4 Penyebab Asma dan Cara Penyembuhannya

Apa itu Asma? Asma adalah suatu tanda atau gejala dari penyakit pernapasan yang cukup kronis dimana terjadi karena saluran pernapasan menuju paru-paru terlalu sensitif. Sensitif yang dimaksud dalam hal ini bisa berlendir, bengkak, dan meradang jika ada faktor pemicunya.



4 penyebab asma itu apa aja sih?
Terus bagaimana cara penyembuhannya?

Yuk simak ☺

Terdapat 4 penyebab asma, diantaranya:

1. Faktor keturunan
Yaitu adanya riwayat keluarga dengan kondisi asma atau adanya alergi yang terkait seperti alergi makanan. Penyebab asma yang ini bisa dikatakan yang paling mendominasi pemicu asma.

2. Aktivitas fisik
Asma juga bisa disebabkan karena aktivitas fisik yang terlalu lelah yang menimbulkan gerakan pada tubuh dengan berlebihan yang akan membuat serangan gejala asma kambuh.

3. Debu
Nah penyebab asma yang ini sering menjadi momok nih. Jangan khawatir, anda bisa mengatasinya dengan membersihkan debu di rumah. Harus rajin-rajin nih membersihkan rumah dari debu-debu yang bisa mengganggu kesehatan terutama untuk penderita asma.

4. Perubahan cuaca
Ternyata asma juga bisa dipicu oleh faktor alam, yap akibat perubahan cuaca yang berlawanan seperti udara yang dingin serta kadar kelembapan yang tinggi. Gimana cara atasi ? yah anda bisa menghangatkan tubuh anda dan tidak keluar rumah dengan pakaian tipis.

Terus bagaimana cara menyembuhkan asma? Nah ini terdapat berbagai  cara diantaranya:

1. Memberikan informasi mengenai pembatasan dari aktivitas fisik
2. Mendiskusikan tentang pengetahuan fakta
3. Menganjurkan kepada penderita asma untuk mendapatkan waktu istirahat yang cukup dan waktu tidur yang cukup.
4. Memberikan penjelasan mengenai kesehatan ke dalam semua keluarga
5. Memberitahukan tentang efek berbahaya dari merokok serta memberi nasihan untuk berhenti merokok khususnya bagi penderita dan orang di sekitarnya.
6. Memberikan penyuluhan mengenai kesehatan seperti pengertian, apa penyebab serta cara perawatannya.

Ada istilah pengobatan asma. Cara mengobati asma? Nah untuk pengobatan asma ini harus baik dan benar.

Pengobatan apa itu?
Yap, pemberian obat anti inflamasi.

Apa itu?
Pengobatan itu termasuk jalan keluar yang terbaik karena nantinya akan diikuti dengan pemberian pemahaman kepada penderita asma  mengenai perihal faktor-faktor yang menyebabkan serangan asma muncul.

Biasanya nih terdapat 2 obat yang digunakan untuk penderita asma:

1. Obat penyelamat (Resue medications)
Obat ini digunakan untuk pengendalian dalam jangka waktu pendek. Obat ini dimakan apabila serangan asma kambuh.

2. Obat Pengedali (Controller medications)
Nah kalau obat pengedali ini digunakan untuk pengendalian dalam jangwa waktu panjang secara terus-menerus. Tidak hanya itu, obat ini juga mengurangi pembengkakan yang ada di paru-paru. Obat ini dimakan secara rutin tiap hari meskipun tidak lagi kambuh.

Ada sebuah pepatah lebih baik mencegah daripada mengobati. Alangkah baiknya kita sebagai manusia mencegah sesuatu yang mengganggu kesehatan kita. Tentunya dengan menjaga menyayangi tubuh kita. Semoga Bermanfaat ☺
4 Penyebab Asma dan Cara Penyembuhannya | ooagus ajaib | 5