Daftar Menu Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Kaya Gizi

Daftar Makanan 4 Sehat 5 Sempurna – Sempurna dalam makan makanan yaitu tercukupinya makanan yang mengandung karbohidrat, protein dan vitamin. Bagi anda yang sedang menjalani program diet tentunya harus lebih selektif dalam memilih menu makanan 4 sehat 5 sempurna.

Jangan sia – siakan usaha diet yang telah dan sedang anda jalani karena hanya ingin memenuhi gizi dari makan makanan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna. Bagi anda yang sedang diet sangat cocok sekali memilih menu makan makanan yang mengandung rendah kalori dan yang paling penting adalah rendah lemak.

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Daftar Menu Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Untuk memenuhi gizi seimbang dalam setiap harinya salah satu caranya adalah dengan memakanan makanan 4 sehat 5 sempurna. Yang mana daftar dari makanan 4 sehat 5 sempurna yang dapat anda pilih antara lain berikut ini:

#Makanan yang mengandung karbohidrat
Untuk pemenuhan yang pertama dalam makanan 4 sehat 5 sempurna adalah dengan memenuhi kebutuhan karbohidrat, yaitu dapat berasal dari nasi, pasta, roti dan cereal yang sudah di fortifikasi.

#Makanan yang mengandung protein
Untuk selanjutnya dari pemenuhan menu 4 sehat 5 sempurna yaitu pemenuhan protein. Yakni bisa berasal dari tahu, tempe, ikan, daging dan protein lainnya.

#Makanan yang mengandung vitamin
Vitamin ini bisa berasal dari buah dan sayur. Jenis buahnya bisa seperti anggur, pisang dan apel. Dan jenis sayurannya yaitu seperti wortel, seledri, kol, terong dan sayur serta buah – buahan lainnya yang mengandung vitamin.

Pelengkap / penyempurna
Untuk menjadi 5 sempurnanya itu bagi orang pada umumnya itu dengan susu. Selain itu juga bisa dengan yogurt dan keju atau juga lainnya yang mengandung kalsium, vitamin D dan B-12, serta juga yang mengandung lemak, minyak dan manis. Seperti yang terdapat pada es krim, donat dan cup cake atau yang lainnya.

Bagi anda yang sedang menjalani program diet tentunya harus lebih mengontrol pola makannya. Jika tetap ingin memenuhi kebutuhan gizi dengan memakan makanan 4 sehat 5 sempurna itu diharapkan bisa mengaturnya sendiri. Bisa dengan menggunakan porsi makan yang sedikit atau memilih sumber makanan yang baik untuk diet.

Dari menu makanan 4 sehat 5 sempurna menjelaskan bahwa setiap orang harus memenuhi porsi makanan yang akan dikonsumsinya mengandung gizi yang seimbang sebagaimana tersebut di atas. 

Apalagi menu dari makanan 4 sehat 5 sempurna juga sudah termasuk dalam menu makan kita setiap harinya. Namun, biasanya yang jarang dipenuhi adalah 5 sempurnanya yaitu dengan minumnya susu setelahnya.

Untuk karbohidrat saja itu sudah termasuk dalam makanan pokok kita sehari – hari. Bagi yang makanan pokoknya nasi, sumber karbohidratnya nasi, atau juga bagi yang makanan pokoknya jagung, gandum, kentang, oat serta umbi – umbian.

Untuk proteinnya bisa didapat dari makanan pendamping dari makanan pokok di atas. Bisa lauk pauknya, daging, ikan, tempe dan tahu.Selanjutnya untuk protein itu di dapat dari sayur – sayurannya. Kadang pada bagi masyarakat tertentu ada yang merasa tidak bisa makan jika tidak ada makanan yang berkuahnya. Dan ini bisa di dapat dari sayur – sayuran yang dimasak.

Selanjutnya dengan memakan berbagai buah – buahan yang mengandung banyak vitamin agar tubuh selalu merasa bugar. Serta penyempurna terakhir dengan meminum susu. Dan jangan lupa juga memenuhi kebutuhan tubuh akan air putih. Yang mana tubuh membutuhkan asupan air putih kurang lebih 8 gelas setiap harinya.

Itulah daftar makanan 4 sehat 5 sempurna semoga bermanfaat.