9 Manfaat Memakai Krim Malam dan Cara Memilihnya

Manfaat Memakai Krim Malam Secara Rutin Untuk Kulit Wajah. Sudah menjadi kebiasaan rutin sebagian wanita yang melek akan penampilan kalau penggunaan krim di malam hari sebelum tidur bisa menjaga kualitas kulit wajahnya. Mereka beranggapan kalau dengan memakai krim malam dengan kandungan ekstra memang diperuntukkan merawat kulit wajah, tanpa disadari wajah tampak lebih berseri.

Apakah Anda Perlu Memakai Krim Malam?

Masih ada perbedaan pendapat antara dokter kulit dengan produsen kecantikan perihal pemakaian krim malam. Tentu Anda sadar bahwa tujuan utama produsen kecantikan bukan hanya menginginkan banyak pelanggannya memakai rutin produk buatan mereka, tetapi juga bertujuan untuk meningkatkan angka penjualan dengan menjelaskan manfaat dari memakai krim malam buatan mereka.

Sementara di sisi yang bersebrangan, seorang profesor di fakultas kedokteran spesialis kulit Universitas Miami, Dr. Leslie Baumann, berpendapat kalau pemakaian produk losion krim malam belum terbukti mampu membantu kulit melakukan regenerasi dirinya di kala pemiliknya terlelap. 

Meskipun begitu, dirinya menambahkan kalau produk yang lebih terjangkau seperti L’oreal, Olay, dan Ponds yang sudah beredar di pasaran memiliki kualitas yang lebih baik dikarenakan perusahaan tidak sekadar menciptakannya dengan tujuan mencari keuntungan, melainkan juga mereka memproduksi produk tersebut dengan mencampurkan bahan-bahan yang bermanfaat untuk kulit.

Walau banyak dokter kulit yang mengatakan kalau krim malam adalah perihal sepele, tetap banyak orang khususnya wanita yang terus menggunakan krim malam untuk menjaga kecantikan kulitnya. Tidak ada salahnya di sini, selagi Anda memiliki tabungan cukup untuk diinvestasikan kepada kulit Anda, maka sah-sah saja bila Anda lebih memilih memakai krim malam dengan tujuan untuk melembutkan dan menghaluskan kulit, menghilangkan flek hitam di wajah, serta meminimalisir munculnya kerutan serta garis-garis halus di area wajah.

Manfaat Memakai Krim Malam

Manfaat Memakai Krim Malam dan Cara Memilih Krim Malam


Pada dasarnya memang krim malam dipakai sebagai pelembab wajah yang bisa mengatasi berbagai masalah kulit karena di dalamnya tersedia komposisi vitamin C, E, A, minyak jojoba, komponen anti-aging, retinol, peptida, asam amino, AHAs, kolagen, dan antioksidan. Namun ternyata, setelah kami mengutip dari salah satu referensi situs kecantikan terpercaya, ada manfaat luar biasa lain bila Anda pakai krim malam menjelang tidur setiap harinya.

Apa sajakah manfaat krim malam itu?

Menghaluskan Kulit Wajah

Manfaat krim malam pertama yaitu mampu memperhalus tekstur kulit wajah. Sudah menjadi rahasia umum akan manfaat yang satu ini. Krim malam yang berkualitas terkomposisi oleh minyak, misalnya minyak jojoba atau minyak zaitun. Minyak ini merupakan bahan yang berfungsi sebagai pelembab kulit wajah yang berkhasiat untuk menjauhkan wajah dari masalah kulit kering.

Bila Anda berkulit kering dan normal, maka disarankan untuk memilih krim malam yang mengandung minyak asam esensial (EFAs) – Essensial Fatty Acids. Krim malam dengan kandungan minyak esensial, seperti pada minyak ekstrak bunga matahari, ekstrak kelapa, minyak alpukat, dan buah zaitun sudah terbukti memiliki manfaat luar biasa untuk pemakai dengan jenis kulit kering.

Memutihkan Kulit Wajah

Krim malam yang mengandung ekstrak minyak bunga matahari, asam glikolat, azaleic acid, dan kojic acid mempunyai peranan baik dalam membantu mencerahkan kulit wajah. Manfaat krim malam yang satu ini bergantung pada komposisi bahan-bahan penyusun tersebut. Bila Anda merasa memiliki kulit kusam, maka pilihlah krim malam yang mengandung mereka pada tabel informasi produk.

Mengurangi Kerutan dan Garis Halus Pada Wajah

Kulit keriput bisa timbul di usia muda, biasanya pada mereka yang kurang peduli terhadap kesehatan kulitnya. Permasalahan semacam ini bisa ditepis dengan perawatan sederhana yang harus dirutinkan. Penggunaan krim malam salah satunya, Anda yang mungkin ingin terhindar dari penuaan dini bisa mencoba cara ini.

Krim malam yang berkualitas pada umumnya mengandung kolagen, elastin, gliserin, dan retinoid. Zat-zat tersebut merupakan mampu mengencangkan kulit, meminimalisasi kerutan atau kulit keriput pada area wajah, meningkatkan kekenyalan dan elastisitas kulit yang menurun akibat zat pengisi kulit wajah berkurang, serta mengatasi dampak diet ketat yang bisa mengendurkan kulit.
Menghilangkan Jerawat

Manfaat krim malam berikutnya bisa dirasakan oleh Anda yang memiliki kulit berjerawat. Produk yang diperkaya oleh sifat antibakteri sangat membantu menyembuhkan dan mengusir jerawat yang hinggap di kulit wajah bila krim malam dipakai secara rutin pada kulit yang dalam keadaan bersih.

Selain menyembuhkan kulit berjerawat, penggunaan krim malam yang mengandung bahan noncomedogenic juga berguna untuk orang yang memiliki masalah dengan kulit berminyak dan komedo. Pelembab seperti ini biasa disusun oleh bahan dasar air dan tidak ditambahi minyak esensial. Pintar-pintarlah dalam memilih krim malam sesuai jenis kulit.

Menenangkan Kulit Wajah

Tidur adalah aktivitas yang diperlukan tubuh untuk mengistirahatkan hampir 80% organ yang tersusun di dalamnya. Saat tidur, kulit akan teregenalisasi (mengangkat sel kulit mati), pikiran dan tubuh menjadi rileks serta terbebas dari stress. Ini hanya sebagian manfaat yang akan Anda peroleh ketika tidur.

Apabila ditambah dengan memakai krim malam dengan kandungan minyak esensial menjelang tidur, maka tubuh akan lebih tenang dan rileks karena minyak esensial yang ada pada produk kecantikan tersebut termasuk ke dalam minyak aromaterapi. Jadi, apabila Anda ingin merasakan manfaat tidur yang luar biasa, maka jangan lupa untuk memakai krim malam sebelum tidur.


Manfaat krim malam lainnya:
  • Dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit.
  • Bisa melancarkan sistem peredaran darah pada wajah yang berdampak pada kulit sehat.
  • Pada orang yang berusia di atas 30 tahun, pemakaian krim malam bisa dijadikan solusi agar kulit tampak awet muda.
  • Memperbarui sel kulit yang sudah mati dengan sel kulit baru yang muncul ke permukaan.

Cara Memilih Produk Krim Malam

Anda tidak bisa sembarangan memakai produk perawatan kulit di malam hari ini, berikut panduan dalam memilih krim malam yang bisa mempesona tekstur dan warna kulit Anda.

Sesuaikan krim malam dengan usia Anda saat ini

Bila Anda sudah berkepala 3 maka pilihlah krim malam yang memiliki fungsi anti-aging dan revitalisasi kulit.

Sesuaikan juga dengan jenis kulit 

Ada tiga jenis kulit, yaitu normal, kering, dan berminyak. Masing-masing jenis kulit membutuhkan perawatan dengan komposisi bahan produk yang berbeda. 

Bila Anda memiliki kulit wajah kering, maka pilihlah krim malam yang diperkaya oleh kandungan air. Sementara bila Anda berkulit wajah berminyak, maka hindari pemakaian krim malam berbasis air, karena hanya akan memperparah kulit berminyak Anda. Sedangkan jenis kulit wajah yang sensitif, harus lebih berhati-hati dalam memilih, karena berisiko menimbulkan alergi kulit.

Tentukan masalah kulit Anda saat ini

Krim malam semata dipakai tidak hanya untuk merawat kulit, tetapi juga menyembuhkan masalah yang menyangkut kulit wajah. Seperti wajah berminyak, berjerawat, berkomedo, bewarna kusam dan kering, serta banyak ditempeli noda-noda hitam, kesemuanya tidak bisa diatasi hanya dengan satu jenis krim malam. Anda harus memilih krim malam dengan manfaat yang dibawanya sesuai dengan masalah yang ingin Anda atasi.

Carilah krim wajah yang terbuat dari bahan alami

Kita semua tahu bahwa kelebihan dari produk yang memakai bahan dasar dari alam, seperti tumbuhan dan buah-buahan, tidak terlalu berpotensi dalam membawa efek samping serta bahaya bagi kulit. Sama halnya dengan krim wajah, bila ada krim yang terbuat seratus persen dari bahan herbal, apalagi telah mendapat izin edar dari BPOM, maka inilah yang Anda butuhkan. Namun lagi-lagi, sesuaikan dengan jenis kulit dan masalah yang Anda atasi.

Hindari bahan pemutih merkuri dan hidroquinon pada krim wajah

Dua bahan pemutih ini memang bekerja efektif mencerahkan warna kulit, tetapi sekarang sudah dilarang penggunaannya. Merkuri dan hidroquinon telah terbukti secara ilmiah membuat kulit berisiko terhadap penyakit kanker kulit. Biasanya krim wajah yang mengandung bahan pemutih ini pada iklan produknya akan tertulis salah satu manfaatnya bisa mencerahkan kulit yang cerah dalam waktu singkat. Lebih baik Anda pilih krim yang bekerja dengan aman, meski memakan waktu.

Pilih krim dengan aroma lembut dan tekstur halus

Jangan pilih krim yang terlalu wangi atau beraroma kuat sehingga mengganggu tidur Anda. Tidak hanya itu, biasanya krim beraroma kuat ini menjadi indikator di dalamnya terkandung material berbahaya seperti misal dua bahan pemutih di atas. 

Selain itu, juga pilihlah krim yang bertekstur lembut serta halus karena ini menandakan bahwa krim tersebut telah melewati proses yang bagus. Tekstur halus akan memungkinkan krim dapat meresap lebih efektif ke dalam kulit. Selain itu juga krim ini biasa tidak pekat alias tipis, sehingga tidak menutupi pori-pori kulit yang menjadikannya sulit bernapas.

Cara Memakai Krim Malam

Jangan mengaplikasikan krim malam untuk wajah dengan keinginan Anda sendiri. Mungkin prosedur berikut ini akan membantu Anda mendapatkan manfaat memakai krim malam ini secara maksimal.
  1. Cuci wajah Anda terlebih dahulu sebelum tidur dengan air biasa. Bila memiliki produk pembersih, dan krim malam bekerja sebagai pelembab, maka Anda bisa memakai facial wash product tersebut sebelum memakai krim pelembab wajah (night cream). Dengan catatan tunggu pemakaian saat kulit kering.
  2. Oleskan krim ke kulit wajah tipis-tipis, lalu beri pijatan rileksasi ke arah melingkar dengan jari atau telapak tangan Anda. Hindari pemakaian krim pada kelopak mata.
  3. Tidurlah dengan posisi telentang agar krim mengering terlebih dahulu.

Sekarang Anda sudah tahu manfaat memakai krim malam itu apa saja, bagaimana memilih krim malam yang baik, serta cara memakainya pun semoga sudah Anda mengerti. Semoga dengan ini semua, Anda tidak ragu lagi untuk merawat kecantikan kulit yang merupakan aset berharga yang harus terus dijaga.