7 Manfaat Luar Biasa Asam Jawa, Bisa Membunuh Berbagai Macam Penyakit

Manfaat Asam Jawa
Asam Jawa
Manfaat Asam Jawa- Pasti semua orang-orang Indonesia tak asing lagi saat mendengar nama buahan satu ini. Terlebih ibu rumah-tangga. Ya, terlebih bila bukanlah asam jawa.

Sampai kini, buah berupa panjang serta mempunyai cita rasa asam ini digunakan sebagai bahan pelengkap masakan bercita rasa asam, seperti ikan kakap asam pedas. Tetapi tahukah anda kalau tanaman dengan nama latin Tamarindus Indica L ini dapat dapat digunakan sebagai penghilang penyakit?

Tersebut disini beragam jenis penyakit itu yang kami lansir dari Liputan6. com :

1. Demam

Penyakit pertama yang bisa dibasmi dengan asam jawa yaitu demam. Langkahnya, cukup hanya merebus daun asam jawa serta adas sejumlah satu genggam. Lalu saring rebusan lantas minum sejumlah 2 x, pagi serta sore hingga pulih.

2. Asma

Siapa menganggap bila penyakit ini dapat sembuh dengan asam jawa. Ya, anda tidak butuh membawa ke tempat tinggal sakit, anda cuma cukup meminum air rebusan alami dari asam jawa ini. Langkah bikin air rebusannya yakni dengan dua potong kulit batang asam jawa serta adas. Rebus dengan dua gelar air hingga mendidih. Saring airnya lalu diminum 2 x satu hari.

3. Batuk Kering

Sediakan tiga buah polong asam jawa serta 1/2 genggam daun saga. Rebus keduanya dengan empat gelas air sampai tinggal setengahnya. Saring, lantas minum sejumlah 2 x satu hari.

4. Sakit Perut

Bila satu diantara anggota keluarga anda alami sakit perut, janganlah tergesa-gesa untuk memberinya obat kimia, coba langkah tersebut yakni dengan ramuan dari tiga polong buah asam jawa yang telah dimasak yang digabung dengan kapur sirih serta minyak kayu putih.

Dengan memoleskannya pada perut, ditanggung rasa sakit bakal selekasnya hilang. Bila menginginkan selekasnya pulih lagi coba meminum ramuan alami dari tiga buah polong buah asam jawa dengan satu potong gula aren.

5. Melancarkan buang air besar (BAB)

Ambil buah asam jawa yang telah masak seperlunya. Bersihkan serta seduh memakai air masak, berikan gula merah jika memang perlu. Minum dengan teratur hingga betul-betul pulih.

6. Bisul

Rendamlah daging buah asam yang telah masak didalam satu gelas air hingga mengembang. Lalu irislah temulawak serta gula aren sebagai pemanis. Campur semuanya bahan lantas di rebus sampai airnya tinggal 1/2. Saring, minumlah satu hari sekali hingga pulih.

Sedang obat yang untuk ditempel. Sediakan asam jawa sebesar telur burung puyuh, sedikit garam serta minyak digabung serta dilumatkan. Tempelkan kombinasi itu hingga pulih.

7. Menghilangkan rasa gatal pada bekas luka yang sudah kering

Luka yang sudang jadi kering memanglah kerap menyebabkan rasa gatal. Nah, untuk mengatasinya anda dapat mengosokkan ramuan dari asam jawa pada luka itu. Langkah membuatnya begitu gampang, yakni menyeduh asam jawa dengan air masak. Lalu asam jawa tadi digosokan ke sisa luka.

Adapula langkah alternatif yang lain, langkahnya melembutkan satu sendok makan penuh daun asam jawa serta sepotong empu kunyit. Kemudian tempelkan kombinasi pada sisa luka yang gatal.