10# Tips Diet Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan

10# Tips Diet Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan - Masih banyak orang yang sering keliru dalam mengartikan diet, sehingga bukan mendapatkan bentuk badan yang langsing namun justru mengakibatkan timbulnya berbagai penyakit. Diet ketat yangdilakukan seperti tidak makan sama sekali atau hanya makan sekali saja dalam sehari akandapat membuat metabolisme tubuh menjadilambat, sehingga proses pembakaran lemak akan melambat juga yang menyebabkanresiko menumpuknya lemak dalam tubuh menjadi lebih besar. Berikut ini adalah beberapa tips diet sehat untuk menurunkan berat badan secara baik dan benar yang dapatmembantu menurunkan berat badan.

Tips Diet Sehat
Menurunkan Berat Badan

Tips Diet Sehat


Sarapan secara rutin

Sarapan pada pagi hari sangat penting untuk dijadikan sebagai sumber energi utama. Sarapan yang terlewatkan dapat memicu Anda untuk ngemil sembarangan dan makan lebih banyak pada saat siang hari. Untuk itu mulailah untuk sarapan dengan makanan yang rendah lemak, sepertiroti gandum yang dipanggang ditambahkan dengan 1 butir telur dadar dan 1 mangkuk salad. Bisa juga dengan menggunakan alternatif menu lainnya seperti 100 gram nasi ditambah dengan 1 potong ikan dan 1 mangkuk sayur.

Mempercepat waktu sarapan

Apabila Anda biasanya sarapan pagi pada jam 09.00, sebaiknya majukan sarapan Anda menjadi pukul 07.00, hal ini bertujuan agar proses pembakaran energi di dalam tubuh bisa dimulai lebih cepat.

Memperbanyak makan

Walaupun Anda sedang melakukan program diet, namun bukan berarti Anda tidak makan sama sekali, akan tetapi mengganti pola makan Anda menjadi lebih sering, yaitu sekitar 5 samapai 6 kali sehari dalam porsi yang kecil. Usahakan makanan yang dikonsumsi merupakan menu diet sehat yang rendah lemak dan tinggi protein.

Mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh

Meskipun Anda sedang diet, akan tetapi tubuh Anda tetap membutuhkan lemak dan juga karbohidrat. Namun sebaiknya lemak yang dipilih merupakan lemak baik yang seperti yang terdapat pada alpukat, ikan salmon, minyak zaitun dan lain-lainyang dapat membantu transportasi nutrisi pada seluruh jaringan tubuh. Sedangkan untuk karbohidratnya, Anda bisa memperolehnya dari makanan ubi, gandum, oatmeal,  dan sebagainya sebagai sumber energi pada saat beraktivitas.

Salad sayuran pada saat makan siang

Pada saat makan siang, Anda dapat mencoba untuk memakan salad yang dapat membuat tubuh Anda tetap terhidrasi. Mengkonsumsi sayur-sayuran yang mengandung banyak serat merupakan tips diet sehat yang bisa memperlancar sistem pencernaan dan juga membuang racun-racun di dalam tubuh lewat kotoran.

Makan malam

Pada saat tidur tubuh akan tetap membutuhkan protein untuk dapat memaksimalkan pertumbuhan. Sehingga makan malam sangat dibutuhkan walaupun Anda sedang menjalani program diet, hal penting yang harus dikurangi pada menu makan malam adalah makanan yang mengandung karbohidrat. Anda dapat memasak sendiri makan malam Anda, seperti memanggang dada ayam tanpa kulit, kentang yang direbus, ataupun memasak nasi merah dengan sayuran yang ditumis.

Memperbanyak minum air putih

Meminum air putih minimal 8 sampai 10 gelas setiap hari dapat melancarkan metabolisme tubuh, selai itu air putih juga dapat membuat Anda merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama.

Buah-buahan dan sayur

Memperbanyak dalam mengkonsumsi buah-buahan dan sayur yang berserat tinggidapat mengurangi resiko dari penyakit jantung koroner. Untuk itu mengkonsumsibuah-buahan dan sayur sedikitnya 5 porsi sehari sangat baik untuk diet sehat yang sedang Anda jalani.

Menghindari makanan yang dapat memicu kegemukan

Makanan yang dapat memicu kegemukan contohnya adalahmakanan yang mengandung garam, serta camilan seperti snack dan keripik. Agar diet Anda dapat sukses, sebaiknya hindari juga minuman yang bersoda dan beralkohol atau minuman yang mengandung banyak kafein.

Olah raga secara teratur

Diet bisa memberikan hasil yang maksimal apabila Anda mengkombinasikannya dengan olahraga sekitar 60 sampai 90 menit sebanyak 3 sampai 4 kali seminggu. Anda dapat melakukan jogging ataupunberjalan kaki untuk membakar lemak di dalam tubuh.

Itulah beberapa tips diet sehat untuk menurunkan berat badandengan cara yang mudah dan juga sehat. Anda dapatmencoba program diet sehat ini mulai dari sekarang dan sebaiknya pasanglah target yang masuk akal, sehingga tidak mempengaruhi kesehatan Anda secara keseluruhan. Melakukan diet dengan teratur dan cara yang benar akan membuat program diet Anda menjadi bermanfaat dan bukan saja tubuh menjadi langsing tapi juga akan menjadi semakin sehat.