Tips Berpuasa Bagi Seorang Penderita Hipertensi

Tips Berpuasa Bagi Seorang Penderita Hipertensi

Apakah Anda tahu, apa itu Hipertensi? Hipertensi merupakan suatu keadaan di mana seseorang sedang mengalami peningkatan tekanan darah di atas ambang batas normal dan tekanan darah sistoliknya lebih besar atau jika dinominalkan sebesar 140 mmHg, sedangkan tekanan diastoliknya lebih besar  atau sama dengan 90 mmHg.

Banyak beragam faktor yang dapat menjadi pemicu terjadinya hipertensi seperti pola hidup yang tidak sehat, faktor usia, terjadinya obesitas, serta kurangnya melakukan aktivitas fisik atau berolaraga.

Pada prinsipnya, tidak ada halangan bagi seorang penderita hipertensi untuk menjalankan ibadah puasa, selama tekanan darahnya si penderita masih terkendali dan si penderita tetap teratur dalam mengonsumsi obat. Untuk itu, saya akan berbagi sedikit mengenai Tips Berpuasa Bagi Seorang Penderita Hipertensi, sehingga tidak perlu khawatir saat menjalankan ibadah berpuasa. Hal yang perlu diperhatikan diantaranya adalah :
  1. Hindari dalam mengkonsumsi makanan yang mengandung garam berlebih, makanan yang sudah melalui proses pengawetan, makanan kaleng serta makanan cepat saji. 
  2. Sebaiknya kurangi untuk mengkonsumsi makanan  yang  mengandung  lemak tinggi.
  3. Konsumsilah protein secukupnya, hal tersebut berguna dalam mengendalikan berat badan.
  4. Perbanyaklah untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung zat kalsium karena mampu untuk menurunkan tekanan darah Anda. Zat kalsium juga dapat Anda peroleh dengan cara mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran.
  5. Tips Berpuasa Bagi Seorang Penderita Hipertensi
    Tips Berpuasa Bagi Seorang Penderita Hipertensi
  6. Melakukan olahraga rutin dan teratur minimal 30 menit.  Jenis olahraga tak perlu yang berat, cukup dengan yang ringan seperti jalan kaki dan juga bersepeda.

Nah, itulah beberapa Tips Berpuasa Bagi Seorang Penderita Hipertensi yang dapat saya sampaikan. Namun, alangkah baiknya jika sebelum melakukan semua hal itu, Anda terlebih dulu berkonsultasi pada dokter Anda. Apakah kesehatan Anda saat ini dipastikan dapat menjalani ibadah puasa dan tidak berisiko memperparah kondisi Anda. Apabila dokter berkesimpulan Anda memungkinkan untuk menjalankan puasa, maka Anda dapat menjalani puasa tanpa melalaikan pengobatan yang sedang Anda jalani saat ini.

Selain itu, bagi penderita hipertensi juga harus tetap memperhatikan pola hidup yang sehat selama berpuasa. Kunci utama bagi penderita hipertensi dalam menjalankan ibadah puasa adalah mengatur tekanan darah agar tetap stabil. Jangan lupa selalu mengkonsusmi air putih, serta jangan terlena dengan banyaknya pilihan makanan yang dihidangkan. Karena jika Anda lalai, maka akan gawat urusannya.