-->

Ad Unit (Iklan) BIG

6 Cara Menjaga Kesehatan di Bulan Ramadhan

6 Cara Menjaga Kesehatan di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan banyak dinantikan oleh setiap umat islam yang ada di seluruh penjuru dunia. Bagi yang sudah baligh diwajibkan bagi mereka untuk berpuasa pada bulan Ramadhan.

Tentunya pada saat bulan Ramadhan, Anda perlu menjaga kesehatan agar tetap fit serta bugar dalam melakukan ibadah dan beraktivitas. Untuk itu, disini saya akan sedikit berbagi Tips mengenai Menjaga Kesehatan di Bulan Ramadhan.

1. Buat Perencanaan Makanan
Sebaiknya Anda selalu buat sebuah daftar perencanaan makanan yang akan dikonsumsi. Hal ini bertujuan agar nantinya Anda tidak bingung dalam  menentukan menu makan sahur dan berbuka. Gunakan menu makanan yang sehat dan seimbang kadar nutrisinya. Hindari untuk memilih Junk Food sebagai menu santap sahur maupun berbuka karena kandungan yang terdapat di makanan Junk Food tidak baik bagi kesehatan Anda.

2. Kurangi Asupan Teh, Kopi, dan Minuman Bersoda
Untuk menjaga kesehatan di bulan ramadhan, agar tubuh fit untuk menjalankan ibadah dan pekerjaan sehari-hari. Sebaiknya Anda harus mengurangi konsumsi kafein. Hal ini berguna untuk meminimalkan timbulnya rasa sakit kepala tiba-tiba yang dapat menyerang ketika kita sedang berpuasa. Solusinya, perbanyak minum air putih baik itu di waktu buka maupun pada saat sahur.

3. Kebiasaan Makan Sehat
Cara selanjutnya adalah Anda harus bisa menjaga kebiasaan makan-makanan yang sehat. Jangan lupakan untuk selalu menyisipkan buah dan sayuran pada menu sahur maupun buka Anda. 
Perlu diingat, jangan bangun telat ketika waktunya sahur karena biasanya Anda akan terburu-buru sewaktu melahap makanan karena waktu yang sudah mepet mendekati waktu imsak. Hal ini bisa berakibat buruk bagi kesehatan Anda. Hal tersebut dapat mengakibatkan perut sakit atau mules tidak karuan.
Cara Menjaga Kesehatan di Bulan Ramadhan
Cara Menjaga Kesehatan di Bulan Ramadhan
4. Konsultasi ke Dokter
Apabila Anda memiliki sebuah keluhan masalah kesehatan, sebaiknya Anda langsung berkonsultasi kepada seorang dokter, bagaimana pola makan yang baik untuk kesehatan Anda agar dapat menjalankan puasa dengan baik dan benar. Mungkin dokter memiliki saran yang berguna bagi Anda dalam menjalani puasa yang benar, agar tidak mengganggu kesehatan Anda.

5. Waktu Tidur yang Cukup
Biasanya pada saat bulan Ramadan, banyak orang yang terjaga saat malam hari dengan alasan tanggung untuk melakukan tidur atau istirahat. Padahal, tidur malam yang baik sangat diperlukan untuk dapat memperoleh keseimbangan tubuh Anda dalam melakukan aktivitas pada esok hari,  tubuh juga dapat beraktivitas seperti biasa dan mampu menjalankan ibadah puasa dengan baik serta tidak menjadi satu alasan untuk kita bermalas-malasan.

6. Berolahraga
Cara menjaga kesehatan di bulan ramadan terakhir yaitu dengan berolahraga. Karena dengan kita berolahraga tubuh akan menjadi sehat dan badan terasa lebih segar, olahraga yang dilakukan tidak perlu berat, minimal jalan-jalan pada pagi hari setelah Anda selesai melakukan sholat subuh.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter