Tips Diet Golongan Darah O yang Sehat

Diet Golongan Darah O
Tips Diet Golongan Darah O yang Sehat
Manusia memiliki golongan darah yang berbeda-beda, ada yang memiliki golongan darah O, A, B dan AB. Korelasi antara diet dengan golongan darah seseorang pertama kali diperkenalkan oleh Dr. Peter J.D’Adamo yang Ia tulis dalam buku Eat Right For Your Type, dan dari sinilah mulai muncul beberapa pendapat yang berhubungan dengan diet golongan darah O yang dilakukan oleh beberapa peneliti lainnya.

Secara keseluruhan diet golongan darah O merupakan sebuah rekomendasi mengenai cara untuk menurunkan berat badan yang mempertimbangkan kerentanan tubuh seseorang terhadap beberapa penyakit, dan mengupayakan sebuah solusi agar terhindar dari risiko yang mungkin terjadi apabila salah ketika melaksanakannya.

Ciri Orang yang Memiliki Golongan Darah O


Menurut hasil penelitian, Ada beberapa makanan diet golongan darah O yang disarankan untuk dikonsumsi ataupun yang dilaranguntuk dikonsumsi. Sel darah merah pada golongan darah O positif ternyata tidak mempunyai antigen terhadap karbohidrat akan tetapi mempunyai antigen tipe Rhesus. Orang yang memiliki golongan darah O umumnya memiliki karakteristik tubuh seperti berikut:

- Kuat secara fisik 
- Mempunyai masalah pada berat badan
- Sering merasalelah
- Sangat berisiko pada pada penyakit tekanan darah tinggi serta kolesterol
- Memiliki kadar asam lambung yang tinggi, sehingga sering mengalami gangguan pada lambung 
- Sering menderita masalah pencernaan
- Mempunyai sistem kekebalan tubuh kuat, bahkan terkadang ada beberapa yang sangat kebal akan penyakit
- Rentanterhadap kondisi lingkungan serta jenis makanan baru
- Rentan terhadap penyakit radang sendi dan jenis penyakit radang lainnya

Dr. D’Adamo juga menyebut bahwa pelaku diet golongan darah O merupakan pemburu hewan laut, sebab jenis atau golongan darah ini dianggap sebagai golongan darah paling tua, yang sudah ada sejak zaman nenek moyang yang sudah identik dengan pemburuan daging dan makanan dari laut.

Menurutnya, orang dengan golongan darah O memiliki sistem pencernaan lebih kuat untuk dapat mengolah makanan, terutama makanan yang bersumber pada protein hewani. Inilah yang menjadi salah satu acuan dasar dari cara diet golongan darah O adalah dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi akan protein hewani, danjuga berbagai jenis seafood.

Meskipun demikian, pelaku diet golongan darah O juga harus dapat mengurangi asupan susu serta produk sejenis yang berasal dari susu, karena tipe darah O positif memilikipotensi untuk terkena masalah jantung. Oleh karena itu, sebelum Anda menjalani golongan darah O, Anda harus lebih banyakmengkonsumsi makanan yang tinggi akan protein (terutama protein hewani), makanan yang rendah lemak, serta rendah susu.

Menu Diet Golongan Darah O

Menu diet golongan darah O yang baik untuk di konsumsi

Menu diet golongan darah O tentunya harus menu makanan yang sehat dan rendah kalori, sehingga aman untuk di konsumsi oleh para pemilik golongan darah O. Menurut para ahli, golongan darah O merupakan golongan darah tertua yang ada pada manusia, sehingga para pakar diet berdasarkan golongan darah sangat menganjurkan kepada seseorang yang  mempunyai golongan darah O ini untuk memulai diet dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak protein tinggi.

Jadi untuk yang mempunyai golongan darah O, akan lebih baik apabila banyak mengkonsumsi  sayuran hijau, makanan yang tinggi akan kadar protein hewani serta seafood. Sementara itu untuk sayuran yang banyak mengandung lektin seperti kentang, terong, tauge dan jamur harus dihindari. Makanan lain yang bersifat netral dan baik untuk dikonsumsi ketika menjalani program diet golongan darah O adalah susu kedelai, tempe, tahu, daging, ayam, ikan tuna dan ikan sardine. 

baca artikel diet lainnya..

Menu diet golongan darah O yang tidak boleh untuk di konsumsi

Ketika menjalankan program diet golongan darah O sbaiknya Anda menghindari makanan-makanan yang dapat beresiko terhadapa kesehatan lambung, contohnya adalah:

- Kacang tanah, kacang mede, kecap, dan kuaci
- Ketimun, kembang kol, kentang, brokoli, jagung, jamur, dan pare
- susu sapi, youghurt, keju, dan es krim
- Daging babi, kodok dan penyu
- Jeruk mandarin, blewah, dan pisang raja
- Kopi, anggur putih, dan minuman keras
- Minyak jagung, minyak kelapa, dan telur
- Cumi-cumi, kerang, sotong, dan gurita

Ketika menjalankan program diet golongan darah O ini, selain melakukan diet pada makanan, untuk mendapatkan hasil tang lebig maksimal, jangan lupa untuk berolahraga secara teratur. Jenis olahraga yang sesuai dengan diet golongan darah O adalah olahraga kardio seperti, naik sepeda, renang dan jogging di pagi hari yang dapat memberikan pengaruh baik dan menyegarkan tubuh.