10 Cara Menebalkan Rambut Dengan Cepat Tanpa Obat

Cara Menebalkan RambutTidak semua orang yang beruntung terlahir dengan memiliki rambut tebal yang indah. Bermacam – macam model rambut yang dimiliki oleh manusia. Ada yang lurus dan pirang tapi rambutnya tipis, ada pula yang hitam keriting tapi terlihat tebal, dan lagi yang ikal dan tebal. 

Biasanya untuk yang memiliki rambut hitam yang tebal asli itu sangat jarang sekali. Untuk masalah rambut tidak tebal atau tipis atau bahkan botak pada bagian tertentu yang mana hal ini biasanya dialami oleh para pria. Pria yang mengalami kebotakan pada kepala bagian depan bahkan menjalar sampai seperempat dari kepala yang ditumbuhi rambut. Memang banyak faktor yang menyebabkan kebotakan pada kepala. 

Seperti misalnya dikarenakan penggunaan obat – obatan hingga waktu tertentu, pola makan yang buruk seperti penggunaan penyedap rasa yang berlebihan yang mana dapat membuat rambut rontok dan lama kelamaan dapat mengakibatkan kebotakan, sindrom ovarium polikistik dimana pada gejala ini terdapat ketidakseimbangan yang mengakibatkan terjadinya kelainan pada rambut yang tumbuh pada kulit kepala melainkan lebih subur pada bagian lain seperti tumbuh rambut yang berlebih pada wajah. 

Namun, pada kulit kepala mulai rontok dan terjadi kebotakan. Faktor selanjutnya yaitu karena masalah hormonal, masalah ini diakibatkan oleh mengonsumsi pil KB, hamil dan terapi hormon yang mengakibatkan rambut rontok dan menipis.  Atau juga karena faktor genetik. Jika anda memiliki riwayat keturunan yang memiliki masalah penipisan rambut, maka anda juga memiliki risiko tinggi menderita penipisan rambut.

Dan faktor yang terakhir adalah karena faktor penuaan. Yang mana pada usia sudah tua produksi estrogen pada wanita mengalami penurunan, sehingga pertumbuhan rambut pada usia tua lebih lambat.

Cara Menebalkan Rambut

cara menebalkan rambut secara alami
Tips dan cara untuk menebalkan rambut yang tipis secara alami tanpa obat
Berikut adalah tata cara menebalkan rambut yang dapat Anda terapkan di rumah:

1. Teh Hijau
Teh hijau dipercaya dapat merawat rambut dari kerontokan akibat serangan dari radikal bebas. Dan bagi anda yang suka kopi, untuk beberapa waktu anda bisa menggantinya dengan teh hijau. Dari teh hijau ini tidak hanya menjadi cara menebalkan rambut, tapi banyak manfaat lain yang terkandung dalam teh hijau.

2. Gel Lidah Buaya
Sudah sangat terkenal sekali soal lidah buaya untuk rambut. Keampuhan lidah buaya untuk penerapan cara menebalkan rambut tipis sudah banyak terbukti. Caranya mudah dengan menggosokkan bagian dalam lidah buaya yang berbentuk gel pada setiap kelompok helai rambut dan diamkan selama 1 jam dan bilas dengan air bersih.

3. Mencukupi Asupan Vitamin A untuk Tubuh
Dengan asupan vitamin A dari dalam maka pertumbuhan rambut akan normal dan sehat. Cara menebalkan rambut yang satu ini kerap dilupakan oleh kebanyakan orang yang bermasalah dengan hormonal. Jadi, apabila Anda sudah sadar, segera perbanyak konsumsi makanan yang menjadi sumber vitamin A seperti bayam, wortel, susu, dan telur. Pemenuhan nutrisi berupa vitamin A bisa juga diperoleh dari tablet suplemen.

4. Penuhi Kebutuhan Nutrisi Rambut
Penuhi nutrisi yang dibutuhkan rambut dengan protein dan vitamin B kompleks agar rambut dapat tumbuh sehat dan tebal. Bisa berasal dari sayuran hijau, daging, buah buahan dan kuning telur.

5. Minyak Zaitun
Selain menebalkan rambut minyak zaitun juga bisa menghitamkan rambut. Caranya mudah, yaitu dengan mengoleskannya ke rambut secara merata sebelum tidur. Atau jika tidak mau tidur malam terganggu, praktekan tips menebalkan rambut alami ini ketika waktu lowong, sambil bersantai lebih asyik.

6. Madu
Madu selalu mengambil andil untuk perawatan kecantikan, dalam cara menebalkan rambut. Madu memberi khasiat berupa penyuburan rambut sehingga rambut terlihat lebih tebal dan hitam legam. Caranya mudah yaitu dengan mengoleskannya secara merata pada rambut dan diamkan 10-15 menit dan cuci dengan bersih. Bisa dilakukan minimal 1 kali seminggu.

7. Kemiri
Tidak terlewat rempah dapur yang satu ini. Kemiri memang sering dijadikan bumbu masakan, tetapi tak jarang pula dijadikan produk alami penumbuh rambut di beberapa titik tubuh. Anda bisa dengan mudah membantu menebalkan rambut dengan kemiri. 

Caranya dengan menumbuk kemiri kasar, kemudian rebus dalam air hingga keluar minyak yang terlihat di permukaan panci. Setelah itu, biarkan air dingin dan gunakan minyak untuk mengoles rambut hingga merata. Cara kedua dengan menyangrai atau membakar kemiri hingga gosong dan keluar minyaknya, cara menebalkan rambut dengan kemiri ini dianggap paling efektif.

8. Minyak Kelapa
Banyak industri yang mengeluarkan bermacam produk perawatan kulit dari santan kelapa, seperti VCO (virgin coconut oil) yang bagus untuk mengangkat sel kulit mati. Namun selain itu, minyak kelapa yang diperas atau diolah sendiri ternyata mampu membantu orang yang mengalami kebotakan dan penipisan rambut. Mungkin cara menebalkan rambut dengan cepat ini lumayan sulit, namun hasilnya sangat memuaskan.

Gunakan minyak kelapa pada rambut hingga ke ujung akarnya. Tunggu mengering selama 30 menit. Langkah terakhir, bersihkan dengan air dan shampo; proses keramas seperti biasa hingga rambut tidak licin.

9. Daun Bawang Selederi
Indonesia yang dikenal sebagai negara agraris, sudah pasti menyimpan jutaan tanaman yang berguna bagi manusia, seperti bawang selederi. Umumnya, kita sering melihat daun ini sebagai taburan pada bubur ayam. Namun, siapa sangka ternyata pada bagian tangkainya juga bermanfaat untuk mempertebal rambut.

Mula-mula, bersihkan dan haluskan tangkai daun selederi. Selajutnya, cuci rambut tanpa shampo. Langsung gosok tangkai daun seledri pada rambut hingga keluar sedikit cairan yang membasahi helai rambut. Pijat kulit kepala beserta rambut seperti layaknya di barbershop atau salon. Diamkan selama kurang dari 1 jam, bersihkan rambut dengan shampo. Cara menebalkan rambut tanpa obat ini bisa Anda jalani minimal 2 kali seminggu.

10. Shampo yang Tepat
Ada kalanya masalah pada rambut terjadi akibat ketidakcocokan kulit kepala beserta rambut dengan shampo yang digunakan untuk keramas setiap hari. Ini sangat mungkin terjadi, karena tidak semua orang mengerti tentang kesehatan rambut. Untuk itu, tanya dokter mengenai rambut Anda. Kalau perlu, perbanyak wawasan tentang kesehatan rambut di Internet agar nantinya tahu merek dan kualitas shampo yang kiranya sesuai untuk rambut sendiri.

Demikianlah 10 cara menebalkan rambut yang dapat anda lakukan dan semoga bermanfaat.