Tips Diet Baik Ketika Berpuasa

Tips Diet Baik Ketika Berpuasa
Tips Diet Baik Ketika Berpuasa
Bulan ramadhan merupakan salah satu bulan dimana seluruh umat muslim diwajibkan untuk menjalankan puasa satu bulan penuh dengan meningkatkan kadar keimanan dan ketakwaan. Saat menjalankan ibadah puasa, pasti akan mempengaruhi pola asupan nutrisi pada tubuh. Makanan yang masuk ke dalam tubuh menjadi terbatas pada pagi dan sore hari saja, yang mana menyebabkan metabolisme dalam tubuh harus menyesuaikan asupan makanan yang waktu itu Anda konsumsi. Pada hari pertama berpuasa pasti Anda akan mengalami ketidaknyamanan karena seluruh sistem tubuh sedang beradaptasi dengan pola makan Anda yang berbeda dengan hari-hari biasaya yaitu hanya ketika waktu sahur dan berbuka. Namun, pada hari-hari berikutnya Anda akan mulai terbiasa dengan hal tersebut, tapi sebaiknya Anda harus tetap menjaga pola hidup yang sehat terlebih lagi bagi Anda yang juga masih melakukan sebuah program diet. Untuk itu, kami akan berbagi Tips Diet Baik Ketika Berpuasa yang mungkin dapat berguna dan bisa Anda lakukan ketika berrpuasa. Hal yang perlu diperhatikan sewaktu menjalankan program diet ketika sedang berpuasa ialah :
  1. Sewaktu melakukan diet, sebaiknya konsumsi makanan seperti biji-bijian, kacang-kacangan, oat meal, gandum utuh, barley, dedak, kacang hijau, plum, aprikot, dan kacang almond. Itu semua sebagai pengganti karbohidrat kompleks, agar kenyang lebih lama tapi tidak membuat gemuk.
  2. Hindari makanan-makanan berat yang banyak mengandung lemak. Sebaiknya ganti dengan konsumsi makanan yang mengandung banyak serat seperti buah-buahan dan sayuran.
  3. Sewaktu habis berbuka disarankan untuk meminum jus prune. Dengan Anda mengkonsumsi jus prune, maka dapat membantu terhindar dari gangguan masalah pencernaan.
  4. Perbanyak juga mengonsumsi air putih. Karena setelah berpuasa seharian, pastinya tubuh akan mengalami kekurangan cairan. Ketika sahur, Anda cukup minum air kurang lebih 35 ml, sedangkan pada saat berbuka puasa 3 gelas air putih itu cukup.
  5. Hindari makan makanan yang diolah dengan cara digoreng karena akan menyebabkan tingginya keasaman dan gangguan pencernaan. Selain itu, hindari juga dalam mengkonsumsi daging merah.
  6. Tidak disarankan bagi Anda untuk berbuka dengan minuman yang dingin, karena minuman dingin akan menjadikan asam lambung menjadi meningkat. Sebaiknya berbukalah dengan meminum minuman yang hangat sehingga lambung akan terasa lebih nyaman.
  7. Usahakan untuk langsung tidak tidur setelah sholat shubuh, karena hal ini dapat membuat metabolisme dan proses pencernaan dalam lambung menjadi terganggu. Hal tersebut juga dapat mengakibatkan kegumukan, sebaiknya beri waktu setidaknya 3 jam jika ingin tidur.
Baca artikel dari puasa lainnya..

Itulah beberapa Tips Diet Baik Ketika Berpuasa yang dapat saya sampaikan. Semoga selama menjalankan program diet ketika puasa, Anda akan memperoleh dua manfaat baik, yaitu pola diet Anda dapat berjalan dengan sukses dan lancar serta ibadah puasa pun dapat berjalan dengan khusuk.