9 Cara Jitu Mencegah Bau Mulut Ketika Berpuasa

Cara Jitu Mencegah Bau Mulut Ketika Berpuasa
Kita sebagai umat muslim kini sedang menjalankan ibadah puasa. Pasti ada saja masalah yang muncul ketika kita menjalankan ibadah puasa. Masalah yang sering muncul ketika kita berpuasa yaitu badan lemas, letih, tidak bergairah dan yang paling mengganggu ialah bau mulut. Kali ini saya akan berbagi 9 Cara Jitu Mencegah Bau Mulut Ketika Berpuasa. Berikut penjelasan lebih jelasnya untuk Anda.

  1. Perbanyak konsumsi air putih ketika waktu sahur dan berbuka puasa, yaitu sebanyak 8-10 gelas. Hal ini bisa membantu Anda dalam mencegah terjadinya bau mulut di siang harinya. Air putih juga berguna untuk meningkatkan produksi saliva (air liur) sehingga kebersihan mulut akan terjaga dengan baik.
  2. Hal yang perlu diingat sehabis melakukan sahur ialah menggosok gigi  dan juga lidah. Karena hal tersebut dapat berguna untuk mengurangi bau mulut ketika kita sedang berpuasa. Hal ini bertujuan untuk membersihkan mulut dari semua jenis partikel makanan yang dapat membusuk dan memyebabkan timbulnya bau tak sedap pada mulut.
  3. Mengkonsumsi teh hijau tanpa gula ketika sahur dan berbuka juga sangat memabantu. Karena dalam teh hijau memiliki kandungan zat polyphenol yang mampu dalam membersihkan semua bakteri penyebab bau mulut dan saluran pernafasan. Selain itu, mengkonsumsi teh hijau juga baik bagi seorang perokok karena dapat mengurangi peradangan pada rongga serta gangguan pernafasan.
  4. Hindari untuk mengkonsumsi makanan yang berbau menyengat seperti petai, jengkol, dan juga durian.
  5. Usahakan untuk mengurangi atau tidak sama sekali merokok ketika waktu sahur dan berbuka. Karena dengan tidak merokok juga akan mengurangi penyebab dari bau mulut pada siang hari di bulan puasa.
  6. Tidak mengkonsumsi makanan yang lengket seperti es krim, cokelat, biskuit, dan makanan lainnya. Karena makanan tersebut akan menempel pada gigi dalam waktu yang cukup lama sehingga menyebabkan terjadinya bau mulut yang tidak sedap.
  7. Gunakan mouthwash atau obat kumur setelah habis sahur, untuk mendapatkan mulut yang lebih bersih dan juga terhindar dari bau mulut.
  8. Gunakan juga alat tambahan yaitu benang gigi (dental Floss) untuk membersihkan sela-sela gigi yang terdapat sisa makanan yang menempel.
  9. Hindari untuk tidur yang terlalu lama karena hal ini juga dapat memicu timbulnya bau mulut yang tidak sedap.
baca juga artikel dari kata puasa..
Itulah artikel tentang 9 Cara Jitu Mencegah Bau Mulut Ketika Berpuasa yang bisa saya sampaikan.

Apabila Anda sudah melakukan semua tips di atas namun bau mulut tetap juga tidak berkurang, maka sebaiknya konsultasikan hal tersebut kepada ahlinya yaitu dokter umum atau spesialis, untuk memperoleh keterangan lebih jelas mengenai masalah bau mulut yang sedang Anda derita. Karena bau mulut juga bisa terjadi akibat beberapa faktor dari dalam tubuh seperti adanya penyakit maag, diabetes, gangguan pernapasan, ataupun penyakit dalam lainnya.