-->

Ad Unit (Iklan) BIG

10 Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Beraktifitas

Cara Menghilangkan Ngantuk. Aktifitas yang kita lakukan sehari-hari tak lepas dengan kebutuhan energi yang dibutuhkan tubuh. Jika energi kita belum cukup untuk melakukan kegiatan rutinitas, maka berbagai masalah akan menghambat jalannya kegiatan tersebut. Sebagai contohnya adalah sering menguap akibat ngantuk, pasti tidak fokus jika maelakukan sesuatu dengan keadaan ngantuk.

Aktifitas yang biasa diganggu oleh kantuk adalah belajar dan berkendara. Yang paling mengkhawatirkan adalah berkendara, keadaan mata yang tidak kuat untuk konsentrasi menempuh perjalanan akibat ngantuk akan memperbesar risiko terjadinya kecelakaan.

Rasa ngantuk yang timbul memang tidak diharapkan ataupun dibuat-buat, itu terjadi begitu saja. Oleh karena itu Anda wajib mengatasinya agar aktifitas harian Anda tidak terganggu. Simak ulasan lengkap mengenai beragam cara menghilangkan ngantuk saat beraktifitas berikut ini.

Cara Menghilangkan Ngantuk

Cara Menghilangkan Ngantuk

Karena ada 3 kondisi, yaitu saat berkendara dan belajar. Maka ulasannya akan dipisah untuk memudahkan Anda dalam membacanya.

Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Berkendara

Untuk memperkecil angka kematian akibat kecelakaan, maka Anda tidak boleh mengantuk ketika mengemudi. Berikut ini tips mengatasi ngantuk saat berkendara.

1. Hindari waktu mengemudi berlebihan

Jangan sampai Anda mengemudikan mobil lebih dari 3 jam tanpa henti. Sebab, saraf sensorik dan motorik Anda akan mengalami ketegangan akibat dipaksa untuk membagi konsentrasi antara mengingat jalan, menatap depan, menekan tuas untuk menghidupkan lampu sen dan masih banyak lagi.

2. Istirahat dan lakukan olahraga ringan

Berkendara terlalu jauh akan membuat tubuh jadi lelah dan dapat menimbulkan rasa kantuk. Maka dari itu ikuti cara menghilangkan rasa ngantuk dengan beristirahat dan melakukan olahraga ringan.

3. Tidak mengonsumsi karbohidrat berlebih

Karbohidrat dapat menyebabkan kantuk. Oleh karenanya, hindari konsumsi karbohidrat seperti nasi dan roti gandum ketika di perjalanan. Hal tersebut bisa terlaksana karena karbohidrat mengubah L-Tryptophan atau asam amino menjadi niacin dan vitamin B. Sementara niacin akan memproduksi seretonin dimana senyawa ini dapat merangsang tubuh untuk berada pada keadaan nyaman, sehingga memicu rasa kantuk.

Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Belajar

Ketika belajar ataupun mengerjakan tugas diselimuti rasa ngantuk pasti benar-benar mengganggu. Maka dari itu segara atas dengan cara menghilangkan ngantuk ketika belajar berikut ini.

1. Jangan Monoton

Kegiatan belajar yang monoton akan membuat otak jadi jenuh sehingga mata akan merasa ngantuk dengan mudah. Untuk mengatasinya, Anda jangan mempelajari 1 bidang studi secara terus menerus, ganti juga posisi belajar Anda menjadi lebih santai.

2. Sambil Ngemil

Jika otak bekerja terlalu lama, bisa menyebabkan efek pada perut lapar. Maka dari itu Anda bisa berhenti belajar sejenak untuk mencari cemilan. Ngemil ketika belajar telah banyak memudahkan seseorang dalam hal belajar. Sebab mulut akan terus bergerak sehingga otak Anda tidak terlal fokus pada pelajaran, tetapi juga pada cemilan yang sedang dikunyah.

3. Buat Suasana Belajar Yang Nyaman

Tips yang satu ini juga diyakini banyak orang dapat memperlancar proses belajar. Buatlah suasana belajar senyaman mungkin agar mood untuk belajar akan muncul, misalnya sambil mendengarkan musik atau belajar di taman yang hijau dan asri.

Cara Mengatasi Rasa Ngantuk Lainnya

Seperti yang dilansir oleh iDiva berikut ini cara mengatasi rasa ngantuk secara umum.
  1. Minum Air Putih

    Dehidrasi adalah hal yang mudah terjadi ketika bekerja. Saat dehidrasi tubuh akan lemah dan ngantuk, maka dari itu jangan pernah lupa untuk meletakkan air putih di meja kerja Anda.

  2. Bernapas dalam-dalam

    Pernah senam yoga? Pasti setiap gerakan diakhiri dengan menarik napas dalam-dalam. Hal tersebut dilakukan semata-semata bukan untuk menghirup oksigen, tetapi pikiran juga lebih tenang dan Anda tak mudah terserang stress.

  3. Minum teh herbal

    Daripada minum kopi lebih baik ganti dengan teh herbal. Sebab teh herbal lebih ringan efeknya dibanding kopi.

  4. Menurunkan suhu AC

    Cuma segelintir orang yang tau teknik ini. Ketika bekerja dan tiba-tiba rasa kantuk datang, coba turunkan suhu AC sampai yang paling dingin. Kedinginan akan membuat mata dan tubuh lebih segar.
Demikian ulasan mengenai cara menghilangkan ngantuk saat beraktifitas. Sebagai tips tambahan, janganlah Anda sering bergadang jika esoknya tahu akan melaksakanan aktifitas berat dan lama agar tidak mudah ngantuk.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter