk amblyopia dan Strabismus.
Penyakit Mata
Penyakit Mata Yang Bisa Menyebabkan Kebutaan

Berikut Berbagai Jenis Penyakit Mata


  • Kesalahan bias

Kesalahan bias adalah masalah mata yang paling sering di Amerika Serikat. Kesalahan bias termasuk miopia (rabun dekat), hyperopia (rabun jauh), Silindris (gangguan penglihatan di semua jarak), dan presbyopia yang terjadi antara usia 40-50 tahun (kehilangan kemampuan untuk fokus dari dekat, ketidakmampuan untuk membaca surat-surat) dapat dibantu dengan kacamata, lensa kontak, atau dalam beberapa kasus harus dioperasi. Studi terbaru yang dilakukan oleh National Eye Institute menunjukkan bahwa penanganan kesalahan bias yang tepat bisa memperbaiki penglihatan di antara 11 juta orang Amerika berusia 12 tahun atau pun yang berumur lebih tua.

  • Degenerasi macula

Degenerasi makula, sering disebut usia degenerasi makula terkait (AMD), gangguan fisik dari pusat retina yang disebut makula. Retina diperlukan untuk melihat objek secara jelas dan untuk tugas sehari-hari yang umum seperti membaca dan mengemudi. AMD mempengaruhi makula, bagian tengah retina yang memungkinkan mata untuk melihat rincian halus. Ada dua bentuk AMD, basah dan kering.

  • Drusen

Drusen adalah endapan kuning atau putih kecil di bawah retina. Mereka sering ditemukan pada orang di atas usia 60. Kehadiran drusen kecil adalah normal dan tidak menyebabkan kehilangan penglihatan. Namun, adanya drusen besar dan lebih banyak meningkatkan risiko lebih lanjut masalah AMD kering atau basah.

  • Katarak

Katarak adalah bentuk degeneratif penyakit mata di mana lensa menjadi buram secara bertahap dan kaburnya penglihatan.

  • Butawarna

Buta warna adalah kondisinya tidak benar-benar buta dalam arti sebenarnya melainkan adalah penglihatan yang tidak jelas terhadap warna tertentu.

  • Diabetic Retinopathy

Diabetic retinopathy (DR) adalah komplikasi umum dari diabetes. Ini adalah penyebab utama kebutaan pada orang dewasa di Amerika. Hal ini ditandai oleh kerusakan progresif pada pembuluh darah retina, jaringan peka cahaya di belakang mata yang diperlukan untuk penglihatan yang baik. DR berkembang melalui 4 tahapan, retinopati nonproliferative ringan (mikroaneurisma), retinopati nonproliferative moderat (penyumbatan dalam beberapa pembuluh retina), retinopati nonproliferative yang parah (lebih banyak pembuluh tersumbat menyebabkan retina kekurangan dari suplai darah yang mengarah ke pertumbuhan pembuluh darah baru), dan retinopati proliferatif (tahap yang paling parah). Diabetic retinopathy biasanya memengaruhi kedua mata. Risiko DR dikurangi melalui pengelolaan penyakit yang meliputi kontrol yang baik dari gula darah, tekanan darah, dan kelainan lipid. Diagnosis dini pengobatan DR dan tepat waktu mengurangi risiko kehilangan penglihatan, namun, sebanyak 50% dari pasien terlambat dilakukan pengobatan yang efektif karena tidak melakukan cek mata atau didiagnosis yang terlambat.

Ini adalah penyebab utama kebutaan di kalangan orang dewasa usia kerja di Amerika Serikat usia 20-74.

Mencegah Penyakit Mata

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, 75% dari kebutaan di dunia dapat dicegah. Tetapi untuk mencegah penyakit mata yang serius yang menyebabkan kehilangan penglihatan dan kebutaan, deteksi dini sangat penting. Penyakit mata yang paling serius tidak memiliki tanda-tanda peringatan.
Sekarang berpikir tentang hal ini. Kerusakan UV adalah salah satu penyebab utama degenerasi makula. Apakah Anda beresiko? Jawabannya adalah ya. Hal ini penting bagi semua orang, tanpa memandang usia, memakai kacamata pelindung UV ketika berada diluar. Hal ini juga sangat penting untuk mencegah penyakit mata dengan menjadwalkan pemeriksaan mata yang komprehensif setiap tahun.