5 Cara Menghilangkan Cat Pewarna Rambut Alami

Cara Menghilangkan Warna Cat Rambut. Memiliki penampilan berbeda bagi beberapa wanita adalah suatu kebanggaan. Satu cara untuk memperoleh keunikan dalam hal penampilan adalah dengan mewarnai rambut. Tren ini sudah berkembang hingga sekarang. Mewarnai rambut memang mampu membuat penampilan seseorang terlihat berbeda. Akan tetapi, di balik itu hasil yang diperoleh, keamanan dari cat rambut masih perlu diselidiki.

Menurut penelitian, bahan-bahan kimia pada cat rambut dapat membahayakan kesehatan penggunanya. Namun hal ini pada umumnya memiliki perbedaan, sesuai dengan jenis dan komposisi cat rambut yang digunakan. Ada cat rambut permanen (tahan lama), semi-permanen, dan cat rambut temporer. Penggunaan cat rambut dengan mengikuti petunjuk yang sudah ditetapkan dapat meringankan efek dari cat rambut.

Cara Menghilangkan Cat Pewarna Rambut

Cara Menghilangkan Cat Pewarna Rambut

Bila Anda khawatir akan kesehatan rambut akibat mewarnainya, maka itu berarti sudah saatnya Anda mengembalikan warna hitam rambut. Berikut ini beberapa cara menghilangkan warna cat rambut yang bisa Anda praktikan sendiri tanpa harus pergi ke salon.

Shampoo Anti Dandruff

Shampoo anti-dandruff atau shampoo anti ketombe dapat Anda gunakan untuk menghilangkan warna cat rambut jenis semi-permanen. Metode pelaksanaannya cukup simpel. Anda gunakan shampoo ini selagi mandi seperti biasa, akan tetapi dipakai lebih sering dalam satu hari. Setelah pemakaian shampoo anti-ketombe, jangan lupa untuk mengaplikasikan kondisioner setelahnya. Shampoo anti-dandruff bisa membuat rambut kering, jadi sangat perlu untuk memakai  kondisioner selepas pemakaian.

Tablet Vitamin C

Vitamin C diperlukan tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan, antioksidan, menjaga kesehatna kulit, serta menjauhkan tubuh dari serangan penyakit ringan seperti flu. Untuk memperoleh vitamin C, Anda cukup mengonsumsi tablet vitamin C. Tablet vitamin C ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan warna cat rambut. 

Pemakaiannya seperti berikut:
  • Siapkan 2 butir vitamin C. 
  • Tumbuk tablet vitamin C dan campurkan pada shampoo, lalu gunakan untuk mengeramasi rambut.
  • Upayakan agar shampoo mengenai rambut dan kulit kepala secara menyeluruh, lalu diamkan selama 20 menit.
  • Cuci rambut dengan air sampai shampoo hilang.

Garam Mandi

Garam mandi adalah bahan yang mampu merelaksasi tubuh, menyingkirkan warna kulit mati, melembabkan kulit, serta mengurangi stres. Garam mandi juga bisa digunakan untuk menghilangkan cat rambut, berikut cara membuat garam mandi untuk memudarkan zat pewarna rambut.
  1. Pilih garam mandi dengan mencampurkannya pada garam lain seperti garam laut dan garam Himalaya merah muda. 
  2. Sediakan juga minyak esensial untuk efek terapi. Minyak esensial dapat menghasilkan aroma wangi yang menyenangkan ketika dipakai untuk mandi. Pilihlah minyak esensial dengan aroma lavender, mawar, dan lilac. Aroma ini bisa mengurangi kadar stres serta menenangkan tubuh.
  3. Bila mau, Anda bisa menambahkan campuran –rempah atau bunga kering untuk garam mandi ini. Tanaman kering tersebut bisa beruba rosemary, timi, atau daun pepermin yang sudah dihaluskan. 
  4. Campur semua bahan dan masukkan garam mandi pada bak mandi.
  5. Rendam kepala Anda pada bak air bercampur garam mandi, diamkan selama mungkin.
  6. Bila rambut Anda memiliki banyak pigmen, mungkin akan terlihat pewarna rambut akan luntur ke air. 

Cara menghilangkan cat rambut ini cukup murah dan efektif untuk dipraktikan.

Bleaching

Cara yang satu lebih cocok untuk menghilangkan cat rambut jenis permanen, sebab bila rambut Anda sudah nampak terang namun melakukan bleaching rambut, maka komponen penyusun bahan untuk bleaching bisa merusak rambut. Cara ini juga ditujukan untuk orang yang tidak berhasil dengan mencoba perawatan alami lain.


Cara menghilangkan cat pewarna rambut terakhir adalah dengan memakai detergen pakaian. Pilihlah detergen alami yang tidak mengandung bahanatau zat pemutih. Pemakaiannya dimulai dengan membasahi rambut, lalu membubuhkan satu sendok makan detergen pada rambut. Hindari agar detergen tidak mengenai mata dan telinga saat pemakaian. Metode ini lebih cocok diterapkan untuk rambut warna pirang gelap.