7 Tips Memilih Menu Makanan Sehat Untuk Sahur

7 Tips Memilih Menu Makanan Sehat Untuk Sahur

Untuk memilih menu makanan sahur yang tepat dan sehat, akan berguna untuk memberikan energi dalam tubuh. Hal ini dapat memberikan tubuh energi yang maksimal sehingga kita dapat  melakukan ibadah berpuasa tanpa merasa terganggu dengan rasa kantuk atau badan yang terasa lemas. Berikut ini akan saya berikan sedikit ulasan mengenai 7 Tips Memilih Menu Makanan Sehat Untuk Sahur bagi Anda dan keluarga.

1. Cukupi asupan karbohidrat
Pilihlah makanan yang cukup akan kandungan karbohidrat dan juga kandungan protein, baik itu dari protein nabati maupun dari hewani untuk makanan sahur Anda. Untuk lauk saat sahur, Anda dapat memilih daging, ikan, atau telur. Tapi sebaiknya, sewaktu melakukan santap sahur, hindari makanan yang berbau amis. Karena dapat menimbulkan rasa mual pada esok harinya.

2. Usahakan masak makanan baru
Usahakan untuk tidak berlebihan dalam menyajikan menu makanan sewaktu berbuka puasa. Karena jika ada makanan tersisa pasti akan disajikan untuk makan sahur. Sebaiknya usahakan jangan jadikan makanan sisa berbuka tersebut sebagai menu sahur. Karena makanan yang tidak baru lagi akan mengurangi nilai kandungan gizinya.

3. Hindari makanan berlemak
Kurangi asupan makanan yang mengandung banyak lemak seperti gorengan ataupun kuah santan, karena kandungan lemak yang berlebih akan sulit untuk dicerna dalam tubuh. Apabila makanan berlemak tetap dikonsumsi, maka yang terjadi adalah tubuh Anda akan banyak mengeluarkan cairan untuk mencerna lemak dalam tubuh, sehingga Anda akan sangat mudah mengalami dehidrasi.

4. Perbanyak minum air putih
Jangan biarkan tubuh Anda mengalami dehidrasi selama berpuasa. Untuk menghindari hal tersebut yaitu dengan perbanyak minum air putih pada waktu sahur, berbuka dan juga saat jeda antara waktu buka maupun sahur, karena air merupakan salah satu sumber energi dalam tubuh.

5. Batasi konsumsi manis
Jangan terlalu banyak konsumsi makanan manis untuk menu di kala waktu sahur. Hal ini dikarenakan makanan manis akan membuat tubuh lebih cepat merasa lapar ketika di siang hari. Makanan yang relatif manis memang memiliki manfaat karena mampu memberikan energi, akan tetapi tidak untuk waktu yang lama. Sebaiknya perbanyaklah makanan yang berserat dan memiliki kandungan gizi yang cukup.

baca juga artikel makanan sehat..


6. Minum susu
Agar mendapat nutrisi yang cukup, sebaiknya tambahkan susu ke dalam menu waktu  sahur. Tetapi jika menu sahur Anda sudah tergolong makanan berat, sebaiknya mengkonsumsi susu dapat dilakukan setelah berbuka puasa atau sewaktu akan tidur malam.

7. Buah-buahan
Berbagai sumber vitamin dan kandungan baik dapat Anda peroleh dari berbagai jenis buah. Buah apel dan anggur merupakan salah satu rekomendasi untuk disajikan di saat waktu sahur karena buah tersebut cukup ringan untuk Anda konsumsi.
7 Tips Memilih Menu Makanan Sehat Untuk Sahur
Nah, itulah beberapa 7 Tips Memilih Menu Makanan Sehat Untuk Sahur yang bisa saya sampaikan. Semoga tips tersebut dapat bermanfaat untuk Anda beserta keluarga.