Sekilas Tentang Penyakit Jantung Koroner

Penyakit Jantung Koroner

Sayangi Jantung Anda Selalu

Pernah anda merasa jantung berdebar kencang tak sperti biasanya, disertai dengan adanya keringat dingin dan juga tubuh anda tiba-tiba lemas?

Jika anda suka merokok semenjak muda, tak pernah menjaga pola makan sehat, dan juga rajin berolahraga, sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui keadaan pada Jantung anda.

Jantung merupakan salah satu organ tubuh terpenting dalam tubuh manusia. Organ ini berfungsi untuk memompa darah yang dialirkan ke seluruh tubuh.

Terganggunya jantung pun bisa mengakibatkan gangguan pada keseluruhan tubuh. Penyakit jantung koroner merupakan salah satu gangguan yang sangat sering terjadi. Saat penyakit ini menyerang tubuh anda, suplai darah ke jantung melalui arteri koroner terhambat.

Arteri koroner adalah pembuluh darah yang bertugas untuk mengirimkan oksigen dan zat makanan ke jantung itu sendiri.

Jika jantung merupakan organ vital bagi seorang manusia, maka bayangkan jika pembuluh darah yang menjadi supplier makanannya terhambat. Tentu bisa berakibat fatal.

Aliran darah ke jantung yang berkurang akan bisa menimbulkan kelainan pada fungsi ginjal, hati, otak, juga tekanan darah yang kemudian menyebabkan terjadinya resorpsi natrium (terjadinya beban natrium yang menumpuk didalam tubuh).

Penyempitan pada arteri koroner ini bisa disebabkan oleh penumpukan kolestrol dan protein lain yang masuk melalui makanan. Penumpukan tersebut nantinya bisa membuat arteri koroner tidak bisa mengembang secara elastis saat jantung memompa darah. Inilah awal malapetaka bernama gangguan jantung koroner.

Benarkan Jantung Koroner Bisa Dihindari?

Selain faktor bawaan lahir, semua penyakit tidak ada yang tidak bisa disembuhkan kecuali malas dan putus asa, termasuk jantung koroner ini, sebenarnya bisa dijungkirbalikkan. Meskipun jantung koroner menjadi momok bagi banyak orang di seluruh dunia namun dengan membiasakan diri untuk menjalankan pola hidup serta pola makan yang sehat, maka penyakit ini bisa jauh-jauh dari kehidupan kita.

Hal-hal yang perlu anda tau juga hindari agar tidak terserang penyakit jantung koroner antara lain:

  • Mencegah dan Menyembuhkan Gejala Penyakit Diabetes

Diabetes atau bisa disebut kencing manis, merupakan penyakit yang mempengaruhi kadar gula darah. Keseimbangan kadar gula darah sangat diperlukan agar penyakit lain seperti jantung koroner tak lagi mendekat.

Menjaga pola makan dan menghindari stres merupakan hal utama untuk mengatasi serta hidup berdampingan dengan Diabetes.

  • Mencegah dan Menyembuhkan Gejala Penyakit Hipertensi/Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi merupakan salah satu pencetus penyakit lain, yaitu jantung koroner. Menyeimbangkan tekanan darah perlu dilakukan agar terbebas dari hipertensi dan penyakit lain yang menyertainya.

  • Menghentikan Kebiasaan Merokok dan Menghindar apabila ada orang lain Merokok

Pencegahan terhadap penyakit jantung koroner bisa dilakukan dengan menghentikan sesegera mungkin kebiasaan merokok. Apabila memang bukan seorang perokok atau telah mempu menghentikannya, maka hindari juga paparan asap dari orang yang sedang merokok itu.

  • Menyeimbangkan Pola Makan, mengurangi asupan makanan berlemak dan tinggi kolestrol

Pola makan yang seimbang, menjadikan modal seseorang untuk tetap sehat dan terhindar dari perbagai penyakit berbahaya.

Berikut pola makan seimbang yang perlu anda pertahankan:
pola makan seimbang
  • Chek Up Rutin terutama bagi mereka yang memiliki keluarga dengat riwayat sakit jantung

Bagi mereka dengan orang-tua, kakek, serta keluarga paling dekat yang memiliki penyakit jantung disarankan untuk chek up secara berkala. Dengan memdeteksi semenjak dini kemungkinan terserang penyakit jantung, akan bisa lebih menjaga diri untuk membatasi makanan yang dilarang dan mengembangkan pola hidup sehat.

  • Menyeimbangkan olahraga sesuai kemampuan diri

Salah satu hal yang harus dicermati agar terhindar dari penyakit jantung koroner adalah berolahraga sesuai dengan kemampuan diri. Jika terlalu memaksakan diri untuk berolahraga padahal kemampuan fisik telah menurun, justru akan menjadi penyebab ketidakseimbangan pada serangan jantung.

  • Gejala Penyakit Jantung Koroner

Gejala-gejala pada seseorang yang mengindikasi kemungkinan terserang penyakit jantung koroner antara lain:
  1. Terjadi nyeri di dada dan tekanan di tengah dada sekitar 30 detik sampe 5 menit lamanya.
  2. Keluar keringat dingin yang dibarengi dada berdebar-debar sampai mau pingsan.
  3. Pusing dan lekas merasakan lemas.
  4. Nafas tersengal-sengal saat berolahraga.
  5. Kontraksi otot di dada menandai adanya serangan jantung ringan yang bisa saja beranjak menjadi serangan berat beberapa hari kemudiannya.

Mencanangkan Pola Hidup dan Pola Makan Sehat Untuk Mencegah dan Memulihkan Kondisi Penderita Jantung Koroner

Pola hidup sehat untuk mencegah dan memulihkan kondisi penderita jantung koroner antara lain:
  1. Menghindari diri dari asap roko, sudah pasti dengan menghentikan kebiasaan tidak sehat ini.
  2. Menjauhkan diri dari berbagai minuman beralkohol, narkob*, dan juga obat-obatan bebas yang dikonsumsi tanpa pengawasan dokter.
  3. Berolahraga secara teratur, baik dari segi waktu dan ketepatan gerak, Tidak perlu memaksakan diri dengan gerakan dan juga waktu yang terlalu berat.
  4. Mempertahankan kondisi tubuh dari mulai, berat badan ideal, dan berobat dengan tuntas untuk penyakit yang sedang menyerang.
  5. Menjalani pola makan sehat dan gizi seimbang.
  6. Menghindarkan asupan kolestrol dan lemak yang berlebihan.
Tujuan pola makan sehat/diet untuk penderita jantung koroner:
  1. Memberikan makanan secukupnya tanpa memberatkan kinerja jantung.
  2. Menurunkan berat badan pada penderita yang terlalu gemuk.
  3. Mencegah dan menghilangkan penimbunan geram serta air.
Nah, itulah ulasan yang bisa saya sampaikan semoga adanya ulasan dari Sekilas Tentang Penyakit Jantung Koroner ini bisa bermanfaat bagi kita semua. amin . . . .