7 Bahan Alami untuk Menghilangkan Sariawan dengan Cepat

Menghilangkan Sariawan Mengenal gejala penyakit seperti seriawan tidaklah sulit. Selain itu, seriawan juga dialami oleh hampir semua orang semasa hidupnya. Penyakit pada rongga mulut ini sebenarnya tidak terlalu berbahaya, seperti halnya flu atau pusing yang bisa hilang dengan sendirinya. Namun, seriawan dianggap amat mengganggu. Sebab, seriawan muncul di bagian-bagian yang sering mengalami kontak dengan benda atau makanan. Misalnya bibir atau lidah dan menimbulkan sensasi nyeri.

Selain itu, seriawan juga bisa menjadi indikasi penyakit yang lebih serius seperti kanker mulut. Ingin tahu lebih banyak seputar seriawan dan cara mengobatinya? Simak informasi lengkap di bawah ini.

Menghilangkan Sariawan dengan Cepat

Cara Menghilangkan Sariawan

Definisi dan Gejala Seriawan

Dalam bahasa medis, seriawan dikenal juga dengan nama stomatitis. Seriawan adalah peradangan yang muncul di bagian mukosa mulut atau pipi bagian dalam. Bentuknya berupa bercak berwarna putih atau kekuningan. Seriawan bisa muncul sendirian atau berkelompok. Selain mukosa mulut, seriawan juga bisa muncul di bagian rongga mulut lain seperti gusi, lidah, bibir bagian dalam, hingga langit-langit dalam. Rasa nyeri yang ditimbulkan dapat membuat Anda malas makan hingga enggan beraktivitas.

Seriawan biasanya diawali dengan luka kecil berwarna putih yang muncul di sekitar rongga mulut. Lantas, luka tersebut akan membesar seiring berjalannya waktu. Tanda awal lain yang akan Anda rasakan ialah sensasi terbakar di bagian lidah. Anda juga akan kesulitan untuk makan, minum, atau bicara karena rasa tak nyaman yang ditimbulkan oleh kemunculan seriawan. Sensasi nyeri yang ditimbulkan akan lebih parah kalau Anda tidak sengaja menggigitnya.

Jenis dan Penyebab Seriawan

Setidaknya, ada tiga jenis seriawan dengan penyebab yang perlu diketahui. Stomatitis afthosa adalah jenis seriawan umum yang disebabkan oleh gigitan atau trauma yang menimbulkan luka. Kemudian, ada oral thrush atau moniliasis yang dipicu oleh jamur bernama Candida albicans. Jamur ini memang ada di dalam rongga mulut Anda, tetapi jumlah yang berlebih akan menimbulkan seriawan. Terakhir, stomatitis herpatic yang disebabkan virus herpes simpleks dan umumnya ada di bagian belakang tenggorokan.

Selain itu, masih ada penyebab penyakit lain yang menimbulkan seriawan. Anda yang kurang menjaga kebersihan mulut dan gigi berpotensi mengalami seriawan. Selain itu, mereka yang sedang menjalani tahap kemoterapi atau menderita diabetes dan HIV pun akan sering mengidap penyakit ini. Pemakaian antibiotik dan kortikosteroid juga akan menimbulkan efek samping seperti seriawan. Kemudian, jenis obat-obatan yang dapat menurunkan air liur pun memicu dampak yang sama. Seriawan juga muncul pada orang-orang yang kurang asupan gizi hingga gemar merokok.

Cara Mencegah Seriawan

Berdasarkan penyebab di atas, Anda bisa melakukan pencegahan dengan menjaga kebersihan mulut. Anda harus rutin menyikat gigi minimal dua kali sehari. Lantas, Anda juga dapat menggunakan obat kumur agar bakteri jahat tidak bisa hidup dan berkembang biak. Mengontrol kesehatan gigi dan mulut setiap enam bulan sekali pun dapat mencegah munculnya seriawan. Jika Anda suka dengan makanan yang punya kandungan gula tinggi, ada baiknya mulai dikurangi.

Cara makan pun perlu diperhatikan, karena seriawan kadang muncul akibat bibir atau lidah yang tergigit. Anda yang memakai gigi palsu pun harus sering membersihkan dan mengontrolnya secara rutin. Lantas, kebiasaan merokok juga bisa memicu seriawan, sehingga perlu dikurangi atau dihentikan sama sekali. Pakai benang gigi (dental floss) untuk membersihkan bagian-bagian yang tak terjangkau. Terakhir, bagi penderita asma, bersihkan inhaler setelah Anda selesai menggunakannya.

Artikel terkait : Mengobati Sariawan Alami

Metode Pengobatan Seriawan

Seriawan sebenarnya bisa hilang sendiri dalam jangka waktu satu sampai dua minggu. Namun, kalau kehadirannya cukup mengganggu, Anda bisa menggunakan beberapa obat untuk menyembuhkannya. Obat yang bisa Anda pakai mencakup obat anti-jamur, obat kumur, obat tetes, atau tablet.

Sebelumnya, Anda konsultasikan dahulu dengan dokter untuk mengetahui keamanannya.
Selain itu, ada cara alami bagi Anda yang cemas akan efek samping obat-obatan. Bahannya pun cukup mudah dan bisa diperoleh di dapur hingga kebun sekitar rumah. Berikut ini bahan-bahan alami yang bisa Anda pakai untuk menyembuhkan rongga mulut dari seriawan.

1. Minyak kelapa.

Bukan hanya untuk memasak, ternyata minyak kelapa juga bisa mengobati seriawan. Namun, pastikan Anda menggunakan minyak kelapa murni. Sebelum mengolesnya pada seriawan di mulut, campurkan terlebih dahulu minyak kelapa dengan madu. Setelah itu, oleskan secara perlahan pada daerah yang ditempati oleh penyakit rongga mulut tersebut.

2. Kunyit.

Salah satu bumbu dapur ini ternyata mengandung antiseptik yang sanggup membasmi bakteri jahat dalam rongga mulut. Anda dapat menggunakan kunyit dalam bentuk pasta sebagai obat penghilang seriawan. Cukup gerus kunyit bersama air hangat hingga teksturnya lembek. Lantas, Anda oleskan secara perlahan pada permukaan seriawan tersebut.

3. Daun Basil.

Seperti halnya kunyit, daun basil juga merupakan salah satu bumbu dapur. Di sisi lain, tanaman ini ternyata berkhasiat juga untuk mengobati rongga mulut Anda dari seriawan. Caranya, rebus daun basil sesuai kebutuhan Anda hingga mendidih. Kemudian, pakai air rebusannya sebagai obat dengan cara dioles atau diminum.

4. Bawang putih.

Bukan rahasia lagi kalau bawang putih merupakan obat tradisional yang terkenal manjur. Seperti halnya kunyit, bumbu dapur ini mengandung antiseptik yang sanggup membunuh virus dan bakteri. Anda cukup iris bawang putih tadi, lalu oleskan bagian dagingnya pada permukaan seriawan. Lakukan secara rutin untuk mempercepat proses penyembuhan.

5. Air garam dan es batu.

Air merupakan salah satu komponen alami yang punya khasiat banyak bagi kesehatan. Anda bisa memakai air garam sebagai obat kumur untuk menghilangkan seriawan. Di sisi lain, air dalam bentuk es batu juga bisa meredakan rasa sakit serta bengkak yang diakibatkan seriawan. Cukup kompres bagian bengkak atau sakit tersebut secara teratur.

6. Minyak peppermint.

Selama ini, Anda mungkin mengenal peppermint sebagai salah satu rasa permen. Namun, peppermint dalam bentuk minyak bisa berfungsi sebagai obat seriawan. Caranya, Anda cukup oleskan minyak peppermint tersebut pada permukaan seriawan. Kemudian, diamkan selama lima belas menit dan kumur dengan air bersih. Lakukan dua kali sehari untuk hasil optimal.

7. Baking soda.

Baking soda umumnya dipakai untuk membuat kue atau penganan sejenis. Tapi, tahukah Anda kalau bahan ini juga bisa diolah menjadi obat penghilang seriawan? Anda cukup membuat pasta dengan bahan baking soda yang dicampurkan garam dan air. Oleskan pada permukaan seriawan selama sepuluh menit, lalu kumur dengan air bersih.

Karena menggunakan bahan-bahan alami, Anda tidak akan mendapatkan hasil secara instan. Namun, metode pengobatan ini tidak akan menimbulkan efek samping. Terutama bagi Anda yang alergi dengan obat-obatan medis. Selain itu, hindari juga stres dan istirahat yang cukup, supaya seriawan cepat bisa hilang. Semoga tips pengobatan seriawan ini bisa bermanfaat!