17 Cara Menghilangkan Bau Mulut dan Mencegahnya

Cara menghilangkan bau mulut. Sejatinya, mulut digunakan untuk mengeluarkan suara-suara yang nantinya akan direspon oleh lawan bicara yang berada di hadapan ataupun tidak langsung (melalui media seperti handphone). Bila Anda berhadapan langsung dengan seseorang untuk melakukan suatu pembicaraan, semua akan terasa nyaman ketika tidak tercium bau mulut.

Bau mulut adalah masalah kesehatan yang sulit diketahui oleh diri sendiri. Kebanyakan orang mengira untuk mengecek bau mulut, dengan meniup atau menghembuskan napas ke tangan kemudian dicium akan ketahuan napas kita bau atau tidak. Sebetulnya cara tersebut kurang efektif dan bahkan tidak bekerja. Cara yang dibenarkan untuk mengetahui bau mulut sejati adalah menjilat telapak tangan, tunggu air liur kering dan cium telapak tangan Anda. Apabila tercium bau berarti Anda positif mengalami masalah bau mulut.

Penyebab bau mulut cukup beragam. Sariawan termasuk salah satunya, terjadi karena adanya infeksi di dalam mulut yang menyebabkan nanah berbau tidak sedap dari mulut. Merokok patut dikatakan sebagai penyebab bau napas, mungkin Anda sudah tahu alasannya. Dan, yang paling mempengaruhi adalah gigi berlubang. Ini merupakan faktor utama pemicu bau mulut, terjadi karena banyak tumpukan sisa makanan pada sela gigi berlubang yang lama kelamaan mengalami pembusukan dan menimbulkan bau mulut disertai masalah lain seperti gusi bengkak.

Cara Menghilangkan Bau Mulut

cara menghilangkan bau mulut

Mudah saja, upaya sederhana yang bisa Anda lakukan sebagai cara mengatasi bau mulut tidak sedap adalah dengan rutin menggosok gigi setiap kali mandi, ditambah dengan berkumur saat bangun dan menjelang tidur. Lebih jelasnya mengenai cara menghilangkan bau mulut dengan cepat, berikut ini tips yang berhasil dirangkum dari beberapa situs kesehatan terpercaya.

1 | Rutin menggosok gigi
Hal paling mendasar yang harus Anda lakukan adalah rutin menggosok gigi, setidaknya 2 kali sehari. Ketika menggosok gigi janganlah terlalu agresif karena hal tersebut bisa menghancurkan enamel yang membuat gigi Anda lebih rentan terhadap kerusakan.

2 | Bila perlu, gunakan benang gigi
Sehabis makan tentunya ada banyak sisa makanan yang menyelip di antara sela-sela gigi yang membentuk plak dan karang gigi. Kedua tempat tersebut sangat disukai bakteri untuk bertahan hidup di dalam mulut. Untuk mengatasinya, pertama tentu dengan menggosok gigi dan bila perlu, gunakan benang gigi lebih sering untuk membersihkan sisa makanan pada sela gigi.

3 | Gunakan obat kumur anti-bakteri
Setiap bangun tidur, usahakan untuk segera berkumur dengan obat kumur anti-bakteri selama beberapa detik. Kebiasaan ini akan membuat bakteri yang bersarang di dalam mulut ketika Anda tidur menjadi berkurang dan plak juga ikut berkurang.

4 | Mengangkat kotoran dan bakteri pada lidah
Bakteri tidak hanya menempel pada karang gigi, tetapi di lidah pun juga dianggap sebagai tempat tinggal yang cocok bagi mereka. Secara tidak langsung, akan terbentuk lapisan pada lidah yang nantinya menimbulkan bau busuk akibat bakteri tadi. 

Dalam masalah ini, Anda bisa menggosok lidah dengan sikat gigi secara perlahan ke seluruh permukaan lidah. Bila perlu, beli alat pembersih lidah khusus karena sudah dirancang untuk menerapkan tekanan yang sama di daerah permukaan lidah.

5 | Berhenti merokok
Untuk 100% berhenti dari kebiasaan merokok memang sulit, dan sangat sulit. Tetapi bila Anda tidak ingin dijauhi orang-orang sekitar karena bau napas Anda, lebih baik motivasi diri untuk mengurangi kebiasaan merokok hingga nanti dapat berhenti total. Jika Anda butuh sedikit bantuan, belilah nikotin tempel yang dijual di apotik. Hal tersebut akan membantu mengurangi keinginan merokok.

6 | Ganti manisan permen dengan permen karet bebas gula
Setelah makan malam, jangan mengunyah permen manis karena akan mendorong pertumbuhan bakteri di dalam mulut yang berdampak pada bau mulut. Sebaiknya, Anda mengganti permen manis dengan permen karet tanpa gula. Menurut salah satu Dr. Kesehatan Gigi terkemuka: “Permen karet dapat memberi pertahanan alami terhadap asam plak penyebab kerusakan gigi dan bau mulut dengan cara merangsang produksi air liur lebih banyak”.

7 | Perbanyak minum air putih
Air putih akan membuat mulut Anda terjaga dari dehidrasi (kekurangan cairan). Berkurangnya air liur di dalam mulut dapat menimbulkan bau tak sedap. Oleh karena itu, dalam sehari usahakan agar mulut tidak kering, caranya dengan memperbanyak minum air putih. Apabila cara ini dirasa tidak berhasil kunjungi dokter gigi untuk konsultasi seputar problem yang sedang Anda alami.

8 | Waspada terhadap penyakit gusi
Periodontal atau orang awam menyebutnya penyakit gusi sangat membantu menimbulkan bau kurang enak dari mult Anda. Hal ini terjadi karena pada dasar gigi (gusi) terdapat banyak bakteri yang tidak pernah dibersihkan. Jika kondisinya terbilang parah, kunjungi periodontist, yaitu dokter yang khusus menangani penyakit gusi.

9 | Kawat gigi sebaiknya dibersihkan secara berkala
Ini khusus untuk Anda yang menggunakan kawat gigi dengan tujuan medis, bukan mengikuti trend. Kawat gigi termasuk alat penahan yang menempel pada gigi. Alat ini harus dibersihkan secara menyeluruh setiap kali menggosok gigi, pastikan agar semua celah dan sudut sudah dibersihkan.

10 | Bertatap muka dengan dokter
Bila Anda benar-benar ingin mendapatkan mulut yang sehat dan terhindar dari segala jenis masalah, dalam 6 bulan sekali luangkan waktu untuk bertatap muka dengan dokter spesialis gigi. Kemudian minta juga kepada dokter ybs untuk melakukan spa pada gigi Anda setidaknya dua kali dalam sebulan.

11 | Sediakan buah-buahan segar di dalam lemari es
Jika Anda sudah bosan dengan permen karet tanpa rasa, cobalah konsumsi buah segar yang mempunyai rasa manis, seperti apel. Konsumsi apel secara rutin bisa mengurangi bau mulut. Jika Anda ingin tahu lebih jauh mengenai kehebatan buah apel, beberapa waktu lalu sudah diterbitkan artikel mengenai manfaat buah apel, silahkan Anda baca.

Adapun contoh buah-buahan penghilang bau mulut lainnya adalah:
  • Stroberi.

    Stroberi adalah buah berasa asam (ada juga yang manis) yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi bau mulut. Ini dikarenakan terdapat kandungan Vitamin C yang mampu membunuh bakteri atau kuman di dalam mulut.
  • Lemon.

    Buah lainnya yang mampu mencegah bau mulut tidak sedap adalah lemon. Rasa asamnya dapat menetralisir bakteri penyebab bau mulut.
  • Pir.

    Berkat tekstur yang sedikit keras dari buah ini membuat pir menjadi buah pemberantas sisa makanan yang menyelip ataupn menempel pada permukaan gigi.
  • Jambu biji.

    Entah ini hanya sekedar pendapat atau bukan, namun melihat berdasarkan kasus yang sudah-sudah. Banyak orang yang berhasil menghilangkan bau mulutnya dengan cara konsumsi buah jambu biji.

12 | Minum green tea
Nama teh hijau semakin kesini semakin populer namanya. Ini karena terdapat banyak sekali khasiat kesehatan dari teh hijau, pada beberapa waktu lalu telah diterbitkan artikelnya. Di sini, teh hijau berperan sebagai pelindung gigi dari kerusakan dengan cara menghilangkan plak dan membunuh bakteri yang menempel pada gigi ataupun mulut berkat senyawa aktir bernama catechin di dalamnya. Ketika bau mulut, minumlah 2 - 3 cangkir teh hijau dalam sehari.

13 | Konsumsi Vitamin C
Banyak buah-buahan yang menjadi sumber vitamin C, contohnya yang paling terkenal adalah buah jeruk. Vitamin C akan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut. Vitamin C juga bisa Anda dapatkan dari suplemen seduhan.

14 | Gunakan bahan alami
Siapa yang tidak ingin mengatasi bau mulut dengan cara alami yang tidak memiliki efek samping? Tentu semua orang mau. Jika Anda termasuk salah satu dari mereka, berikut ini beberapa pilihan bahan alami penghilang bau mulut.
  • Ketumbar. Rempah ini dapat dgunakan untuk mengurangi bau napas tidak sedap. Caranya dengan merebus ketumbar, kemudian airnya disaring dan diminum ketika dingin.
  • Jeruk nipis dan madu. Ramuan herbal ini bisa juga diminum untuk mengobati batuk. Caranya dengan mencampurkan kedua bahan pada gelas kecil, aduk rata dan minum.
  • Daun sirih dan lengkuas. Kedua bahan dapur ini sangat mudah didapatkan, Anda bisa membeli di tukang sayur terdekat. Cara mengatasi bau mulut dengan bahan alami ini diawali dengan merebus daun sirih dan lengkuas, kemudian gunakan untuk berkumur.
  • Kayu manis. Selain khasiatnya yang dipercaya oleh masyarakat sebagai obat penyakit, kayu manis ternyata juga berguna untuk meringankan bau mulut. Caranya dengan menyeduh kayu manis di dalam teh hangat, kemudian minum sehari 2 kali.
  • Kencur. Cara penggunaannya, yaitu diawali dengan merebus 10 gram potongan kencur, pinang, tanaman adas, dan 15 gram daun sirih temu ros bersama setengah liter air. Ketika mendidih, saring airnya dan minum ketika menjelang tidur malam. Lakukan rutin 2 - 3 kali dalam seminggu.

Cara Mencegah Bau Mulut

cara mencegah bau mulut

Dari sekian banyak cara menghilangkan bau mulut, mungkin ada beberapa yang termasuk ke dalam cara pencegahan aroma napas tidak sedap. Tetapi pada bagian ini akan diberikan lebih banyak mengenai tips mencegah bau mulut.
  1. Selalu sediakan permen mint di dalam tas atau kantong Anda. Alasannya karena permen mint akan memberikan napas segar pada mulut Anda, meski hanya sementara waktu.
  2. Beri asupan yogurt apabila tidak ingin mengalami problem ini. Berdasarkan penelitian, yogurt plain (tanpa gula) mampu mengurangi jumlah bakteri yang menumpuk di dalam mulut. Susu hasil fermentasi ini jga dapat mengurangi plak pada gigi.
  3. Makanlah keju rendah karbohidrat namun tinggi kalsium. Keju jenis ini dapat meningkatkan produksi air liur sehingga dapat meredakan bau mulut.

Itulah segenap upaya yang sudah seyogyanya Anda lakukan bila ingin lebih percaya diri bicara di depan orang banyak. Hanya sekedar peringatan, ketika menjalani cara menghilangkan bau mulut dengan bahan alami, lebih baik pilih salah satu saja dan lakukan dengan rutin (konsisten). Jangan ganti-ganti sebelum ada reaksi, begitupun dengan bahan lain.

Setelah bau mulut sudah teratasi, langkah berikutnya yang sebaiknya Anda lakukan adalah melakukan pencegahan dengan mengikuti beberapa cara mencegah bau mulut tersebut. Alhasil, napas Anda akan terasa segar sepanjang hari.

Dengan napas yang segar, mulut sehat, dan gigi yang putih bersih. Hidup Anda akan terasa bahagia. Selain itu hasil yang didapat juga bisa menjadi aset untuk menggapai kesuksesan. Bila Anda merasa punya wajah yang ‘good looking’, coba saja datang untuk cast iklan atau film.