Apa yang harus dilakukan penderita diabetes sebelum hamil

Apa yang harus dilakukan penderita diabetes sebelum hamil

Wanita perlu mempersiapkan banyak hal sebelum merencanakan untuk hamil. Tapi bagi wanita penderita diabetes, penting untuk memiliki kesiapan yang lebih baik karena kesehatan ibu dengan diabetes sangat berbahaya untuk hamil. Berikut beberapa hal yang harus dilakukan sebelum hamil bagi wanita penderita diabetes untuk memastikan kehamilan yang sehat serta lebih banyak pengetahuan tentangkesehatan reproduksi.

penderita diabetes


Apa yang harus dilakukan penderita diabetes sebelum hamil?

Sebelum Anda berencana untuk memiliki bayi, Anda perlu hati-hati memeriksa kadar glukosa darah Anda. Karena begitu Anda hamil, Anda dan bayi Anda berisiko tinggi mengalami komplikasi. Secara khusus, komplikasi yang disebabkan oleh diabetes dapat memiliki efek seumur hidup pada bayi.

Satu hal yang harus Anda ketahui adalah bahwa wanita dengan diabetes lebih mungkin mengalami keguguran atau mengalami kematian bayi secara tiba-tiba saat lahir.

Diabetes mellitus meningkatkan risiko bayi mengembangkan diabetes di masa depan. Sebagian besar masalah dengan jantung, ginjal, dan kerusakan otak dan saraf terjadi selama delapan minggu pertama kehamilan. Risiko potensial ini sebagian disebabkan oleh pesatnya peningkatan kadar glukosa darah di luar tingkat aman.

Kabar baiknya adalah bahwa dengan persiapan yang matang dan dukungan seorang dokter kandungan, Anda bisa memiliki kehamilan yang sehat.

Langkah-langkah berikut akan membantu Anda mendapatkan kesehatan terbaik dalam persiapan kehamilan

  • Tujuannya untuk mengendalikan gula darah. Dokter kandungan Anda akan merekomendasikan agar Anda mempertahankan kadar hemoglobin dan kadar glukosa darah yang stabil. Sebelum Anda berniat untuk hamil, Anda harus pergi ke rumah sakit untuk memeriksa kadar glukosa darah Anda secara teratur.

  • Kendalikan diet Anda dengan seksama dan berolahraga secara teratur. Jangan minum minuman beralkohol karena bisa meningkatkan kadar gula dalam darah dengan sangat cepat.

  • Jika Anda kelebihan berat badan dan memiliki BMI 27 atau lebih tinggi, menurunkan berat badan sebelum hamil akan mengurangi risiko komplikasi selama kehamilan.

  • Sangat penting untuk mengkonsumsi asam folat jika Anda menderita diabetes dan berencana untuk hamil. Folat membantu mencegah cacat tabung saraf seperti spina bifida. Tambahkan 5ml asam folat setiap hari dan teruskan suplemen sampai Anda hamil 12 minggu.

  • Beberapa obat yang digunakan untuk mengendalikan diabetes tidak aman untuk kehamilan. Oleh karena itu, jika Anda mengonsumsi pil untuk mengendalikan penyakit ini, Anda mungkin perlu mengganti pengobatan Anda dengan suntikan insulin sebelum hamil.

  • Wanita dengan diabetes perlu dikonsultasikan secara hati-hati sebelum hamil dan untuk mengontrol kadar glukosa darah. Ini akan membantu Anda bersiap-siap untuk kehamilan dan persalinan.

Apa yang harus dilakukan penderita diabetes sebelum hamil | Afrianti Rahayu | 5