-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Obat Sakit Gigi Paling Ampuh

Obat Sakit Gigi Paling Ampuh - Seseorang yang sedang mengalami sakit gigi pasti ingin mendapatkan obat sakit gigi paling ampuh, guna mengatasi rasa sakit yang dirasakan sangat mengganggu, rasanya nyut-nyut diiringi sakit kepala seperti mau pecah, mungkin seperti itu yang sedang Anda keluhkan sekarang ini. Selain mengandalakan obat sakit gigi untuk meredakan gejalanya, Anda pun perlu mengetahui cara mengobati sakit gigi sampai tuntas, agar sakit tersebut tidak terjadi lagi. Karena sangat dimungkinkan sakit gigi yang diderita seseorang akan kambuh lagi. Namun jika penyebab sakit gigi dapat Anda pahami dan dapat Anda atasi kemungkinan besar sakit gigi tidak akan terjadi lagi pada Anda.
Obat Sakit Gigi Paling Ampuh
Obat Sakit Gigi Paling Ampuh
Berikut adalah penyebab-penyebab sakit gigi yang harus Anda ketahui.

  • Kerusakan pada gigi atau gigi berlubang.

Jenis kerusakan gigi seperti ini adalah penyebab sakit gigi yang paling utama dan banyak terjadi, baik itu pada usia anak-anak maupun orang yang telah dewasa. Gigi berlubang terjadi dikarenakan adanya bakteri yang berkembang biak dan mengolah zat gula serta zat tepung sisa makanan dalam mulut. Bakteri ini bekerja membuat plak yang menempel pada permukaan gigi. Hasil dari olahan bakteri ini menghasilkan zat asam yang merusak struktur keras gigi.
Adapun penyebab sakit gigi lainya adalah:

  • Abrasi akibat menyikat gigi yang terlalu kuat.
  • Fraktur/gigi patah.
  • Gusi bengkak.
  • Gusi terkena infeksi.
  • Gerakan-gerakan gigi yang berulang, seperti mengunyah permen karet yang berlebihan.

Banyak cara untuk mengobati sakit gigi, mulai dari perawatan yang dilakukan sendiri di rumah hingga melakukan pengobatan pada dokter spesialis gigi. Mari kita lakukan pengobatan pada gigi mulai dari cara yang sederhana.

  • Konsumsi obat sakit gigi.

Obat penghilang nyeri jenis nonsteroidal anti-inflammatory drugs seperti aspirin dan ibuprofen termasuk obat yang cukup efektif mengobati gejala sakit gigi ringan, obat-obatan ini dijual bebas di pasaran dan harap membaca aturan pakainya. Adapun sakit gigi yang lebih berat, yaitu rasanya yang nyut-nyutan hingga ke kepala dapat menggunakan obat sakit gigi yang paling ampuh, yaitu obat sakit gigi yang mengandung metampiron, contoh antalgin, infalgin, hufralgin, namun untuk memakainya mesti menggunakan resep dokter mengingat efek samping yang ditimbulkanya.


Obat sakit gigi jenis ini berbentuk gel atau cair yang dapat digunakan langsung pada gigi yang sakit, di dalam obat sakit gigi ini mengandung antiseptik dan benzokain/obat bius yang bekerja membersihkan gigi dari bakteri dan kuman, serta menghilangkan keluhan rasa sakit dalam waktu sementara. Obat sakit gigi topikal dengan kandungan benzokain sangat dilarang untuk digunakan pada anak dibawah umur 2 tahun tanpa ada pengawasan dari dokter dan jangan pula Anda menggunakan lebih dari dosis yang dianjurkan.

  • Kompres dingin.

Caranya, celupkan handuk bersih ke air dingin, peras, lalu tempelkan pada pipi tepat pada sekitar gigi yang sakit. Suhu dingin dapat membantu meringankan rasa sakit pada gigi.

  • Kumur air garam hangat.

Sakit gigi dapat juga di sebabkan adanya peradangan di sekitar gigi dan infeksi ringan, untuk mengatasinya Anda dianjurkan berkumur dengan air garam hangat. Caranya, sediakan air hangat setengah gelas tambahkan garam dapur seperempat sendok makan lalu aduk hingga rata. Gunakan berkumur selama 30 sampai 60 detik, dapat dilakukan beberapa kali dalam sehari.

Kapankah Harus Pergi Ke Dokter?.

Seseorang yang mengalami sakit gigi dengan kriteria berikut sangatlah dianjurkan untuk secepatnya memeriksakan ke dokter spesialis gigi.

  • Bila terjadi infeksi, seperti mengalami pembengkakan, ketika menggigit terasa nyeri, gusi berwarna merah atau bahkan terdapat nanah.
  • Sakit gigi yang terjadi terus menerus lebih dari satu atau dua hari.
  • Sakit gigi disertai dengan demam.
  • Sakit gigi yang mengakibatkan Anda kesulitan bernapas atau menelan.

Umumnya, seorang dokter gigi dalam menangani pasien, pertama kali yang ia lakukan adalah menanyakan riwayat kesehatan dan melakukan pemeriksaan fisik pasien. Pertanyaan yang ia ajukan adalah mengenai rasa sakit gigi, waktu mulai terasanya, seberapa parahkah keluhannya, penyebabnya, sesuatu yang membuat rasa sakit tersebut lebih buruk, dan sesuatu yang membuatnya lebih baik. Sedangkan keadaan fisik yang dokter periksa adalah bagian mulut, gusi, gigi, rahang, tenggorokan, lidah, sinus, telinga, hidung, dan leher. Bahkan jika diperlukan dokter juga akan melakukan rongsen gigi atau pemeriksaan lanjut lainnya sesuai kecurigaan dokter mengenai sakit gigi yang pasien alami. Barulah setelah melakukan tahapan pemeriksaan di atas, dokter kemudian akan menentukan tindakan/prosedur terapi yang cocok dengan penyebab sakit gigi yang dialami pasien tersebut. Cara yang demikianlah merupakan prosedur yang akan membuat tuntas masalah sakit gigi.

Secara global cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi sakit gigi antara lain:

  • Melakukan penambalan gigi. Hal ini disebabkan oleh gigi yang berlubang dan membuat lapisan saraf gigi terekspos hingga menjadikan gigi lebih sensitif.
  • Perawatan saluran akar gigi. Terjadi karena gigi berlubang lebih dalam, yang mana jaringan saluran akar gigi/pulpa telah mengalami infeksi. Perawatan pada saluran akar ini, seorang dokter biasanya akan melakukan pembersihan jaringan yang terinfeksi, kemudian menambalnya, yang mana dalam penanganannya dibutuhkan waktu kunjungan pasien sampai beberapa kali.
  • Pencabutan gigi. Gigi yang telah mengalami kerusakan parah tidak akan bisa diperbaiki, maka pada keadaan demikian jalan terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan melakuka pencabutan gigi.
  • Pembersihan karang gigi. Terjadinya Karang pada gigi juga dapat menyebabkan keluhan sakit gigi, maka cara perawatan yang tepat pada masalah ini adalah dengan melakukan pembersihan karang gigi.

Demikianlah sedikit artikel mengenai cara mengobati sakit gigi sampai tuntas serta obat sakit gigi paling ampuh. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter